Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
Gimana sih perhitungan biaya PLn itu?
bang tukang listrik ajarin saya ngitung listrik dong.. kok kadang bayarnya 150rb , kadang 100rb,..
dan apa bedanya 900v, 1300v, 2200v, kalo dihubungin dengan bayaran listrik...

yang jawab bener .. siap2 dapet "JAWABAN TERBAIK"
Kehidupan | Elektronik Konsumen | Peralatan Rumah Tangga 14/01/12 Diposkan oleh DheFa
Jawaban
1 dari 2
Sebaiknya anda membaca PP No. 8 Tahun 2011 tentang Tarif dasar listrik (saya sertakan dirujukan).
Saya pernah menjelaskan panjang lebar, tapi dihapus admin. heran.

Saya beri contoh satu saja, yaitu tarif golongan rumah tangga (R1) dengan batas daya 900 VA.
Perhitungannya cukup rumit.

Biaya beban Rp. 20.000 per kVa per bulan (bisa kurang jika anda tidak menggunakan listrik sama sekali).
Blok I: Untuk penggunaan listrik antara 0 sampai 20 kWh, biayanya Rp. 275 per kWh.
Blok II Untuk penggunaan listrik antara 20 sampai 60 kWh, biayanya Rp. 445 per kWh.
Blok III: Untuk penggunaan listrik di atas 60 kWh, biayanya Rp. 495 per kWh.
Ada lagi biaya pajak penerangan jalam umum (PPJU), berapa persen biayanya dientukan oleh peraturan daerah setempat.
(untuk rumah tangga biasanya 3%, sekali lagi tergantung perda setempat).

Nah tinggal anda jumlahkan saja.
Jika penggunaan listrik 100 kWh, bukan dihitung semuanya Rp. 495 per kWh, melainkan:
hitung 20 kWh pertama  Rp. 275 x 20 (Blok I)+  Rp. 445  x 40 (Blok II)  + Rp. 495 x sisanya  yg diatas 60 (blok III).

Jika tagihan diatas 250rb, masih ditambah lagi biaya materai Rp. 3000.
Jika tagihan diatas 1 jt, masih ditambah lagi biaya materai Rp. 6000.

Untuk listrik prabayar, perhitungannya lain lagi, tapi sepertinya anda menggunakan listrik pascabayar, jadi saya cukupkan sampai disini.
Semoga membantu.
14/01/12 Diposkan oleh chodirin
2 dari 2
tagihan listrik jadi kacau jika petugas pln asal tembak angka meteran. biasanya pada hari besar seperti Idul Fitri, karena pemilik rumah mungkin sedang silaturahmi, mudik atau liburan.
15/01/12 Diposkan oleh mafia gtj
Mungkin juga Anda tertarik kepada
Sy Adlh Pngguna Listrik PLN Pascabayar , bgtu Bsr Stiap Bulan Tarif yg saya tanggung ?? apa ad saran untuk menekan biaya
berapa sih biaya melahirkan dengan cara waterbirth ?
Apa itu biaya advertansi?
Bener gak sih kalo turis asing bawa uang ke Indonesia dalam bentuk Tunai kena biaya cos di airport negara kita!!!
Rincian biaya sertifikat
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan