Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
Apakah itu Oportunis??
Ilmu Kemasyarakatan 21/12/10 Diposkan oleh Hanz Pazeer
Jawaban
1 dari 5
opor·tu·nis·me (n) paham yg semata-mata hendak mengambil keuntungan untuk diri sendiri dr kesempatan yg ada tanpa berpegang pd prinsip tertentu.

atau mungkin mnrtku lebih kaya' kemana angin berhembus kesitulah kita ikutin. mana yang sedang berkuasa kesitulah kita menggandengnya...dimana yang sedang menang kesitulah kita berbaris!

kalo ga salah oportunis cenderung seperti itu....tidak punya prinsip yang dianut atau dipegang teguh, parasit banget kaya'nya....kesana kemari asal terpenuhi hasrat dan kebutuhannya. nah, disini permasalahannya..aku ngrasa kaya'nya kok sikap oportunis itu ada dalam diriku....kalo melihat arti kata itu aku membenarkan kalo ada rasa seperti itu dalam diriku, rasa perasaan ngikut kemana angin berhembus, ngikut kemana yang berkuasa berbicara....rasa ingin terpenuhi nafsu, hasrat dan harapan ku dengan mengikuti aliran air yang sedang deras2nya!
aku jadi confuse bgt ni.....apakah aku emang orang seperti itu? tapi ngelihat arti kata yang cenderung menjurus ke arah negatif seperti itu aku jadi g mau disebut orang yang oportunis.....

aku jadi berpikir..apakah selamanya sikap oportunis itu adalah sikap yang salah, sikap yang tidak benar, sikap yang menjijikkan begitu?
bahkan aku akhir2 ini cenderung banyak melihat sikap2 orang2 yang cenderung mengarah ke arah oportunis itu.......hanya kecil memang atau hampir tersamar bahkan hal2 tsb kadang diarahkan sebagai pembenaran atau keharusan..apakah hal tsb tidak bisa disebut sebagai sikap oportunis?

mungkin aku harus lebih dalam lagi mencari serta memahami makna oportunis itu terlebih dahulu....terlalu banyak pertanyaan yang silih berganti muncul di benakku tapi kaya'ny otakku dah g nyampe buwat mikir2 hal2 seperti ini..atau mungkin aku emang berusaha lari dari kenyataan untuk memikirkan hal2 itu...

sumber : http://ranggasukmasatria.blogspot.com/2008/05/oportunis.html
21/12/10 Diposkan oleh deph1lt
2 dari 5
Seseorang yang cenderung Mengambil peluang dan kesempatan yg menguntungkan bagi dirinya sendiri
21/12/10 Diposkan oleh Profesor rawan
3 dari 5
secara etimologi oportunis berasal dari kata serapan bahasa inggris yaitu "oportunity" atau peluang, sedang imbuhan "is" dibelakang menyatakan "isme" sifat atau faham, so oportunis itu lbh tpt dinyatakan sebagai sifat atau faham atau tabiat yg cenderung mempergunakan kesempatan semaksimal mungkin apapun alasan dan tujuannya.
26/03/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
4 dari 5
mengambil keuntungan disetiap ada kesempatan
29/08/11 Diposkan oleh powerpuff girl
5 dari 5
klo dasar arti sich bener...
Gitu,, tpi mnurut ane dy gak pnya prinsip yg pasti tapi dy pnya pengambilan kputusan & tujuan yg jelas. MAngkany itu pluang adlah ksmpatan...^_^

Kyak kata tmen diatas,, so oportunis itu lbh tpt dinyatakan sebagai sifat atau faham atau tabiat yg cenderung mempergunakan kesempatan semaksimal mungkin apapun alasan dan tujuannya.
07/05/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Mungkin juga Anda tertarik kepada
Apakah itu tamr dan ruthab?
apakah orang pacaran itu wajib?
apakah saya tampan?
Apakah mencontek itu dosa ketika ulangan?
apakah ilmuwan terpintar sedunia itu gila
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan