Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
apakah yang dimaksud dengan sosiologi pendidikan?
Ilmu Kemasyarakatan 14/04/12 Diposkan oleh ardana
Jawaban
1 dari 6
Sosiologi pendidikan adalah studi mengenai bagaimana institusi publik dan pengalaman individu memengaruhi pendidikan dan hasilnya. Studi ini lebih mempelajari sistem sekolah umum di masyarakat industri modern, termasuk perluasan pendidikan tinggi, lanjut, dewasa, dan berkelanjutan.
14/04/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
2 dari 6
Beberapa defenisi sosiologi pendidikan menurut beberapa
ahli:
1. Menurut F.G. Robbins, sosiologi pendidikan adalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan. Struktur mengandung pengertian teori dan filsafat pendidikan,sistem kebudayaan, struktur kepribadian dan hubungan kesemuanya dengantata sosial masyarakat.
Sedangkan dinamika yakni proses sosial dan kultural,proses perkembangan kepribadian,dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan.
2. Menurut H.P. Fairchild dalam bukunya ” Dictionary of Sociology” dikatakan bahwa sosiologi pendidikan adalah sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental. Jadi ia tergolong applied sociology.
3. Menurut Prof. DR S. Nasution,M.A ., Sosiologi pendidikan adalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-cara mengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agar lebih baik.
4. Menurut F.G Robbins dan Brown , Sosiologi Pendidikan ialah ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungan sosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta mengorganisasi pengalaman. Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial serta prinsip-prinsip
untuk mengontrolnya.
5. Menurut E.G Payne, Sosiologi Pendidikan ialah studi yang komprehensif tentang segala aspek pendidikan dari segi ilmu sosiologi yang diterapkan.
6. Menurut Drs. Ary H. Gunawan , Sosiologi Pendidikan
ialah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan
masalah-masalah pendidikan dengan analisis atau
pendekatan sosiologis.
Dari beberapa defenisi di atas, dapat disimpulkan bahwa
sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari seluruh
aspek pendidikan, baik itu struktur, dinamika, masalah-
masalah pendidikan, ataupun aspek-aspek lainnya secara
mendalam melalui analisis atau pendekatan sosiologis.
14/04/12 Diposkan oleh Ntang
3 dari 6
interaksi antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok dalam lingkungan pendidikan.
14/04/12 Diposkan oleh SiapaAjaBolehhhh
4 dari 6
sosiologi pendidikan adalah penyatuan antara ilmu sosial dan pendidikan yang diaplikasikan dalam sebuah institusi atau lembaga pendidikan, dengan objek penelitiannya ialah pola tigkah laku masyarakat, yang memandang masyarakat secara individu, sosial dan ilimiah, dalam lingkungan pendidikan.
20/08/12 Diposkan oleh greg neymar
5 dari 6
sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia satu dengan lainya dalam kontek yang menyangkut masalah pendidikan.
14/11/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
6 dari 6
sosologi pendidikan adalah suatu bentuk/pola pembelajaran yang berkiblat pada sistem sosial (proses, interaksi,dinamika dan struktur sosial) sebagai hubungan piramida sosial dalam penerjemahan masalah pendidikan
16/11/12 Diposkan oleh DARA COMTE
Mungkin juga Anda tertarik kepada
bagaimana dengan cv
Apakah yang dimaksud dengan kondisi goegrafi ?
Apa yang dimaksud dengan Kjokkenmoddinger?
Pendidikan alat Kontrasepsi bagai pisau?
Presiden SBY kritik belum optimalnya kinerja guru meski sudah mendapatkan peningkatan kesejahteraan
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan