Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
Bos ada yang tahu gak,rincian biaya pembuatan sertifikat tanah dan IMB..?
Internet 30/06/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Jawaban
1 dari 2
Untuk membuat IMB (Izin Mendirikan Bangunan) biasanya hanya memakan biaya tak lebih dari Rp. 1 Juta bila kita urus sendiri sesuai jalurnya dan bersedia menunggu sesuai waktu yang ditentukan ( biasanya 2-3 minggu). Namun apabila kita menginginkan proses yang lebih cepat biasanya kita akan mendapatkan biaya tambahan (kurang dari 2 minggu, tergantung biaya).
Apabila biaya notaris yang akan ditunjuk bersama di tanggung oleh pembeli maka bersiap-siap aja untuk mengeluarkan waktu dan tenaga yang lebih, karena selain kita harus mencari-cari notaris PPAT yang murah dan benar (bila tidak melalui KPR Bank) kita juga harus ngotot-ngototan menawar harga ke notarisnya. Tapi bila kita melalui KPR bank, kita akan mendapat notaris yang sudah memiliki standar biaya dari BANK tsb. Untuk mendapatkan harga yang spesial dari notaris BANK kita harus pandai-pandai meloby manager cabang bagian perkreditan tempat kita mengajukan tsb. Akan lebih baik bila kita bisa meloby ke yang lebih berwenang diatas manager tsb, sehingga kita akan mendapatkan potongan harga khusus untuk notaris tsb.
Biaya-biaya yang akan kita keluarkan untuk notaris sbb:
• Biaya cek sertifikat : Rp. 100.000,-
• Biaya SK 59 : Rp. 100.000,-
• Biaya validasi pajak : Rp. 200.000,-
• Biaya Akte Jual Beli (AJB) : Rp. 2.400.000,-
• Biaya Balik Nama (BBN) : Rp. 750.000,-
• SKHMT : Rp. 250.000,-
• APHT : Rp. 1.200.000,-
• Total : Rp.5.000.000,-
Cek sertifikat diperlukan untuk memastikan apakah sertifikat tersebut asli atau palsu, Validasi pajak juga perlu untuk memastikan apakah pajak sudah dibayar/belum atau bukti pembayaran ternyata palsu, biaya akte jual beli merupakan biaya perngurusan segala berkas-berkas sampai selesai dan kita hanya menandatangani bersama si penjual semua berkas-berkas dan pernjanjian jual beli, biaya balik nama adalah biaya pengurusan balik nama semua sertifikat dari penjual ke pembeli
30/06/11 Diposkan oleh Keizha_Artic_11
2 dari 2
Kalau tanah ukuran 25m X 86m kira-kira berapa biaya standard pengurusan sertifikasi dan IMB nya Pak? dan syaratnya apa saja untuk pengajuan ke BPN? mohon di inbox jawabannya. Thanks a alot.
11/11/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Mungkin juga Anda tertarik kepada
Gimana cara pemecahan surat tanah dan kemana ngurusnya ?
Rincian biaya sertifikat
untung mana inves tanah/nabung di bank?
cara petani garam di madura memperoleh garamnya
Erosi percikan itu apa
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan