Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
Apa bedanya hati, kalbu, nurani, sanubari, jiwa, dan jantung?
Kehidupan 01/07/11 Diposkan oleh zeta
Jawaban
1 dari 5
Hati:
1. organ badan yg berwarna kemerah-merahan di bagian kanan atas rongga perut, gunanya untuk mengambil sari-sari makanan di dl darah dan menghasilkan empedu;
2 daging dr hati sbg bahan makanan (terutama hati dr binatang sembelihan)
3 sesuatu yg ada di dl tubuh manusia yg dianggap sbg tempat segala perasaan batin dan tempat menyimpan pengertian (perasaan dsb)
4 apa yg terasa dalam batin
5 sifat (tabiat) batin manusia

Kalbu: pangkal perasaan batin; hati yg suci (murni);

Nurani:
1. berkenaan dng atau sifat cahaya (sinar dsb)
2. lubuk hati yg paling dalam

Sanubari:
1. jantung hati;
2. hati (dl arti batin), hati nurani; perasaan batin

Jiwa:
1. roh manusia (yg ada di dl tubuh dan menyebabkan seseorang hidup); nyawa;
2 seluruh kehidupan batin manusia (yg terjadi dr perasaan, pikiran, angan-angan, dsb)
3 sesuatu atau orang yg utama dan menjadi sumber tenaga dan semangat
4 isi (maksud) yg sebenarnya; arti (maksud) yg tersirat (dl perkataan, perjanjian, dsb)
5 buah hati; kekasih;
6 orang (dl perhitungan penduduk)
7 daya hidup orang atau makhluk hidup lainnya;

Jantung:
1. bagian tubuh yg menjadi pusat peredaran darah (letaknya di dl rongga dada sebelah atas)
2. sesuatu yg bentuk, atau fungsinya spt jantung.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di kamus besar bahasa Indonesia.
01/07/11 Diposkan oleh chodirin
2 dari 5
masih ada lgi tuh ZET,,,,,,,,,,benak , sukma , batin , dst
02/07/11 Diposkan oleh LORD
3 dari 5
Sama saja, hanya beda istilah yang masih kabur.
16/07/11 Diposkan oleh Hamada
4 dari 5
ta' jawab semampuku ya.. hati dalam bahasa Arab disebut qolbun atau kalbu. hati dibagi menjadi dua macam yaitu sanubari dan nurani. sanubari adalah markasnya akhlakul madzmumah yang termasuk di dalamnya adalah iri, dengki, srei, tamak, riya,suudzon,takabur, sok, dan semua sifat buruk lainnya. ia merupakan tempat nafsu manusia yang selalu ingin enak di dunia tanpa kangelan. sedangkan nurani adalah tempat fitrah manusia. tempat untuk mengenali Tuhan-Nya. sesungguhnya Tuhan itu wajib dikenali keberadaan-Nya untuk selalu diingat dalam segala aktifitas kita. kita wajib mengingat-Nya seiring keluar masuknya nafas kita. nurani adalah alat kontrol segala tindakan manusia, agar manusia dapat berbudi pekerti luhur. kalau jantung arti secara biologis saja yang ada bilik kiri dan kanan.
29/03/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
5 dari 5
HATI SAMA JANTUNG ITU JELAS BERBEDA.

Banyak Orang mengangap Bahwa Jantung Hanya Oragan yang Berfungsi sebagai Pemompa dara dan tidak  Lebih.
Padahal Jantung Sangat Memiliki Peranan penting Terhadap RASA.

Para ahli fisiologis menyebutkan bahwa jantung memiliki system komunikasi yang lebih luas dengan otak dari pada organ tubuh kita yang lain.
DR J. Andrew Armour memastikan adanya sebuah Otak yang sangat rumit di dalam Jantung. Di dalam Jantung kita terdapat lebih dari 40.000 neuron yang bekerja dengan presisi yang sangat tinggi untuk mengendalikan detak Jantung, produksi hormon dan penyimpanan informasi. Selanjutnya informasi ini dikirim ke Otak. Informasi ini memegang peranan vital dalam kesadaran dan pemahaman.

Coba Cermati Lagi Penelitian yang dilakukan Para Ahli berikut ini:
Setelah melakukan banyak penelitian, DR. Paul Pearsall berkata: “Jantung dapat merasa dan mengingat dan ia mengirimkan getaran untuk berko-munikasi dengan Jantung-jantung lain. Ia juga membantu pengaturan immunitas tubuh. Ia juga mengirimkan informasi pada setiap detakan ke seluruh tubuh“ Beberapa peneliti bertanya: “Mungkinkah ingatan tetap di lubuk Jantung terdalam?” Di dalam Bukunya, Dr Paul menulis: “Saat tiba-tiba Anda merasa gembira atau sedih, Anda menempelkan tangan di dada tanpa Anda sadari”
Para peneliti memastikan Jantung dengan pengaturan harmonisnya mengendalikan seluruh tubuh. Hal yang dianggap sebagai metode menghubungkan semua sel saat darah mengalir ke setiap sel kemudian memberi makan tidak saja dengan oxygen tapi juga informasi.

Di HeartMath Institut, mereka menemukan Jantung memiliki medan listrik yang kuat yang mempengaruhi lingkungan sekelilingnya. Karenanya manusia dapat berkomunikasi dengan yang lain dengan Jantungnya tanpa berbicara. Mereka juga menemukan relasi antara pulsa Jantung dan gelom-bang yang dipancarkan dari Otak (gelombang Alfa). Semakin banyak Jantung berdetak semakin banyak gelombang ditransmit dari Otak. Heart Math Institut telah melakukan banyak percobaan untuk membuktikan Jantung memancar getaran electromagnetik yang mempengaruhi Otak. Maka, Jantung boleh jadi mempe- ngaruhi kesadaran dan pemahaman manusia. Mereka juga telah menemukan bahwa Jantung memancarkan medan listrik yang kuat yang mengendalikan seluruh tubuh manusia.

Dr. Armour berkata bahwa Jantung memiliki sebuah sistem spesial dalam pengolahan informasi yang datang dari seluruh tubuh. Dan keberhasilan setiap pencangkokan jantung bergantung dari sistem syaraf dari jantung donor dan kemampuannya beradaptasi dengan pasien.
Pasien-pasien yang jantung aslinya diganti dengan jantung buatan akan mengalami perubahan psikologis, hal ini di buktikan oleh penelitian Prof. Gary Schwartz;
Prof. Gary Schwartz specialis Kejiwaan di Universitas Arizona dan Prof. Linda Russek yakin kalau jantung memiliki kekuatan khusus yang membuatnya dapat menyimpan dan mengolah informasi. Karenanya memori itu tidak saja ada di Otak tapi juga di Jantung. Prof Gary melakukan penelitian yang melibatkan lebih dari 300 pasien yang melakukan operasi pencangkokan Jantung. Dia menemukan kalau semua pasien itu mengalami berbagai perubahan psikologis setelah operasi.

Temuan menarik  lainnya pada semua orang yang mengganti Jantungnya dengan jantung buatan, mereka telah kehilangan perasaan dan kemampuan untuk mencinta. Pada 11/8/2007, koran Washington Post memuat laporan tentang Peter Houghton yang melakukan operasi pencangkokan jantung buatan. Dia berkata: “Perasaanku telah berubah, Saya tidak mampu mengetahui apa yang Saya benci dan apa yang Saya cintai bahkan Saya tidak punya rasa apapun kepada cucu-cucu Saya”.

Dari temuan-temuan ilmiah tersebut dapat disimpulkan bahwa fungsi jantung yang sesungguhnya adalah lebih dari sekadar memompa darah dan menyuplai oksigen, namun juga berfungsi untuk berfikir dan merasakan berbagai emosi yang terjadi dalam diri kita. Itulah karenanya, ketika kita merasa sedih, kecewa, marah, atau bahagia tanpa sadar tangan kita memegang dan mengelus dada, karena di dalam jantung yang tersimpan dalam dada itulah segala perasaan bermuara..

Semua hal diatas juga dapat dibuktikan secara sederhana, ketika kita merasa takut, marah, atau sedang gerogi bukankah jantung kita yang berdebar-debar /berdegup lebih kencang bukan hati kita.

Dan berdasarkan penelitian para ilmuan-ilmuan diatas jelaslah bahwa jantung bukan hanya sekedar organ pemompa darah tapi lebih kepada oragan yang sangat vital yang menentukan karakter kita sebagaimana islam telah menjelaskannya dalam al quran dan hadis nabi ribuan tahun lalu.
dan berarti kita juga telah melakukan kesalahan dalam membicarakan kata Hati (perasaan) ini, karena yang kita maksud sebenarnya bukanlah organ hati tetapi adalah organ jantung karena pada saat kita mengucapkan hati kita pun menunjuknya kearah jantung Bila dilakukan perbandingan dengan dua bahasa dunia lainnya, yaitu Arab dan Inggris, kerancuan seperti dalam bahasa Indonesia ini ternyata tidak terjadi dalam dua bahasa tersebut. Dalam bahasa Arab organ tubuh dalam dada yang bernama jantung itu disebut dengan nama قلب (!!qalb!!). Demikian pula ketika berbicara mengenai perasaan, untuk menyatakan hati senang misalnya diungkapan dengan فرح قلبـــــي (fariha qalb-i).  begitu pula dalam bahasa inggris organ jantung adalah Heart dan  ketika mengungkapkan perasaan juga menggunakan kata Heart misalnya “don’t hurt my hearth” Ini menunjukkan adanya konsistensi bahasa, baik secara fisik maupun psikis, sama merujuk pada satu organ tubuh yaitu qalb atau jantung.
Oke Sobat Semoga Bermanfaat... ;)
24/06/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Mungkin juga Anda tertarik kepada
Apa perbedaan hati (liver or heart) dengan jantung (heart) ?
Mengingat koruptor tidak punya otak,hati,jantung dan saraf malu sudah putus apakah masih bisa sakit?
(Teka-Teki) Apa beda orang kurus dengan orang gendut?
Apa bahaya jika kita mudah sekali kesemutan?
apa kegunaan dan sifat-sifat minyak binatang
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan