Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
Kenapa baterai litium modem saya lama kelamaan menggembung? bisa meledak nggak ya?
Perangkat Keras 20/04/10 Diposkan oleh wijana
Jawaban
1 dari 30
hati-hati, sebaiknya anda mengganti batrai tersebut, mungkin karena sudah usang,
dari pada laptop anda terkena cairan tersebut yang akan merusak laptop anda
20/04/10 Diposkan oleh PHP masih tetap yg powerfull
2 dari 30
lempengan dan carbon setelah dipakai lama pasti akan memuai disebabkan panas pada pemakaian. meledak bisa jadi bila terjadi kebocoran
20/04/10 Diposkan oleh syahrul22
3 dari 30
Sejauh yang saya tahu, baterai menggelembung dikarenakan penggunaan yang berlebihan terutama sambil di-charge.
Jadi cell/electron nya udah mati, tapi tetap diisi (di-charge/tercolok ke listrik) akhirnya menggelembung. Soal meledak atau tidak, sebaiknya anda buktikan sendiri.. :)) hahaha
*tapi jangan karena rekomendasi saya yah, lakukan dengan resiko tanggung sendiri*
20/04/10 Diposkan oleh Darson LIM
4 dari 30
Sudah menjadi sifat lempengan karbon seperti itu. Umumnya akibat pemakaian yang sudah berlebihan. Kalo kemungkinan meledak itu ada, lebih baik kurangi pemakaian atau ganti saja dengan yang baru.
20/04/10 Diposkan oleh Pakde Zaki
5 dari 30
Baterai Litium ada batas pengisian ulang, jika melebihi batas tersebut memang bisa mengakibatkan menggembung.
20/04/10 Diposkan oleh rinnofer
6 dari 30
Karena umur baterai tersebut sudah habis, dan isi dari baterai tersebut (lithium) memuai...
Meledak? Bisa saja jika sudah mencapai titik jenuh..
20/04/10 Diposkan oleh langit_byru
7 dari 30
klo meledak tidak perlu terlalu ditakutkan namun sebaiknya anda siap2 untuk mengantinya karena jika bocor bisa merusak komponen lain laptop anda
20/04/10 Diposkan oleh chebron
8 dari 30
Itu karna factor pemakaian dan juga sifat dari lempengan dan karbon yang ada di dalamnya. sebaiknya anda mengantinya dengan yang masih bagus
20/04/10 Diposkan oleh Bluey
9 dari 30
Semua battery pasti ada batas pakainya, cuman yang bisa anda lakukan adalah dengan perawatan, salah satu nya, jika tidak dipakai jangan terus ditempelkan / dipasang pada usb, karena akan terjadi pengisian tenaga secara terus menerus yang akhirnya dapat menyebabkan battery anda menjadi gembung, meledak atau tidak, seharusnya tidak, cuman untuk lebih amannya jangan dipakai jika sudah menggembung
20/04/10 Diposkan oleh fr4n6
10 dari 30
Ada kemungkinan bisa, tapi sebenarnya kemungkinannya hanya sktr 1:100000 kejadian. hanya saja disarankan bila sudah terlihat batere mengelembung sebaiknya segera diganti karena selain aman juga akan lebih nyaman terhadap pemakaian alat atau gadget yang bergantung pada batere tersebut
20/04/10 Diposkan oleh edo
11 dari 30
Tentu bisa bro, pasti...sebaiknya egera ganti batre
20/04/10 Diposkan oleh userone912
12 dari 30
ya berarti umurnya sudah habis, waktu itu sih baca di kaskus bisa meledak tuh batere tipe lithium... hati-hati sebaiknya diganti.
20/04/10 Diposkan oleh reconciler
13 dari 30
baterai menggembung karena dah gak bisa diisi alias mati tapi dipaksa di charge.
gak sempat meledak itu baterai, soalnya kelewat menggelembung trus bocor
20/04/10 Diposkan oleh puceboles
14 dari 30
Rapid-discharge issues

Lithium batteries can provide extremely high currents and can discharge very rapidly when short-circuited. Although this is useful in applications where high currents are required, a too-rapid discharge of a lithium battery can result in overheating of the battery, rupture, and even explosion. Lithium-thionyl chloride batteries are particularly susceptible to this type of discharge. Consumer batteries usually incorporate overcurrent or thermal protection or vents in order to prevent explosion.
( Lithium battery - From Wikipedia, the free encyclopedia)
20/04/10 Diposkan oleh Ikran
15 dari 30
bisa jadi karena pemakaian yang terlalu lama,sehingga menimbulkan panas yang berlebihan hingga akhirnya menyebabkan baterai modem anda menggelembung. sebaiknya segera ganti baterai tersebut dengan yang baru,bisa jadi disfungsi baterai malah dapat merusak modem jika tetap digunakan terus.
AFAIK,belum pernah ada yang sampai meledak,akibat terburuk hanya merusak modem saja.(walaupun bisa menyebabkan komponen internal modem terbakar)
20/04/10 Diposkan oleh mantubedjat
16 dari 30
baterai lithium MODEM ya bukan baterai laptop...
terjadi karena disebabkan salah satu hal di bawah ini:
1. Waktu pemakaian yang melebihi batas normal/wajar (24/7 nyala terus)....
2. tiap barang elektronik mempunyai umur ekonomis (batas umur layak pakai) jadi kemungkinan Modem anda sudah waktunya ganti baru karena tidak layak pakai.. (waktunya pensiun)
3. arus sirkulasi udara pada perangkat anda yang menggunakan modem tersebut tertutup/tertempel debu/kotoran sehingga panas tidak bisa disalurkan keluar dengan baik
4. terjatuh/tertimpa sehingga mengenai benda keras yang bisa merusak fisik perangkat anda

meledak pasti bisa... jika penggunaan extrem tidak wajar baik itu disengaja atau tidak sengaja.

saran saya sebaiknya matikan perangkat anda jika tidak diperlukan, bersihkan kotoran/debu/air yang menempel pada perangkat anda
21/04/10 Diposkan oleh jackjack
17 dari 30
Baterai litium memiliki masa/umur hidup, bisa menggembung biasanya karena panas terus menerus, seperti karena di charge kelamaan dan terus menerus, apabila dibiarkan pasti dapat meledak dan hal ini membahayakan.

