LOG (juga dikenal sebagai “operator pemampat”) adalah media matematika yang memampatkan angka. Logaritma biasanya digunakan saat angka-angka terlalu besar atau terlalu kecil untuk digunakan dengan mudah, seperti yang seringkali terjadi dalam astronomi atau sirkuit terpadu (IC). Setelah dimampatkan, angka dapat diubah kembali menjadi bentuk awalnya menggunakan operator invers yang disebut anti logaritma.

Metode 1
Metode 1 dari 2:

Menggunakan Tabel Anti Logaritma

  1. 1
    Pisahkan karakteristik dan mantissanya. Perhatikan angka yang diamati. Karakteristik adalah bagian yang terletak sebelum titik desimal; mantissa adalah bagian yang terletak setelah titik desimal. Tabel anti logaritma disusun sesuai dengan parameter ini, sehingga Anda perlu memisahkannya.
    • Sebagai contoh, misalkan Anda harus mencari anti logaritma untuk 2,6542. Karakteristiknya adalah 2, dan mantissanya adalah 6542.
  2. 2
    Gunakan tabel anti logaritma untuk mencari nilai yang sesuai untuk mantissa Anda. Tabel anti logaritma dapat dicari dengan mudah; Anda mungkin memiliki tabel anti logaritma di belakang buku paket matematika Anda. Bukalah tabelnya dan carilah baris angka yang terdiri dari dua digit pertama dari mantissa. Kemudian, carilah kolom angka yang sama dengan digit ketiga dari mantissa.
    • Dalam contoh di atas, Anda akan membuka tabel anti logaritma dan mencari baris angka yang dimulai dengan 0,64, kemudian kolom 5. Dalam soal ini, Anda akan menemukan nilainya adalah 4416.
  3. 3
    Carilah nilainya dari kolom selisih rata-rata. Tabel anti logaritma juga meliputi sekumpulan kolom yang dikenal sebagai “kolom selisih rata-rata”. Lihatlah pada baris yang sama seperti sebelumnya (baris yang berkaitan dengan dua digit awal mantissa Anda), tetapi kali ini, carilah angka kolom yang sama dengan digit keempat dari mantissa.
    • Dalam contoh di atas, Anda akan kembali menggunakan baris angka yang dimulai dengan 0,64, tetapi mencari kolom untuk 2. Dalam soal ini, nilai Anda adalah 2.
  4. 4
    Jumlahkan nilai yang didapatkan dari langkah sebelumnya. Setelah Anda mendapatkan nilai ini, langkah selanjutnya adalah menjumlahkannya.
    • Dalam contoh di atas, Anda akan menjumlahkan 4416 dan 2 sehingga mendapatkan 4418.
  5. 5
    Masukkan titik desimalnya. Titik desimal selalu terletak pada tempat tertentu yang ditentukan: setelah jumlah digit yang berkaitan dengan karakteristik yang didapatkan ditambah 1.
    • Dalam contoh di atas, karakteristiknya adalah 2. Dengan demikian, Anda akan menjumlahkan 2 dan 1 untuk mendapatkan 3, kemudian memasukkan titik desimalnya setelah 3 digit. Dengan demikian, anti logaritma dari 2,6452 adalah 441,8.
Metode 2
Metode 2 dari 2:

Menghtiung Anti Logaritma

  1. 1
    Perhatikan angka Anda dan bagian-bagiannya. Untuk angka berapa pun yang Anda amati, karakteristik adalah bagian yang terletak sebelum titik desimal; mantissa adalah bagian yang terletak setelah titik desimal.
    • Sebagai contoh, misalkan Anda harus mencari anti logaritma dari 2,6452. Karakteristiknya adalah 2 dan matissanya adalah 6452.
  2. 2
    Ketahui basisnya. Operator logaritma matematika memiliki parameter yang disebut basis. Untuk perhitungan numerik, basisnya selalu 10. Akan tetapi, ketahui bahwa saat Anda menggunakan cara ini untuk menghitung anti logaritma, Anda akan selalu menggunakan basis 10.
  3. 3
    Hitunglah 10^x. Secara definisi, anti logaritma dari angka x berapa pun adalah basis^x. Ingatlah bahwa basis untuk anti logaritma Anda selalu 10; x adalah angka yang Anda kerjakan. Jika mantissa angka tersebut adalah 0 (dengan kata lain, jika angka yang diamati adalah angka bulat, tanpa titik desimal), perhitungannya mudah: kalikan saja 10 dengan 10 beberapa kali. Jika angkanya tidak bulat, gunakan komputer atau kalkulator untuk menghitung 10^x.
    • Dalam contoh di atas, kita tidak memiliki angka bulat. Anti logaritmanya adalah 10^2,6452, yang, jika menggunakan kalkulator, akan menghasilkan 441,7.


Tips

  • Log dan anti logaritma sangat sering digunakan dalam perhitungan ilmiah dan numerik..
  • Operasi matematika seperti perkalian dan pembagian, mudah dihitung dalam log. Hal ini disebabkan karena dalam logaritma, perkalian diubah menjadi penjumlahan, dan pembagian diubah menjadi pengurangan.
  • Karakteristik dan mantissa hanyalah nama-nama bagian angka yang terletak sebelum dan sesudah titik desimal. Keduanya tidak memiliki makna khusus.

Tentang wikiHow ini

wikiHow adalah suatu "wiki", yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang. Untuk membuat artikel ini, penyusun sukarela menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu. Artikel ini telah dilihat 64.177 kali.
Daftar kategori: Matematika
Halaman ini telah diakses sebanyak 64.177 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Terima kasih atas saran Anda! Bacalah artikel lain serupa.
Terima kasih atas saran Anda! Bacalah artikel lain serupa.
Maaf apabila artikel ini tidak membantu. Berikut ini beberapa artikel serupa yang mungkin bisa lebih membantu Anda.
Maaf apabila artikel ini tidak membantu. Berikut ini beberapa artikel serupa yang mungkin bisa lebih membantu Anda.