Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
APAKAH MASYARAKAT MADANI SAMA DENGAN MASYARAKAT MEDINA? ITUKAH YANG DICITA-CITAKAN SEBAGIAN ORANG SEKARANG INI?
Masyarakat | Ilmu Kemasyarakatan 06/10/11 Diposkan oleh Ela Lisa Sayang
Jawaban
1 dari 22
wah kalau begitu sama dengan ide negara Islam ya? Jadi itukah yang didengungkan orang-orang selama ini?
padahal katanya sih masyarakat madani itu terjemahan dari Civil Society (Masyarakat Sipil). Mengapa tidak masyarakat sipil saja?

“mitos masyarakat madani”
Karena ungkapan ini setidaknya mengarahkan kepada mitos mengenai kondisi kewargaan pada zaman Rasulullah Muhammad Saw yang selanjutnya oleh sebagian muslim Indonesia disebut sebagai representasi ideal “masyarakat madani”. Rasulullah Saw merupakan uswatun hasanah, teladan yang mulia. Sehingga wajar saja kalau Mitsaq al-Madinah (piagam Madinah) yang beliau susun menjadi pijakan hubungan sosial antara warga Madinah pada saat itu yang kini menjadi “mitos masyarakat madani = Madinah ???"
06/10/11 Diposkan oleh Bella Dikambelangi
2 dari 22
oh begitju ya, baru tahu aku itu, kiranya terjemahan lurus dari Civil Society, padahal hanya dibelokan sedikit ya, bahasa kode
06/10/11 Diposkan oleh GIANTGLOBAL MLM BUSINESS
3 dari 22
kok yg jawab "Pak Simon" semua nya yah??
06/10/11 Diposkan oleh aRvaNs Site's
4 dari 22
Kita harus membedakan Madani dengan Medina atau Madina.

Madani atau Civil Society adalah masyarakat yang berdasarkan sistem Demokrasi dimana prinsip2 nya adalah kedaulatan ada di tangan rakyat sedangkan Madina atau kota tempat tegaknya hukum Din, Madina berdasarkan prinsip politik islam yakni: kedaulatan ada di tangan Syara atau Syariah. sedangkan kekuasaan ada di tangan rakyat. Jadi hukum itu ditentukan oleh Dzat yang Maha Tahu solusi masalah manusia tapi yang memilih penguasa adalah rakyat!
17/10/11 Diposkan oleh Solstudio
5 dari 22
Madani yg brasal dari kata Madaniyah artinya beradab
Kota Madinah adalah contoh yg apik untuk mewujudkan gambaran masyarakat.
Kota Madinah yg multikultural tapi seluruh warganya saling menghargai dan bertoleransi satu sama lain. Apik bukan?
11/01/12 Diposkan oleh Kentang
6 dari 22
Saya memaknai masyarakat madani tu masyarakat yg da teratur rakyat danpemerintahanya, shg semua kebtuhan hidup jasmani n rohani dg mudah terpenuhi. Kalau masy Medina itu orang- orang yg hidup tinggal di Madinah kawasan negara Arab. Masy Madani emang cita-cita banyak orang sayang,,,,,!
22/01/12 Diposkan oleh tini karoj
7 dari 22
Kita hidup di Indonesia,di besarkan dengan Budaya Luhur serta ke-arifan Alam subur Indonesia. sebelum Agama2 dari Luar negeri masuk ke Tanah Nusantara,kita juga sudah memiliki ketinggian Etika,adab,dan sikap Budi pekerti,. Buktinya,banyak saudagar dari eropa,arab,china,india,di terima baik di tanah Jawa. karena kita sudah ber-etika Pada Masa itu.  nah, kemudian Penjajah mulai berusaha mengeruk kekayaan alam dan membinasakan Budaya asli nenek moyang kita. jadilah seperti sekarang inilah kita....bnyk yang mengaku beragama tapi tetap Maling,sbg pejabat Korup !!
29/01/12 Diposkan oleh Bukan Joko Bodho
8 dari 22
IYA MADANI=MADINAH
02/03/12 Diposkan oleh antidajjal
9 dari 22
Ya sama, itu diambil dari kata Madinah yang berarti Kota, dalam arti luasnya Kota besar yang indah yang masyarakatnya sangat ramah, itulah kenapa Rasulullah Hijrah dari Mekkah ke Madinah karena pada waktu itu penduduk Mekkah masih Jahiliyah alias bodoh,,,
24/03/12 Diposkan oleh tmm999
10 dari 22
Jelas tidak sama,Sebab Rasullulloh,dahulu tidak hanya memerintah di Madinah saja,Beliau juga memerintah hampir seluruh jazirah Arab dengan adil.
18/04/12 Diposkan oleh amurgiatno
11 dari 22
Beda Banget
28/05/12 Diposkan oleh masminant
12 dari 22
entah madani atau madinah, itu bukan persoalan. Jika memang wujud dari pola masyarakat itu baik, itulah yang kita cita-citakan.
05/06/12 Diposkan oleh Tongkatraja
13 dari 22
wah pertanyaan gak jelas nich....jangan samakan semua orang sama dengan cita2 itu, berpikiran positif aja dan jangan gampang terpengaruh isu2 para pemimpin agama yang ingin menjadikan agama tertentu menjadi simbol negara yang madani.Kita semestinya mencari guru, pendeta, ulama yang tidak banyak membuat statment Islamisasi, Kristenisasi dl...yg menjadikan umat ini jadi saling curiga-mencurigai. Kalau kita pahami betul semua manusia, mahluk, beragama maupun tidak beragama sebenarnya adalah kehendak Tuhan sendiri, alias kita ini adalah obyek wayang sandiwaraNya...begitu kira2 dari saya, mohon maaf ya..
07/07/12 Diposkan oleh OBT Kutu Rambut
14 dari 22
Madani dan Medina yangat berbeda.... Madani lebih condong kepada kemakmuran kalu gak salah.... Tapi kalu Medina ya di arab sana?
24/08/12 Diposkan oleh marga bimi majapahit
15 dari 22
itulah yang dicita-citakan sebagian orang selama ini.
seperti masyarakat di Madina, Islam 100%
tidak ada kebebasan beragama dan lain lain alias tidak ada demokrasi, gitu
28/09/12 Diposkan oleh Simon Mangande
16 dari 22
masyarakat madani bukanlah mitos belaka, kita bisa membangun bersama2, dengan merujuk alqur'an dan sunnah rasul sebagai pedomannya, sehingga masyarakat kita beradab dan ber-akhlakul karimah, seperti yang terjadi pada masa generasi para sahabat,
kalau pertanyaannya APAKAH MASYARAKAT MADANI SAMA DENGAN MASYARAKAT MEDINAH SAAT INI?
kita bisa melihat masyarakatnya, apakah di kota medinah saat ini para penduduknya ber-akhlak seperti pada zamannya rasulullah atau tidak??
jangan kita beranggapan hampir sama katanya MADANI & MEDINA maksudnya sama,
tujuan islam menciptakan masyarakat yang madani seperti yang ada dlm alquran
"Makanlah olehmu dari rezki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan yang Maha Pengampun".Qs: saba :15
30/03/13 Diposkan oleh Gerai Husny
17 dari 22
klo orang yang belum faham tentang masyarakat madani,
seperti halnya orang buta meraba gajah,
ada yg mengatakan gajah itu lebar, gajah itu panjang dll,
karena yang diraba bukan keseluruhan bagian tapi sebagian tubuh saja,,
30/03/13 Diposkan oleh Gerai Husny
18 dari 22
mau tau ajah apa mau tau banget ??
03/07/13 Diposkan oleh fahru rastafara
19 dari 22
iya kualitasnya seperti pada jaman nabi di madinah. kalau dikatakan sama saya kira tidak juga. nabi telah mengajarkan untuk bagimu agamamu dan bagiku agamaku. semua berupa petunjuk
03/09/13 Diposkan oleh mas erwin
20 dari 22
Tidak sama. Masyarakat Madani adalah istilah yg mengacu pada kondisi Medinah awal ketika Rasullullah Hijrah, yang masyarakatnya terdiri dari Yahudi, Muslim, Nasrani dan Koptik.
Jadi masyarakat madani adalah impian buat bangsa kita yg patut dicontoh karena tingginya toleransi beragama dan perbedaan.
Hanya sayangnya...oleh para penganut Islam fanatik di negeri ini, masyarakat madani di asumsikan dengan masyarakat yg harus beragama Islam semua.
30/01/14 Diposkan oleh Belum Ada Nama
21 dari 22
Yang dimaksud dengan masyarakat Medina tentunya Medina di masa Rasulullah SAW.

Ya, timbulnya kesalah pemahaman tentang konsep masyarakat madani ini adalah karena kebanyakan orang tidak mau melihat kenyataan bahwa perkembangan Islam itu sudah meluas hingga meliputi berbagai bangsa dengan corak kebudayaan yang berbeda-beda. Pengertian dari masyarakat madani itu sendiri sebenarnya tidak mesti harus persis seperti masyarakat Medina masa Rasulullah SAW itu. Masyarakat Medina masa Rasulullah SAW itu hanyalah model saja. Adapun pelaksanaannya boleh menyesuaikan dengan corak kebudayaan masing-masing tempat. Inilah pemahaman yang benar!
27/02/14 Diposkan oleh Mas Raden
22 dari 22
Tidak sama, Madani itu adalah "sifat" tapi Madinah adalah "tempat".
16/04/14 Diposkan oleh Kemenag Karimun
Mungkin juga Anda tertarik kepada
suka korupsi
slogan pns : Melayani masyarakat adalah kewajiban Pegawai Negeri. Menerima IMBALAN adalah Korupsi
apakah pentingnya hukum bagi warga negara ?
apa itu politik
Sebenarnya apa sic gunanya masyarakat di negara kita ?
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan