Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
bagai mana cara supaya pintar/cerdas
Kehidupan 04/01/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Jawaban
1 dari 25
belajar sma mkan-mkanan yang sehat!!
04/01/11 Diposkan oleh Hanz Pazeer
2 dari 25
banyak baca buku aja.. trus di praktekkan dalm kehidupan sehari-hari.
beli buku dibaca, jgn disimpen aja. Okey..:D
04/01/11 Diposkan oleh Aditia Ramadhan
3 dari 25
baca buku, nonton berita, main catur, dan lain - lain. Ingat, pintar tidak hanya berhubungan dengan sekolah saja :)
05/01/11 Diposkan oleh Dony Arisandy
4 dari 25
Entah bagaimana caranya, tapi menurut saya hanya orang2 cerdas yang tau bagaimana cara menjadi cerdas..
Jika seseorang 'harus diberitahu' agar dia menjadi cerdas itu namanya bukan orang cerdas..
Hahaha..
Peace..

:D

Mari berpikir kritis
06/01/11 Diposkan oleh ladesman
5 dari 25
intinya dari pemikiran...
berpikir cerdas adalah salah satu jalan menuju kecerdasan dan pasti akan menuju kesana apabila konsisten untuk itu.
satu trik untuk mendapat kecerdasan paling tinggi, namun mustahil untuk dilakukan...
'pakailah kecerdasan paling  cerdas setiap detik' --> bukan metafora
06/01/11 Diposkan oleh Zee
6 dari 25
belajar dengan rajin,, tekun,, sering membaca buku yang menambah wawasan,, memahami inti ilmu pembelajaran,, banyak merenungkan kejadadian yang terjadi disekitar lingkungan, banyak bertukar pikiran yang bermanfaat dengan orang yang pintar,
jangan terlalu banyak berbicara, karena bisa terdapat kebohongan dan hasil yang nihil,, otak menjadi buntu
jangan menganggap remeh orang lain,, karena hanya orang yang bodoh yang meremehkan orang lain,, sebetapa pun ia pintar namun jika ia meremehkan orang lain,, melakukan hal yang tidak bermanfaat,, maka ilmu yang ia miliki adalah sia-sia,,
tidak sombong karena memiliki ilmu yang sedikit lebih dari orang lain,, karena ilmu itu luas, berkembang, tidak ada habisnya,, dan tidak dapat dimiliki seluruhnya,..
walaupun IQ seseorang rendah  sekali,, namun ia terus berusaha,, tekun , tidak pernah menyerah,, mau terus mencari pengetahuan, sering mengulang, maka akhirnya otaknya akan terasah dengan sendirinya,
pintar tidak hanya cerdas,, tetapi juga mampu menerapkan ilmunya pada kehidupan sehari-hari,, untuk pintar tidak harus cerdas secara intelegensi,,
untuk cerdas tentu saja harus banyak berlatih dan belajar agar banyak pengetahuan yang dimilki,, ^_^

>_<

>>-----L-U-C-K-Y----->  [>_<]
07/01/11 Diposkan oleh lucky
7 dari 25
perbanyak belajar jauhi kemalasan dan perbanyak berdoa kepada tuhan
07/01/11 Diposkan oleh Erfan Photograph
8 dari 25
pinter sich sbnrnya beda sm cerdas..

pinter itu bisa jadi dya bodoh, sdgkn cerdas, oarang yg sngt pinter

mk.y kalau pengen pinter jangan bodoh ataw malas..
n klw pngen cerdas rajin belajar n buat dirimu sepintar mungkin..
07/01/11 Diposkan oleh biksu
9 dari 25
1.  Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

2. Membaca adalah kunci belajar
Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

3. Mencatat pokok-pokok pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

4. Hapalkan kata-kata kunci
Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

5. Pilih waktu belajar yang tepat
Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Bangun suasana belajar yang nyaman
Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

7. Bentuk Kelompok Belajar
Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.

8. Latih sendiri kemampuan kita
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

10. Sediakan waktu untuk istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.
Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur – tak perlu detail – berarti kita sudah paham.
http://antontenera.wordpress.com/2007/04/06/10-cara-menjadi-pintar/

dan orang2 yg malas pasti tidak pintar karena malas berfikir
07/01/11 Diposkan oleh wahyu candra kurniawan
10 dari 25
jawaban klasik- belajar
tapi memang itulah caranya menjadi cerdas :D
08/01/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
11 dari 25
Cerdas itu artinya ahli.
Nah supaya menjadi ahli, ambillah bidang tertentu yang sangat spesifik.
Sesuaikan dengan kemampuan dan minat kamu.

Kemampuan di bidang itu asah terus-menerus, setiap ada informasi baru, usahakan kamulah yang paling duluan tahu.


Setelah itu, juallah dirimu dengan tampil di muka publik.

Maka kamu akan menjadi seorang cerdas.


Misalnya, jika kamu ahli dan minat dengan olahraga mancing, kamu asah kemampuan dengan belajar teknik mancing mulai dari tradisional sampai paling mumpuni.

Jangan terpengaruh dengan bidang lain, fokuslah di bidang mancing.

Jika kamu sudah merasa diri menjadi pemancing profesional, maka ikutilah turnamen mancing ato kompetisi semacamnya.
10/01/11 Diposkan oleh Firman Kaimun
12 dari 25
belajar plus doa ,ada prinsip nya juga strategi plus aksi kali doa.
10/01/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
13 dari 25
waduh semua pake cara pintas nanti sekolah g laku nih :p

pada dasarnya kecerdasan itu banyak dipengaruhi faktor keturunan, sementara pintar karena di asah

jadi melihat potensi seseorang yang cerdas/pintar sejak dini itu perlu, karena hal ini bisa langsung diash secara dini

kata bijak: kenali anak anda sedini mungkin
11/01/11 Diposkan oleh Unnamed
14 dari 25
kalo ingin pintar harus blajar dan sebelum belajar harus minum air putih sebanyak-banyaknya,
bahwa 80 persen tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan ada dua bagian tubuh manusia yang memiliki kadar air di atas 80 persen dimana keduanya memiliki peran penting bagi kehidupan manusia, yaitu Otak dan Darah. Otak memiliki komponen air sebanyak 90 persen, sementara darah memiliki komponen air 95 persen. Untuk menjaga kesehatannya, manusia normal wajib mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari atau 8 gelas sehari.
darah ini mengalir lewat otak, perjalanannya pun juga tak lancarsama halnya saat ia melewati ginjal. Akibatnya otak tidak lagi "encer" .. kebayang kan apa yang dimaksud otak tidak encer? tapi sebelum pikiran anda melayang jauh, kembalilah ke deretan kalimat di bawah ini. Sel-sel otak adalah organ yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen. Terhalangnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bila anda juga mengidap penyakit jantung, maka sempurnalah penderitaan anda dengan adanya serangan stroke .. hmm kedengarannya seram ya? Demikianlah apa yang bisa saya sajikan, maaf jika saya membuat anda berkeringat dingin. Tapi sekarang anda bisa menarik nafas lega sebab kita menuju akhir dari artikel ini. Sekarang segala keputusan ada di tangan anda, mulai mengkonsumsi 8 gelas air putih perhari atau mempersiapkan diri untuk menjalani penderitaan duniawi .. !!
11/01/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
15 dari 25
belajarlah dari pengalaman...
11/01/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
16 dari 25
Kalo anaknya masih bayi. beri susu yang berkualitas.. alias punya kandungan gizi yang tinggi.
12/01/11 Diposkan oleh Wixe
17 dari 25
gampang,jika sering membaca alquran dan menghafalnya secara otomatis itu melatih daya ingat kita,dan pasanganya adalah selalu mempraktekkan pengetahuan kita,karena dengan praktek maka secara tidak langsung kita belajar untuk menerapkan,menganalisa,menemukan jawaban,dan sebagainya...
semoga jwaban singkat saya dapat dipahami.
07/03/11 Diposkan oleh m bagus nuruzaman
18 dari 25
supaya pintar salah satu cara dengan mendengarkan lagu clasic...

http://www.ziddu.com/download/14115772/BEETHOVENFORBABY10.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/14115773/BEETHOVENFORBABY08.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/14115774/BEETHOVENFORBABY02.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/14115775/BEETHOVENFORBABY04.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/14115776/BEETHOVENFORBABY01.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/14115777/BEETHOVENFORBABY09.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/14115778/BEETHOVENFORBABY05.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/14115779/BEETHOVENFORBABY03.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/14115780/BEETHOVENFORBABY06.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/14115781/BEETHOVENFORBABY07.mp3.html
10/03/11 Diposkan oleh Bow
19 dari 25
sering melaksanakan menghapal qur'an
09/08/11 Diposkan oleh agung surya gumelar
20 dari 25
Belajar di MALAYSIA
14/10/11 Diposkan oleh Dato M Gonzalez
21 dari 25
Pastikan anda memiliki tujuan mengapa dan untuk apa belajar
08/06/12 Diposkan oleh Zaskia
22 dari 25
Wah, itu gak sulit. Bukan berarti sombong. Tapi maksud saya gak sulit, kita harus bisa memotivasi diri kita sendiri.
Cara cepat untuk cerdas:
1. Banyak mendengar & menulis. Karena otak kita akan menangkap 80% dari apa yang kita dengar, & otak kita mampu mengingat 90% dari apa yang kita tulis jika itu adalah hasil dari pemikiran kita atau jika kita menulisnya 3-4x..
2. Cobalah membuat catatan anda unik, seperti memberi warna berbeda di setiap materi. Ini akan membuat mata anda suka melihatnya, sehingga anda tertarik untuk membaca
3. Mintalah teman anda yang cerdas untuk mengajari anda, serta minta padanya motivasi untuk belajar
4. Jangan terlalu banyak menghapal, hapal seperlunya saja. Terlalu banyak menghapal akan membuat anda merasa bosan karena otak anda akan terlalu banyak berpikir sehingga jadi lelah.
13/06/12 Diposkan oleh Rhony09.Blogspot.Com
23 dari 25
Belajarlah dengan tekun, mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu kemudian tambahkan tingkat kesulitan soal, belajarlah dengan rileks, jangan tertekan, mau berusaha, ikhlas dari hati karena jika tidak ikhlas semua yang anda lakukan akan sia-sia saja, seringlah berbagi pengetahuan anda karena akan menjadi tambah anda ingat karena sering anda katakan,
21/08/12 Diposkan oleh Christine Elisabeth
24 dari 25
gimana sihh kalau gak punya buku pelajaran apakah bisa pintarr
20/11/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
25 dari 25
Memahami
Membaca
Latih kemampuan
11/03/14 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Mungkin juga Anda tertarik kepada
Bagai mana bisa dapat alamat email ke permerintah supaya merlayanan Warga Negara Asing di indonesia?
bagai mana cara memutar video di youtube supaya bagus
Bagai mana cara mensterilkan urin dari sabu-sabu
cara bertanam jamur yang buat sayuran itu bagai mana ?
bagai mana cara memasuk kan folder saya ke blogger
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan