Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
apakah nabi adam pernahhidup bersama dengan manusia purba lalu manusia purba itu apa ?
tolong dibantu ya.
Ilmu Kemasyarakatan | Kehidupan 02/10/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Jawaban
1 dari 83
Nabi adam adalah manusia pertama yang hidup di dunia, mngkin sebelum adam tercipta ada makhluk purba tapi dalam bentuk kera, jadi namanya kera purba.. teori tentang manusia purba  hanya pendapat dari teori darwin yg tidak terbukti kebenarannya.

Perpaduan Al Qur’an dengan hasil penelitian ilmiah tentang asal-usul manusia pertama

Terwujudnya alam semesta ini berikut segala isinya diciptakan oleh Allah dalam waktu enam masa. hal ini sesuai dengan firman Allah :

"Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada iantara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam diatas Arsy (Dialah) Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah itu kepada Yang Maha Mengetahui." (QS. Al Furqaan (25) : 59)

Keenam masa itu adalah Azoikum, Ercheozoikum, Protovozoikum, Palaeozoikum, Mesozoikum, dan Cenozoikum. Dari penelitian para ahli, setiap periode menunjukkan perubahan dan perkembangan yang bertahap menurut susunan organisme yang sesuai dengan ukuran dan kadarnya masing-masing. (tidak berevolusi).

"...dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya" (QS. Al Furqaan (25) : 2)

Dari perpaduan antara Al Qur’an dengan hasil penelitian ini maka teori evolusi Darwin tidak dapat diterima. Dari penelitian membuktikan bahwa kurun akhir (cenozoikum) adalah masa dimana mulai muncul manusia yang berbudaya dan Allah menciptakan lima kurun sebelumnya lengkap dengan segala isinya adalah untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh manusia. Hal ini dijelaskan oleh Allah di dalam salah satu firman-Nya :

"Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui atas segala sesuatu" (QS Al Baqarah (2) : 29)

Kemudian di dalam surat Al Baqarah ayat 31 s/d 32 Allah berfirman :

"Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman : ‘Sebutlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar!’. Mereka menjawab : ‘Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain daripada apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana (QS. Al Baqarah (2) : 31-32)

Untuk memelihara kelebihan ilmu yang dimiliki oleh Adam a.s maka Allah berkenan menurunkan kepada semua keturunannya agar derajat mereka lebih tinggi daripada makhluk yang lain. Apabila kita menilik kepada literatur-literatur yang berkaitan dengan masalah antropologi, maka akan tampak sekali keragu-raguan dari para ahli antropologi sendiri, apakah Homo Sapiens itu benar-benar berasal dari Pithecanthropus dan Sinanthropus ? Setelah melalui berbagai pertimbangan akhirnya para ahli mengambil kesimpulan bahwa Pithecanthropus dan Sinanthropus bukanlah asal (nenek moyang) dari Homo Sapiens (manusia), tetapi keduanya adalah makhluk yang berkembang dengan bentuk pendahuluan yang mirip dengan manusia kemudian musnah.

"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat : ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi’. Mereka berkata : ‘Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?’. Tuhan berfirman : ‘Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tdak kamu ketahui’."(QS. Al Baqarah (2) : 30)

Dari ayat ini banyak mengandung pertanyaan, siapakah makhluk yang berbuat kerusakan yang dimaksud oleh malaikat pada ayat diatas. Dalam literatur Antropologi memang ada jawabannya yaitu sebelum manusia Homo Sapiens (manusia berbudaya) memang ada makhluk yang mirip dengan manusia yang disebut Pthecanthropus, Sinanthropus, Neanderthal, dan sebagainya yang tentu saja karena mereka tidak berbudaya maka mereka selalu berbuat kerusakan seperti yang dilihat para malaikat.

Nama-nama mkhluk yang diungkapkan para ahli antropologi diatas dapat pula ditemui dalam pendapat para ahli mufassirin. Salah satu diantaranya adalah Ibnu Jazir dalam kitab tafsir Ibnu Katsir mengatakan : "Yang dimaksud dengan makhluk sebelum Adam a.s diciptakan adalah Al Jan yang kerjanya suka berbuat kerusuhan"

Dengan demikian dari uraian diatas maka dapatlah disimpulkan bahwa Adam a.s adalah manusia pertama, khalifah pertama dan Rasul (nabi) pertama. Hal ini sesuai dengan firman Allah :

"Dan tidak ada suatu umatpun (manusia) melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan (Nabi)" (QS. Fathir : 24)

"Tiap-tiap umat mempunyai Rasul" (QS. Yunus : 47)

Makhluk purba mungkin sejatinya hanya kera purba,, yang hidup berbarengan dengan bangsa jin,, kehancuran dinosaurus pun disebabkan meteor sebagai jalan bagi kehidupan manusia pertama di bumi.. kalau direnungi lagi, manusia harusnya berpikir untuk tidak menjadi makhluk yang berbuat kerusakan.

wallahu a'lam
02/10/11 Diposkan oleh kuple
2 dari 83
manusia purba itu secara tidak langsung anda mengakui teori "evolusi".. teori "evolusi" bertentangan dengan teori "penciptaan"... jd pertanyaan anda "ANEH"..:D
02/10/11 Diposkan oleh Pahlawan_Bertopeng
3 dari 83
ya  manusia purba itu hanya dugaan, diperkirakan
tidak pernah sang profesor arkeologi itu berkata, pasti, tetaqpi selalu berkata, diperkiranakan, diduga
adapun zaman Azoikum, Ercheozoikum, Protovozoikum, Palaeozoikum, Mesozoikum, dan Cenozoikum, itu juga hanya diperkirakan, tidak pernah mereka berkata, pasti terjadi.

jadi saya lebih percaya Sabda Firman Allah tetang pencitptaan
hari pertama diciptakan terang
hari kedua diciptakan cakrawala
dan seterusnya
hari ke enam diciptakan manusia
hari di sini benar-benar adalah 24 jam yang kita kenal sekarang, bukan zaman, bukan masa
03/10/11 Diposkan oleh Simon Mangande
4 dari 83
Jika pengertian purba adalah dahulu dan mula-mula.
Maka jawabannya adalah pernah, yakni seorang wanita yang bernama Hawa.
03/10/11 Diposkan oleh K2 Ichsan
5 dari 83
Gw sih ga percaya ama cerita Adam..
Kalau kita lahir dari satu gen, harusnya ga ada yang namanya perbedaan warna kulit, rambut, tinggi badan, alias ga ada ada perbedaan ras..
Lagian cerita nabi adam berisi kisah perkawinan incest antar saudara kembar, sumpah ga bermoral benget..
Dimana2 perkawinan incest pasti menghasilkan keturunan yang ga baik karena gen resesif akan lebih dominan..
Plus, Adam, dan anak2nya melakukan perzinahan, karena kawin tanpa didahului pernikahan..
06/10/11 Diposkan oleh Candra Wiguna
6 dari 83
tidak ada manusia purba...
manusia itu diciptakan dalam sebaik-baik bentuk...
manusia purba kan jelek kayak monyet...
itu hanya buatan orang-orang yang sudah tidak menjangkau lagi akalnya...
karena mereka tidak punya agama...
14/10/11 Diposkan oleh Khanza' Asy-Syifaa'
7 dari 83
agama jangan dicampur dengan ilmu pengetahuan...
pertanyaan nyeleneh, yg jawab juga...... wah, males ngomentarinya
14/10/11 Diposkan oleh bedjo
8 dari 83
@Candra Wiguna lho orangnya kan itu2 aja. kalo gak incest. mereka kawin sama siapa lagi??
dan mereka kawin tanpa pernikahan???
itu kan adat pernikahan baru2 ada karena kebudayaan yang diciptakan manusia itu sendiri.
23/10/11 Diposkan oleh yud1z
9 dari 83
apakah nabi adam pernah hidup bersama dengan manusia purba lalu manusia purba itu apa?
Katakanlah riwayat penciptaan dalam Kitab suci benar (dan memang benar). Katakanlah Darwin hanya berteori (dan teori biasanya didukung seperangkat bukti, atau temuan yang mendahuluinya). Katakanlah kita jangan mencampur adukkan antara agama dan ilmu pengetahuan, selanjutnya kita akan berdiri dimana? selanjutnya lahirlah pertanyaan-pertanyaan seperti di atas.
Apakah ada mata rantai yang terputus sehingga tidak pernah bertemu antara kisah agama dan kisah ilmu pengetahuan?
Masih ingat kejadian atau catatan kejadian pada peristiwa g.30.s-pki. Ada berapa versi yang beredar? Mana dari versi cerita tersebut yang benar-benar terjadi? (Catatan: saya tidak tau mana versi yang benar, karena saya saja masih balita pada saat itu)
Atau, ada pertanyaan menggelitik lainnya: Benarkah saya anak kandung dari orang tua saya? Bila saya katakan benar, hal apa yang dapat membuktikan? Cukupkah dengan mempercayai akte kelahiran?
Peristiwa g.30.s-pki saja yang baru lewat 40 tahunan lalu, kita sudah mengenal beberapa versi. Benar tidaknya kita adalah anak dari orang tua kita, praktis hanya mengandalkan unsur percaya.
Kesimpulan: Apakah saya anak dari orang tua saya? (50:50) bisa ya bisa tidak!
Versi A atau B atau C dari peristiwa g.30.s-pki, semuanya mempunyai peluang sama tentang kebenarannya.
Terus apa hubungannya dengan pertanyaan pokok di atas?
Kitab suci bisa 100% benar, dan bisa saja ada bagian yang tidak terinformasikan.
Jadi, karena kita kehilangan informasi, sedangkan jejak-jejak penciptaan yang tidak tertulis dalam kitab suci, sungguh juga ditemukan, maka, kita mencoba merangkai-rangkai penggalan informasi yang ada.
Maka lahirlah berbagai teori.
Ada teori yang segera ditemukan jawabannya, sehingga dianggap betul (bumi ini bulat! bukankah ada teori sebelumnya yang mengatakan bumi ini datar?).
Ada teori yang belum mendapatkan jawaban (kera - manusia purba - manusia modern)
Bila tidak ditemukan fosil manusia purba, maka tidak ada teori darwin. Yang ada adalah binatang bernama kera dan mahluk ciptaan lainNya yang bernama manusia. Karena ditemukannya fosil manusia purba (bahkan beberapa jenis dari beberapa masa), dan manusia tidak memiliki informasi lengkap tentang itu, lahirlah teori darwin. Suatu saat, bisa saja teori ini terbantahkan dengan munculnya informasi yang lebih akurat tentang penciptaan.
Bagaimana dengan teori ini : "Mungkinkah kisah penciptaan yang diceritakan Kitab Suci, hanya salah satu episode dari penciptaan sang Khalik?"
25/10/11 Diposkan oleh naga1964
10 dari 83
Bingung
12/11/11 Diposkan oleh Del
11 dari 83
MANUSIA pertama N. adam sebelum N Adam g ada manusia, yg ada hanya makhluq lain seperti jin setan binatang2 dll, manusia purba setelah n adam tercipta namun itu di tempat2 lain krn mereka memiliki cara hidup masing2 dan punya sifat yg berbeda shgg antara satu dgn yg lain saling menganggap beda, sedang manusia purba itu sama dengan kita juga hanya cara hidup mereka yg berbeda katakan saja antara modern dengan klasik mereka mempunyai cara hidup yg berbeda serta karakter yg berbeda sekali lg yg digaris bawahi adalah kehidupan yg berbeda coba saja jika ada org yg melakukan yg kuno pst kita akan mengatakan kayak manusia purba pst gitu ya gak sama halnya kehidupasn jaman duluuuu banget....cari yg lain yuk...mengenai hal2 yg lebih menarik..
16/11/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
12 dari 83
Secara pembuktian ilmiah, telah banyak ditemukan peradaban yang berumur lebih tua dari zaman hidupnya Adam.
Kitab suci-pun tidak menyebutkan secara "eksplisit" bahwa Adam adalah manusia pertama, tapi disebut "khalifah pertama".

Saya mau tanya, manakah yang lebih cerdas, kambing atau domba?
Tentu kambing jawabannya. Kambing akan berteriak bila ada pencuri sementara domba diam.
Kambing memiliki indra penciuman yang lebih sensitif dibanding domba, kambing pintar memilih daun, sementara domba daun dan rumput apa saja dimakan.

Kambing dan domba sepintas mirip, tapi ini dua jenis hewan dengan kecerdasan dan kelakuan yang berbeda.
Pertanyaan berikutnya, dapatkah perkawinan kambing dengan domba menghasilkan anak?
Jawabnya YA, tanyakan ke peternak.

Demikian pula seperti Adam dan manusia purba, Adam diberikan kecerdasan yang lebih serta dianugerahi Agama, sementara manusia purba berkelakuan primitiv dan tidak beragama. Manusia purba yang memiliki peradaban adalah jenis manusia purba yang berdiri tegak (secara fisik sangat mirip dg manusia), bukan manusia setengah monyet seperti yg dikatakan Charles Darwin.

Apakah Adam pernah hidup bersama dengan manusia purba?
Sepanjang penelusuran sejarah, belum ada bukti kuat mengenai pertemuan Adam dengan manusia purba.
Anak keturunan Adam kemudian menyebar ke berbagai wilayah yang pada akhirnya sebagian diantara mereka menempati wilayah yg sama dengan manusia purba. Penemuan biologi terkini menyebutkan, keturunan Adam yang mampu bertahan hidup hingga saat ini ialah mereka yang melakukan persilangan dengan manusia purba setempat, karena perkawinan sedarah dapat menimbukan kerusakan genetika yang menyebabkan kecilnya peluang untuk bertahan hidup.

Sangat disayangkan, hingga saat ini masih banyak orang2 yg percaya dg teori evolusi sesat Charles Darwin. Monyet sampai kapanpun akan tetap monyet, tidak pernah berubah jadi manusia purba.


EDIT:
Ada hipotesa lain yang mengatakan bahwa "Anak-anak Adam tidak bertemu apalagi melakukan perkawinan silang dengan manusia purba".
Kalau tidak melakukan kawin silang dengan manusia purba, bagaimana dengan perkawinan sedarah yg merusak gen?
Jawabannya: Anak-anak yang terlahir kembar vraternal (sepasang laki+perempuan) memiliki resiko kerusakan gen lebih rendah jika dikawinkan dengan pasangan vraternal yang lain. Kerusakan gen terjadi bila dikawinkan dengan kembar vratenalnya sendiri atau dikawinkan dengan kembar siam. Anehnya, semua anak Adam terlahir kembar vraternal dan ini kejadian yg sangat langka di dunia.
22/11/11 Diposkan oleh Mbah Agil
13 dari 83
Gw sih ga percaya ama cerita Adam..
Kalau kita lahir dari satu gen, harusnya ga ada yang namanya perbedaan warna kulit, rambut, tinggi badan, alias ga ada ada perbedaan ras..
Lagian cerita nabi adam berisi kisah perkawinan incest antar saudara kembar, sumpah ga bermoral benget..
Dimana2 perkawinan incest pasti menghasilkan keturunan yang ga baik karena gen resesif akan lebih dominan..
Plus, Adam, dan anak2nya melakukan perzinahan, karena kawin tanpa didahului pernikahan..

merujuk dengan pernyataan bang chandra wiguna ..

sebenarnya kita lahir dari satu manusia yaitu nabi adam ..
hal hal yg membedakan kita mulai dari warna kulit,gen dan rambut jg tinggi badan dan ras ..
hanya masalah tempat tinggal dan wilayah saja ..
jika di liat dari ilmu modern skrg ..
bukan kah amat sangat mudah menelitinya ..

untuk sebagian orang yg berpikir pasti tau jawaban nya ..