Sebaiknya segera mengganti baterai tersebut dengan yang baru, untuk pencegahan.
21/04/10 Diposkan oleh indratp
18 dari 30
baterai litium indentik dengan kasus diatas, gelembung pada baterai lithium dapat disebabkan oleh bermacam hal, umumnya lama penggunaan bisa menjadi faktor penyebab diatas semisalkan baterai laptop. indikasi dapat meledak mungkin minim. untuk memperjelas kasus diatas mungkin lebih baiknya diperlengkap dengan jenis modem yang anda gunakan?
21/04/10 Diposkan oleh eRDe
19 dari 30
sepertinya ada beberapa penyebab:
-umur baterai
-cycle pengisian yg memang sudah melebihi batas
-pengisian yang terlalu lama (ditinggal semalaman)
-penyimpanan ditempat yang lumayan panas
-jika tidak dipakai dalam waktu yang cukup lama sebaiknya baterai tersebut dicabut, dapat menyebabkan baterai tersebut menggelembung

http://www.batteryuniversity.com/partone-21.htm
21/04/10 Diposkan oleh Koneksi
20 dari 30
baterai menggembung itu dapat disebabkan oleh penggunaan, dan umur/usia pakai barang tersebut.
ibaratnya balon, kalau terus diisi maka pastinya akan pecah. maka baterai pun pasti dapat pecah, walau kita tak bisa memperkirakan kapan itu akan terjadi...
22/04/10 Diposkan oleh dark
21 dari 30
biasanya karena saat pengisian (charge) terlalu lama tidak dicabut saat batrei sudah full, lama kelamaan batrei menjadi menggembung bahkan ada resiko meledak meskipun kecil kemungkinannya
22/04/10 Diposkan oleh bakung16
22 dari 30
Biasanya pemakaian yang terlalu berlebih dan overcharge, ada kenalan saya pake hape china yang bisa buat tv disetel terus2an sampai 4 jam tiap hari sekitar 6 bulan uda minta ganti, untuk menghemat coba aktifkan profil hemat batre dan charge waktu baterei uda bener2 tipis.
22/04/10 Diposkan oleh reza
23 dari 30
yang jelas itu karena over used karena si lithium ini punya batas maksimum penggunaan, ketika dia dipaksa untuk terus bekerja sambil dicharge otomastis dia akan melebihi kapasitas dia (akhirnya mlembung deh)
22/04/10 Diposkan oleh madhon
24 dari 30
Kemungkinan bisa meledak, ini disebabkan perlakuan awal dan life cycle yang sudah menuju aus, diganti saja =)
22/04/10 Diposkan oleh Benny Armanto
25 dari 30
Kalau meledak sih, kemungkinanya kecil,yg pasti kemampuan baterai tersebut sudah menurun, yg disebabkan karena proses recycle.
22/04/10 Diposkan oleh Ciproez
26 dari 30
Meledak sih gk cuma dapat Rusak.Biasanya Baterai litium mengembung dikarenakan faktor panas. Panas ini bisa dari faktor luar dan faktor pengisian baterai yang berlebih. Lebih Baik di ganti dengan yang baru sebelum mempengaruhi (baca:merusak) kinerja komponen yang lain.
23/04/10 Diposkan oleh Ucing Garong
27 dari 30
baterai yang dicharge terlalu lama maka akan rusak, salah satu gejalanya adalah daya yang tidak optimal dan bentuk fisik yang menggembung. sebaiknya baterai tersebut diganti karena akan merusak HP.
23/04/10 Diposkan oleh Setia dalam kesunyian
28 dari 30
karena me-recharge tidak teratur dan terlalu lama dapat menyebabkan baterai menggelembung.
Baterai menggelembung sangat mungkin untuk meledak.
23/04/10 Diposkan oleh Rio
29 dari 30
Batre klo rusak ya seperti itu,,menembang dan gampang ngedrop,,itu wajar aja coz usia pakainya udh sampai mentok,,jdi lbih baik segera menggantinya,,mungkin tidak meledak,,cuma bocor...
23/04/10 Diposkan oleh andrea05
30 dari 30
itu berarti dah ada sekat yang bocor di baterenya, ada baiknya di ganti aja daripada ntar meledak
24/04/10 Diposkan oleh surabigaul
Mungkin juga Anda tertarik kepada
Bagai mana agar baterai laptop saya tetap tahan lama?
Gimana cara agar baterai laptop acer awet ?
saya beli laptop sony baru,saya bingung mencharger baterai berapa lama, berjam-jam atau cuman sampai penuh saja?
Bner ga sich ngacas hp baru hrus lama ngacas ya smpe 7 jam?
knapa ya hp itu hrus pke batrai.
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan