Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
definisi tipe kepemimpinan konsultatif
Pendidikan & Sains | Politik dan Pemerintahan | Hukum dan Perkara | Bangsa dan Budaya 11/02/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Jawaban
1 dari 2
Tipe-tipe  kepemimpinan yang ada saat ini, yaitu:


A. Tipe instruktif,
tipe ini ditandai dengan adanya komunikasi satu arah. Pemimpin membatasi peran bawahan dan menunjukkan kepada bawahan apa, kapan, di mana, bagaimana sesuatu tugas harus dilaksanakan. Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan semata-mata menjadi wewenang pemimpin, yang kemudian diumumkan kepada para bawahan. Pelaksanaan pekerjaan diawasi secara ketat oleh pemimpin.
Ciri-cirinya ;

   * Pemimpin memberikan pengarahan tinggi dan rendah dukungan.
   * Pemimpin memberikan batasan peranan bawahan.
   * Pemimpin memberitahukan bawahan tentang apa, bilamana, dimana, dan bagaimana bawahan melaksanakan tugasnya.
   * Inisiatif pemecahan masalah dan pengambilan keputusan semata-mata dilakuakn oleh pemimpin.
   * Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan diumumkan oleh pemimpin, dan pelaksanaannya diawasi secara ketat oleh pemimpin



B. Tipe konsultatif,

Kepemimpinan tipe ini masih memberikan instruksi yang cukup besar serta penetapan keputusan-keputusan dilakukan oleh pemimpin. Bedanya adalah bahwa tipe konsultatif ini menggunakan komunikasi dua arah dan memberikan suportif terhadap bawahan mendengar keluhan dan perasaan bawahan tentang keputusan yang diambil. Sementara bantuan ditingkatkan, pengawasan atas pelaksanaan keputusan tetap pada pemimpin.
Ciri-cirinya :

   *  Pemimpin memberikan baik pengarahan maupun dukungan tinggi.
   *  Pemimpin mengadakan komunikasi dua arah dan berusaha mendengarkan perasaan, gagasan, dan saran bawahan.
   *  Pengawasan dan pengambilan keputusan tetap pada pemimpin.


C. Tipe partisipatif,

Sebab kontrol atas pemecahan masalah dan pengambilan keputusan seimbang antara pemimpin dan bawahan, pemimpin dan bawahan sama-sama terlibat dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Komunikasi dua arah makin bertambah frekuensinya, pemimpin makin mendengarkan secara intensif terhadap bawahannya. Keikutsertaan bawahan untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan makin banyak, sebab pemimpin berpendapat bahwa bawahan telah memiliki kecakapan dan pengetahuan yang cukup luas untuk menyelesaikan tugas

sumber: http://wawan-junaidi.blogspot.com/2010/01/tipe-tipe-kepemimpinan.html
11/02/11 Diposkan oleh rharjanto
2 dari 2
Kepemimpinan sebagai istilah umum mungkin dapat dirumuskan sebagai  proses mempengaruhi kegiatan seseorang atau kelompok dalam usaha-usaha kearah pencapaian tujuan dalam situasi tertentu. Definisi kepemimpinan ini membawa kepada kesimpulan bahwa proses kepemimpinan itu ialah suatu fungsi dari pemimpin,  pengikut, dan  variable-variabel situasi lain.

Membahas masalah kepemimpinan dapat kita lakukan dengan berlandaskan berbagai titik tolak; dengan kata lain : dengan berpegangan dengan teori-teori tertentu.  Ada 2 teori pokok mengenai kepemimpinan ini.

Ada teori yang menyatakan bahwa tidak setiap orang dapat menjadi pemimpin. Untuk menjadi pemimpin diperlukan syarat-syarat dan sifat-sifat kepemimpinan tertentu. Biasanya sifat-sifat dan sikap kepemimpinan itu dianggap sebagai pembawaan, yang sukar diperoleh hanya dengan pembentukan dan pembinaan dari luar saja., dapat kita namakan  “Teori Sifat”, dalam bahasa inggrisnya: “Personal Qualities Theory”.
07/04/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Mungkin juga Anda tertarik kepada
Apa definisi dari kata pragmatis,ironis,tragis dan dinamis?
definisi gender
apa arti dari kata lapuk?
definisi dari impresionis?
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan