Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
mengapa negara maju tidak tergantung sumber daya alam ?
Bangsa dan Budaya 19/07/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Jawaban
1 dari 7
negara maju tersebut telah mengandalkan SDM,,yg berupa pikiran masyarakat yg logis dan baik untuk membangun bangsa trsbt,,dan menciptakan suatu usaha/peluang bisnis yg mereka kelola dengan baik,, bila negara trsbt ditambah oleh SDA maka negara trsbt akan semakin maju dan semakin kaya,,, hanya saja indonesia tidak berupaya dlm 2 hal trsbt,,yaitu SDA dan SDM.
para pejabat skrng tdk mementingkan hal itu,, malah kebanyakan pada korupsi,, kalo ky gini trus indonesia kpn bs maju'y???
19/07/11 Diposkan oleh dans_x4_PB
2 dari 7
Sebenarnya banyak negara maju yang ada saat ini, dulu sangat bergantung pada SDA. Mungkin hanya beberapa negara maju saja yang kemajuannya bukan karena SDA tapi lebih karena SDM-nya semacam Jepang dan Singapura. Tapi negara2 maju lain semacam Kanada, Inggris, Amerika dan beberapa negara di Eropa lainnya dahulu adalah negara Industri. Banyak pabrik yang mengandalkan batu bara dan minyak bumi yang dihasilkan oleh negaranya. Dan kini, saat kebutuhan mereka akan Energi sudah lebih banyak sementara stok mereka sudah semakin menipis, maka negara2 tsb mencari sumber dari negara lain yang umumnya adalah negara yang belum maju (berkembang).

Keliatannya saat ini mereka memang cuma melakukan "politik" saja, tapi sebenarnya mereka tetap butuh dan bergantung pada SDA yang merupakan sumber Energi. Hanya saja, mereka lebih menggunakan "otak"-nya ketimbang otot nya untuk memperoleh Sumber Energi (SDA) tersebut.
19/07/11 Diposkan oleh Matahari
3 dari 7
Tanggapan seperti itu ada 50%benar
19/07/11 Diposkan oleh Fandi
4 dari 7
percuma saja jika SDA melimpah tapi tidak di kelola,knp tidak di kelola?? karena blm tau mau di jadikan apa SDA tersebut.
jadi intinya jika SDA suatu negara dapat di kelola dengan baik maka pemerintah juga harus ikut andil dalam hal pengembangan SDA
19/07/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
5 dari 7
tDK ADA  NEGARA MAJU atau  mundur!
yg ada  negara  penjajah  dan ngara terjajah.
YG jajah  bisa  atur,yg terjajah ketakutan kaya anak ayam mundur teratur!
KALO tdk mengeruk ngara terjajah dari mana  mereka bisa makan?Mau makan TRAKTOR?
Salah sendiri negara penghasil kekayaan alam,termasuk uranium,menjual teramat-amat-amat-amat murah pada negara penjajah atau KAPITALIS !
19/07/11 Diposkan oleh LORD
6 dari 7
karena negara maju lebih mengedepankan kebudayaan dan moral sebagai nilai tertinggi dibanding lainnya,
sehingga otomatis sumber daya alam akan datang dengan sendirinya dari negara2 lain yang kurang nilai moral dan kebudayaannya..
nilai moral yang baik itu tidak hanya akan membentuk negara2 maju saja, tetapi akan membentuk dunia ini menjadi lebih baik..
20/07/11 Diposkan oleh GONDY
7 dari 7
karena mempunyai teknologi yang modern maka mereka tidak  bergantung pada alam. hanya mereka menggunakan otak mereka. yeah, lebih tepatnya mengandalkan SDM . sbnarnya mereka masih memanfaatkan SDA . tapi karena masih ada yang membuat mereka lebih kaya / pendapatan tinggi . jadi mereka tidak terlalu bergantung ke situ. lebih ke kgiatan industri , hahaha ! tau ah.. ini cuma pendapat gw aja.
25/08/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Mungkin juga Anda tertarik kepada
mengapa sumber daya alam harus dilestarikan
kenapa negara kita kaya dengan sumber daya alam namun masyarakatnya masih banyak miskin???
bagaimana sikap terhadap keterbatasan sumber daya alam
apa yang terjadi jika di alam tidak tersedia sumber daya alam dalam jumlah yang cukup
apakah perbedaan antara kelangkaan dan kemakmuran ?
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan