Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
mengapa daun berwarna hijau?
Hewan Piaraan | Makanan dan Minuman 22/12/10 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Jawaban
1 dari 7
daun berwarna hijau karena adanya dominasi pigmen warna hijau, yang disebut klorofil a dan klorofil b, yang ada di dalam serat-serat tanaman yang berfungsi untuk melakukan penyerapan sinar matahari guna berjalannya proses fotosintesis (suatu proses sintesa sari makanan dengan bantuan cahaya matahari). Pigmen-pigmen hijau tersebut berada dan dibuat di dalam suatu bagian sel, plastida, yang disebut kloroplas. Pigmen hijau itu menutupi pigmen-pigmen warna lainnya seperti merah-orannye (beta-carotene) dan juga kuning (xanthophylls).

;

“Tapi warna daun kan tidak semuanya sama. Nah kalo’ itu kenapa?”

Nah juga, kalau yang ini ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah: perbedaan dalam hal susunan dan kandungan biokimia, ada tidaknya susunan bulu-bulu/rambut pada permukaan daun, perbedaan habitat tanaman, umur daun, dll. Bahkan ternyata, disain daun pun dapat berpengaruh terhadap tampilan warna hijau dari daun tersebut.
Tetapi yang jelas, prosentase klorofil per area permukaan daun memegang peranan penting dalam menentukan hijaunya daun.

Cuma itu? Tidak juga banyak faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap tampilan dari hijaunya warna daun. Misalnya adanya penyakit tertentu pada daun atau tanaman, kekurangan atau kelebihan unsur-unsur hara tertentu, juga mempengaruhi warna hijau dari daun

sumber : http://kambinglaut.wordpress.com/2007/05/16/daun-mengapa-hijau/
23/12/10 Diposkan oleh deph1lt
2 dari 7
karena ada klorofil yang menybar di segala penjuru di daun tersebut.. tapi ada daun yang berwarna merah kekuning-kuningan yaitu daun puring..daun itu berwarna kemerah merah kuningan kan? sebab ada plastida. plastida adalah zat warna daun.
cukup khan? Informasinya?
GOOD LUCK!
22/01/11 Diposkan oleh MuTiArA Imoet
3 dari 7
Daun berwarna hijau atau ijo yang ijo bahasa Jawa-nya berarti hijau itu karena adanya klorofil dalam daun. Daun yang berwarna hijau itu ada karena air yang cukup untuk tumbuhan yang diserap oleh akar. Oleh karena itu daun berwarna hijau. Tetapi, tidak semua daun berwarna hijau, lho! Apa sebabnya? Sebabnya tumbuhan itu kekurangan air. Biasanya tumbuhan itu akan menggugurkan daunnya. Dan berwarna apa sajakah daun itu? Ada yang merah,coklat, kuning, dan hijau yang saya tahu. Cukup sekian dari saya. Tidak harus panjang, yang penting singkat, padat, dan jelas.
08/02/11 Diposkan oleh Laura Si Imut
4 dari 7
Maaf kalau agak salah jawaban dari saya.
08/02/11 Diposkan oleh Laura Si Imut
5 dari 7
gak semua daun berwarna hinjau.........
19/03/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
6 dari 7
gac smwa tuch kayaknya....................
10/08/11 Diposkan oleh aril the flores
7 dari 7
Jika suatu benda dapat memancarkan cahaya dan benda tersebut memancarkan gelombang cahaya berwarna merah, maka benda tersebut akan terlihat berwarna merah. Sedangkan jika suatu benda tidak dapat memancarkan cahaya, maka benda tersebut akan terlihat berwarna sesuai dengan spektrum warna yang dipantulkan benda tersebut. Sementara itu, spektrum warna yang tidak dipantulkan akan diserap oleh atom atau molekul penyusun benda tersebut. Sebagai contoh, jika disinari dengan sinar berwarna putih, daun akan memantulkan spektrum warna hijau menyerap cahaya selain spektrum warna hijau tersebut sehingga daun terlihat berwarna hijau.
30/06/13 Diposkan oleh HouwLiong
Mungkin juga Anda tertarik kepada
mengapa daun berwarna hijau
mengapa daun berwarna hijau?
mengapa rumput berwarna biru
mengapa daun berwarna hijau?
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan