Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
mengapa kuping berdenging
TV | Film 17/01/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Jawaban
1 dari 3
Banyak orang yang mengeluh telinganya berdengung (nada rendah) atau berdenging (nada tinggi). Keluhan ini dapat terjadi pada satu telinga saja maupun pada kedua telinga. Dapat bersifat sangat ringan sampai sangat berat sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tinnitus bukanlah suatu penyakit namun merupakan gejala dari suatu penyakit yang menimbulkan tinnitus.

Pada dasarnya telinga berdengung (tinnitus) adalah gangguan pendengaran yang ditandai dengan keluhan perasaan mendengar bunyi di dalam telinga atau di dalam kepala yang tidak dihasilkan oleh sumber dari luar. Tinnitus berasal dari kata “tinnire” yang artinya “membunyikan”

Tinitus pada pasien lanjut usia biasanya disebabkan oleh kerusakan pada saraf-saraf pendengaran/ Sedangkan pada pasien muda dapat disebabkan oleh seringnya mendengar suara keras , seperti music dengan volume suara yang memekakkan telinga.

Penyebab tinnitus yang paling sederhana adalah menempelnya kotoran telinga (serumen) di gendang telinga. Biasanya hal ini disebabkan karena kebiasaan mengorek kotoran telinga dengan cotton bud. Namun hasilnya kotoran keluar sangat sedikit sebaliknya sisa kotoran yang ada terdorong ke gendang telinga. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk jangan mengorek telinga sendiri. Lebih baik datang kepada dokter di bidang THT secara rutin 6 bulan atau setahun sekali untuk membersihkan telinga.

Disamping itu tinnitus juga dapat merupakan gejala dari Penyakit Meniere’s yang memiliki trias gejala yaitu :             Tinitus dengan nada rendah atau tinggi, tuli saraf serta vertigo yang berfluktuasi. Penyakit lain yang terkait dengan tinnitus adalah Otosklerosis , Infeksi dan peradangan pada telinga , tumor jinak pada saraf pendengaran, tumor Glomus Jugulare , keracunan obat, tuli saraf, kelainan pada tuba eustachius, hipertensi, anemia, gangguan endokrin, penyakit autoimun seperti penyakit Lupus eritematous, cedera kepala.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari timbulnya tinnitus ataupun mengurangi gejala tinnitus. Semoga berguna bagi anda!

   * Hindari suara keras & suasana berisik
   * Ukur tekanan darah secara rutin
   * Kurangi asupan garam
   * Hindari hal-hal yang menstimulasi tinitus
   * Hindari obat-obat yang menimbulkan tinitus
   * Olahraga teratur
   * Istirahat cukup
   * Abaikan bunyi-bunyi yang timbul
   * Hindari stres

(Vera Herlina-ras/AS/vbl)
17/01/11 Diposkan oleh R125
2 dari 3
telinga berdenging disebut juga Tinnitus dalam bahasa medisnya merupakan bukan sebuah penyakit. Namun merupakan suatu gejala dari penyakit..
Derajatnya dari yang ringan sampai ke yang berat dan dapat mengganggu aktivitas pasien sehari-hari.

penyebab tinnitus:
1. Serumen (kotoran telinga). janganlah mengorek telinga sendirian. jika terasa ada kotoran pergi ke dokter untuk mengeluarkannya. Atau secara rutin check up ke dokter THT setiap 6 bulan
2. Meniere's Syndrom.
3. otosklerosis.
4. infeksi pada telinga
5. tumor
dll

CMIIW
BTK
17/01/11 Diposkan oleh andhika arie
3 dari 3
mengapa kuping berdengung ? sebenarnya kuping ingin memberikan kabar tetapi yang dititipin kupingnya tidak mengerti dengan bahasa kuping , pelajarilah dengan bahasa kuping bila penasaran dengan bahasa kuping ( dengung ) baik secara ilmu pengetahuan alam maupun secara bathiniah. up to you.................
singkat jawaban dia ( kuping ) memberikabar
17/03/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Mungkin juga Anda tertarik kepada
mengapa laut itu biru ?
mengapa langit berwarna biru?
mengapa pelangi berwarna?
mengapa sriwijaya fc palembag warna kuning ?
Mengapa bumi ada atmosfernya?
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan