Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
apa yang dimaksud mitosis?
Sains & Matematika 27/02/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Jawaban
1 dari 1
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belum Diperiksa


Mainkan Mitosis - Shockwave Flash


Mitosis in real time


Mitosis in Action!


Cell Division explained in "Thread of Life"
Mitosis adalah proses pembagian genom yang telah digandakan oleh sel ke dua sel identik yang dihasilkan oleh pembelahan sel . Mitosis umumnya diikuti sitokinesis yang membagi sitoplasma dan membran sel . Proses ini menghasilkan dua sel anak yang identik, yang memiliki distribusi organel dan komponen sel yang nyaris sama. Mitosis dan sitokenesis merupakan fase mitosis ( fase M ) pada siklus sel , di mana sel awal terbagi menjadi dua sel anakan yang memiliki genetik yang sama dengan sel awal.
Mitosis terjadi hanya pada sel eukariot . Pada organisme multisel, sel somatik mengalami mitosis, sedangkan sel kelamin (yang akan menjadi sperma pada jantan atau sel telur pada betina) membelah diri melalui proses yang berbeda yang disebut meiosis . Sel prokariot yang tidak memiliki nukleus menjalani pembelahan yang disebut pembelahan biner .
Karena sitokinesis umumnya terjadi setelah mitosis, istilah "mitosis" sering digunakan untuk menyatakan "fase mitosis". Perlu diketahui bahwa banyak sel yang melakukan mitosis dan sitokinesis secara terpisah, membentuk sel tunggal dengan beberapa inti. Hal ini dilakukan misalnya oleh fungi dan slime Moulds . Pada hewan, sitokinesis dan mitosis juga dapat terjadi terpisah, misalnya pada tahap tertentu pada perkembangan embrio lalat buah.
[ sunting ] Garis besar

Hasil utama dari mitosis adalah pembagian genom sel awal kepada dua sel anakan. Genom terdiri dari sejumlah kromosom, yaitu kompleks DNA yang berpilin rapat yang mengandung informasi genetik vital untuk menjalankan fungsi sel secara benar. Karena tiap sel anakan harus identik secara genetik dengan sel awal, sel awal harus menggandakan tiap kromosom sebelum melakukan mitosis. Proses penggandaan DNA terjadi pada pertengahan interfase , yaitu fase sebelum fase mitosis pada siklus sel.
Setelah penggandaan, tiap kromosom memiliki kopi identik yang disebut sister kromatid , yang berlekatan pada daerah kromosom yang disebut sentromer . Sister kromatid itu sendiri tidak dianggap sebagai kromosom.
27/02/12 Diposkan oleh Eriztha Bella
Mungkin juga Anda tertarik kepada
apa yang dimaksud dengan selat
apa yg dimaksud kapilaritas ?
Apa yang anda lakukan kalo ga ada wc dan kmr mandi sama skali dan anda kebelet bab?
apa yang menyebabkan bahasa di masing -masing negara berbeda ?
Apa bedanya Tsanawiah dengan Aliyah.
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan