Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
arti harga berlaku dan arti harga konstan
Sains & Matematika | Akuntansi | Saham 01/02/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Jawaban
1 dari 2
PDRB didefinisikan sebagai jumlah nilai tambah bruto yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam wilayah tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilakan oleh seluruh unit ekonomi. PDRB atas dasar harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung dengan menggunakan harga pada setiap tahun, sedangkan PDRB atas dasar harga konstan menunjukan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga pada satu tahun tertentu sebagai dasar, dimana dalam perhitungan ini digunakan tahun 2000. PDRB atas dasar harga berlaku dapat digunakan untuk melihat pergeseran struktur ekonomi, sedangkan harga konstan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun. Dengan demikian, PDRB merupakan indikator untuk mengatur sampai sejauh mana keberhasilan pemerintah dalam memanfaatkan sumber daya yang ada dan dapat digunakan sebagai perencanaan dan pengambilan keputusan. Selain itu ada beberapa konsep definisi untuk dapat mempermudah pengguna yang perlu diketahui :

  1. Produk Domestic Regional Bruto atas Dasar Harga Pasar
   PDRB atas dasar harga pasar merupakan penjumlahan nilai tambah bruto dari seluruh sektor perekonomian didalam suatu wilayah dalam periode tertentu, biasanya satu tahun, yang dimaksud dengan nilai tambah adalah selisih nilai produksi dengan biaya antara.

  1. Produk Domestic Regional Neto atas Dasar harga Pasar
   PDRN atas dasar harga pasar merupakan PDRB yang dikurangi dengan penyusutan. Penyusutan dikeluarkan dari PDRB oleh karena susutnya barang modal selama berproduksi.

  1. Produk Domestic Regional Neto atas Dasar Biaya Faktor
   PDRN atas dasar biaya faktor adalah PDRN atas dasar harga pasar dikurangi pajak tak langsung ditambah dengan subsidi dari pemerintah.

  1. Pendapatan Regional
   PDRN atas dasar biaya faktor merupakan jumlah balas jasa faktor-faktor produksi dalam proses produksi, tidak seluruhnya menjadi milik suatu daerah/wilayah karena termasuk pendapatan penduduk wilayah lain. Sebaliknya PDRN tersebut harus pula ditambah dengan pendapatan yang diproleh daerah lain. Bila pmedapatan penduduk yang masuk dan keluar dapat dicatat dengan pendapatan neto antar wilayah/daerah didapatkan pendapatan regional (Produk Regional Bruto). Karena sulitnya memproleh data pendapatan masuk dan keluar suatu wilayah maka PDRN atas dasar biaya faktor diasumsikan sama dengan pendapatan regional atau pendapatn neto(Pend.Masuk ? Pend. Keluar = 0).

  1. Pendapatan Regional Perkapita
   Pendapatan perkapita merupakan pendapatan yang diterima oleh masing-masing penduduk. Pendapatan perkapita tersebut diproleh dengan membagi pendapatan regional/produk regional neto dengan jumlah penduduk pertengahan tahun.

  1. Produk Domestic dan Produk Regional
   Didalam literatur ekonomi terdapat perbedaan pengertian produk domestic dengan produk regional. Kenyataan menunjukan bahwa sebagian kegiatan produksi yang dilakukan disuatu daerah, beberapa faktor produksinya berasal dari wilayah/ daerah lain seperti tenaga kerja, mesin dan modal. Dengan demikian nilai produksi di wilayah atau domestic tidak sama dengan pendapatan yang diterima oleh penduduk tersebut. Akhirnya timbullah perbedaan antara produk domestik dan produk regional.

   Produk regional merupakan produk domestic ditambah pendapatan yang mengalir kedalam wilayah tersebut, kemudian dikurangi pendapatan yang mengalir keluar wilayah. Sehingga dapat dikatakan produk regional merupakan produk yang betul-betul dihasilkan oleh faktor-faktor produksi yang dimiliki penduduk dalam wilayah yang bersangkutan.

  1. Pendapatan Regional Atas Dasar Harga Barlaku dan Harga Konstan
   Pendapatan regional atas dasar harga berlaku yang telah dikurangi dengan perkembangan inflansi dikenal dengan pendapatan regional atas dasar harga konstan.

sumber : http://banyuasinkab.go.id/beranda/Halaman/Definisi_PDRB
02/02/11 Diposkan oleh panjul
2 dari 2
Harga berlaku adalah harga yang disepakati  dan berlaku atas suatu transaksi sedangkan harga konstan adalah harga tetap yang tidak akan berubah meskipun asumsi asumsi yang lain berubah
17/06/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Mungkin juga Anda tertarik kepada
Arti 'HOOLIGAN' ?
Apa arti tertatih?
apa arti kata sawa???dan darimana asal kata sawa
apa arti sakinah mawadah warohmah dalam pernikahan?
apakah arti sebenarnya dari kata REVOLUSI ?
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan