Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
Apa itu Apec,apa itu Opec.
Bisnis & Keuangan 13/12/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Jawaban
1 dari 2
APEC singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation atau Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik. APEC didirikan pada tahun 1989. APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Dengan kata lain Asia-Pacific Economic Cooperation, atau APEC, adalah forum utama untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi, kerjasama, perdagangan dan investasi di kawasan Asia-Pasifik.
APEC adalah satu-satunya pemerintahan antar kelompok di dunia yang beroperasi atas dasar komitmen yang tidak mengikat, dialog terbuka dan sama menghormati pandangan dari semua peserta. Tidak seperti WTO atau badan-badan perdagangan multilateral lainnya, APEC tidak memiliki kewajiban perjanjian yang diperlukan dari peserta. Keputusan yang dibuat dalam APEC yang dicapai dengan konsensus dan komitmen yang dilakukan secara sukarela.
APEC memiliki 21 anggota – disebut sebagai Member Ekonomi; yang menyumbang sekitar 40,5% 1 dari populasi dunia, sekitar 54,2% 1 dari GDP dunia dan sekitar 43,7% 2 dari perdagangan dunia.

OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) merupakan organisasi negara-negara pengekspor minyak. OPEC didirikan 43 tahun yang lalu oleh lima negara yaitu; Irak, Iran, Kuwait, Arab Saudi dan Venezuela pada tanggal 14 September 1960. Lalu anggota OPEC bertambah 8 negara, Angola, Algeria, Ekuador, Indonesia, Libia, Uni Emirat Arab, Libia dan Nigeria. Namun Indonesia keluar dari OPEC pada tahun 2008 lalu. Negara-negara anggota OPEC memproduksi sekitar 40% dari output minyak dunia dan juga 15% gas alam.
Dalam menentukan harga minyak mentah di pasar internasional OPEC memiliki model kartel untuk menentukan harga minyak di pasar dunia. Dalam model kartel biasanya pengawasan yang dilakukan berupa, menetapkan peraturan dan hukuman bagi anggotanya. Pengawasan yang dilakukan berupa pengawasan harga, output, diversifikasi produk, investasi dan pengumpulan keuntungan.
Tujuan didirikan OPEC adalah untuk mengkoordinasi dan menyatukan kebijakan perminyak bagi setiap negara-negara anggota dan menjamin stabilisasi pasar minyak untuk mengamankan pasokan, efisiensi, ekonomi dan keteraturan suplai kepada konsumen minyak bumi, penghasilan yang tetap bagi produsen dan pengembalian modal yag adil bagi investor di industri minyak.  
Indonesia resmi keluar dari OPEC pada Juni 2008.
13/12/11 Diposkan oleh Azmee
2 dari 2
apa itu oki
18/04/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Mungkin juga Anda tertarik kepada
Apa itu Manicure
dewasa itu seperti apa dan sudahkh anda merasa dewasa?
gombal yang baik itu seperti apa sh,,
apa itu cinta?
Apa hepatitis itu?
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan