1. Buka konten
  2. Buka menu utama
  3. Buka situs DW lainnya

Gerilyawan Kurdi Berliansi Dengan Pasukan Suriah

19 Februari 2018

Pemerintah Damaskus dan pasukan gerilyawan Kurdi YPG setuju membentuk Aliansi di Afrin untuk melawan serangan Turki. Situasi konflik di Suriah utara makin rumit.

Türkei Grneze Syrien Afrin Angriff
Foto: Getty Images/AFP/O. Kose

Tentara pemerintah Suriah akan memasuki daerah kantong Kurdi di Afrin dalam dua hari mendatang, setelah pihak Kurdi setuju menerima bantuan militer Suriah untuk menghadapi serangan Turki, demikian laporan kantor berita Reuters, mengutip seorang pejabat senior Kurdi.

Kesepakatan tersebut, yang diduga diprakarsai oleh Rusia, semakin memperumit konflik di Suriah utara karena melibatkan persaingan antara pasukan Kurdi, pemerintah Suriah, faksi pemberontak, militer Turki, Amerika Serikat, Rusia dan Iran.

Kantor berita Jerman DPA mengutip sebuah sumber anonim dan melaporkan, bahwa pasukan pemerintah Suriah akan masuk ke Afrin untuk mendukung Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) menahan serangan Turki,

Pasukan Turki menyerang kota Afrin yang dikuasai gerilyawan Kurdi YPG, 31 Januari 2018Foto: Getty Images/AFP/A. Shafie Bilal

Bergabung dengan pasukan pemerintah

Badran Jia Kurd, penasihat administrasi pimpinan Kurdi di Suriah utara, mengatakan kepada Reuters bahwa tentara Suriah akan ditempatkan di beberapa posisi perbatasan di wilayah Afrin.

Jia Kurd selanjutnya menerangkan, kesepakatan dengan Damaskus di Afrin merupakan aliansi militer tanpa kesepakatan politik yang lebih. "Kami dapat bekerja sama dengan pihak manapun yang memberi bantuan kepada kami sehubungan dengan kejahatan barbar dan diamnya dunia internasional," katanya.

Pemerintah Damaskus dan pasukan Kurdi masing-masing menguasai banyak wilayah dalam perang saudara Suriah. Kerja sama mereka merupakan perkembangan baru dalam konflik yang sudah berlangsung bertahun-tahun ini.

Turki meluncurkan serangan udara dan darat di wilayah Afrin sejak bulan Januari melawan milisi YPG. Ankara memandang YPG sebagai organisasi teroris yang memiliki hubungan dengan pemberontakan bersenjata di Turki.

Aliansi Suriah-Kurdi sampai kapan?

Pemerintahan Presiden Bashar al-Assad dan YPG selama ini memang menghindari pertempuran langsung. Namun, pasukan mereka kadang-kadang bentrok dan kedua pihak memiliki visi yang sangat berbeda bagi masa depan Suriah. Kurdi ingin mencapai kesepakatan jangka panjang, namun Assad mengatakan dia ingin merebut kembali seluruh negeri.

Sejak awal konflik Suriah pada tahun 2011, YPG dan sekutu-sekutunya telah mendirikan tiga kantong otonom di Suriah utara, termasuk Afrin dekat perbatasan Turki. Wilayah pengaruh mereka meluas ketika berhasil merebut wilayah yan dikuasai ISIS dengan bantuan AS. Namun, Washington menentang ambisi politik wara Kurdi untuk mendirikan negara sendiri.

Jia Kurd mengatakan, pasukan pemerintah akan tiba dalam dua hari mendatang. Namun sejauh ini, tidak ada konfirmasi dari pemerintah Suriah tentang kesepakatan tersebut.

 

hp/vlz (rtr, dpa)