Kesehatan

Wah, Penyakit Menjijikkan Ini Ternyata Bisa Diobati dengan Pasta Gigi

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi kutu air di kaki

TRIBUNKALTIM.CO - Pernahkah Anda mengalami kutu air? Penyakit kutu air atau biasa disebut dengan tinea pedis adalah sebuah infeksi jamur pada kulit, biasanya muncul di antara jari kaki yang disebabkan oleh jamur parasit.

Kutu air sering menyerang kita di bagian-bagian tertentu. Rasa gatal yang ditimbulkan membuat kita merasa tidak nyaman dan serasa ingin terus menggaruk.

Dilansir dari Doktersehat.com, kutu air akan timbul diakibatkan oleh jamur trichophyton rubum. Jamur ini sering menyerang di sela-sela kaki, tangan, kuku tangan maupun kuku jari, dan kadang juga menyerang pada wajah maupun kulit kepala.

Jamur trichophyton akan semakin tersebar apabila rasa gatal terus di garuk. Karena jamurnya akan menempel pada kuku Anda, jika Anda menggaruk pada tempat tertentu maka jamur tersebut juga akan menempel pada kulit dan kutu air akan semakin parah.

Berikut pengobatan alternatif kutu air yang ampuh untuk Anda coba:

Perban

Di saat kutu air yang Anda alami tengah menunjukkan adanya lepuhan atau lecet, Anda disarankan untuk menutupinya dengan menggunakan perban.

Fungsi perban sebagai penutup luka adalah untuk mengurangi risiko masuknya bakteri jahat pada kulit yang terluka yang mana dapat mengakibatkan luka lecet pada daerah kulit menjadi semakin parah.

Untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, siapkan selaku perban dan obat antiseptik sebagai pertolongan pertama.

Krim antiseptic

Cairan yang ada di dalam kutu air adalah daerah kulit yang paling digemari oleh bakteri atau virus untuk tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Maka dari itu, untuk mencegah kemungkinan buruk terjadi infeksi, Anda membutuhkan krim antiseptik yang ampuh.

Akan tetapi, sebelum memakai krim antiseptik disarankan untuk terlebih dahulu membersihkan daerah kulit tersebut dengan memakai cairan antiseptik.

Pop up

Obat tradisional kutu air dimulai dari menyiapkan perban dan krim antiseptik tentu akan mengurangi risiko terjadinya kulit melepuh dan terluka parah.

Halaman
12

Berita Terkini