untuk pertanyaan di atas ..
manusia purba tidak pernah ada dan teori nya di ragukan ..
saya selaku muslim berpatokan dgn al quran al karim ..
jika al quran saja tidak ada cerita ttg org purba ..
untuk apa saya mempercayai nya ..
bukan kah allah maha tau dari mahkluk ciptaan Nya ..
28/11/11 Diposkan oleh Ebayi
14 dari 83
Dogma agama jangan dibawa ke ranah sains, akan sulit mencari titik temunya
Teori adam terlalu konyol untuk dipercaya, tidak mungkin manusia yang begitu bervariasi ini bisa berawal dari satu gen DNA yang sama, teori evolusi itu tidak bisa dibantah, orang2 sains paham akan hal ini..
07/12/11 Diposkan oleh Candra Wiguna
15 dari 83
Jawaban yang tepat adalah TIDAK PERNAH. karena secara Agama Adam adalah manusia yg pertama kali di ciptakan dan karena Adam merasa kesepian Tuhan Memberikannya Teman hidup yang dibuat dari tulang rusuknya. Dan Teman Hidup itu bernama HAWA.

Sementara manusia purba adalah pendapat/opini para ILMUAN karena sebenarnya yang disebut-sebut bahwa manusia nenek moyangnya adalah MONYET itu salah.

Karena jaman dahulu terdapat beberapa spesies yang langka dan hampir mirip dengan manusia.... dia dapat berjalan dengan 2 kakinya dan lebih aktif menggunakan tangannya.
08/12/11 Diposkan oleh Samuel Pardamean
16 dari 83
Mau Adam yang pertama, atau monyet yang pertama, itu tergantung dari Cara pandangnya masing-masing.
12/12/11 Diposkan oleh ioto
17 dari 83
Semua mahluk adalah hasil dari proses Penciptaan, nabi Adam adalah SIMBOL manusia pertama,Yg diberi kelebihan & kesempurnaan dibandingkan mahluk lainya.
Manusia purba adalah Adam itu sendiri.
Mengenai teory evolusi,itu adalah khayalan ilmuwan Yg telah usang.  (coba anda baca buku karya Harun Yahya"Eternity has already is begun").
08/01/12 Diposkan oleh Garut tea
18 dari 83
Manusia purba adalah salahsatu makhluk yang hidup dibumi sebelum adanya Nabi Adam. seperti layaknya Dinosaurus. Jadi Nabi Adam Tidak Pernah hidup bersama dengan Manusia Purba.
10/01/12 Diposkan oleh zifi
19 dari 83
saya rasa tidak,karena sejak nabi adam diciptakn allah swt.telah memberikan ilmu pengetahuan kepada nabi adam.....
16/01/12 Diposkan oleh Endang sabarudin
20 dari 83
Menurut Ku Nabi Adam Gx P'nah hidup sma Manusia Purba,Karena Manusia Purba Itu adalah Nabi Adam..............
20/01/12 Diposkan oleh Blood Boyz Sejati
21 dari 83
nabi  turun setelah manusia purba musnah.... tp manusia purba sindiri belum pasti ada tidaknya ato hanya cerita saja...
24/01/12 Diposkan oleh marleee ahamadi
22 dari 83
untuk menjawab pertanyaan anda, silahkan kunjungi harunyahya.com
25/01/12 Diposkan oleh icuk ariyanto
23 dari 83
Bro, ADAM itu adalah manusia yang ber-Tuhan pertama kali.yaitu yang mengakui adanya Tuhan yang TUNGGAL. Jadi Adam adalah manusia yang Ber Tauhid Pertama kali. ini makna spiritual nya. dan mengenai siapa Manusia pertama kali secara makna biologis...TIDAK ADA yang TAHU dengan PASTI.
29/01/12 Diposkan oleh Bukan Joko Bodho
24 dari 83
Nabi adam adalah manusia pertama yang di buat oleh allah dari tanah liat.
sejak di turunkan dari surga nabi adam tidak bertemu makhluk lain kecuali istrinya.
Manusia purba adalah manusia yang gen nya menyerupai kera dan sejenisnya yang pola hidupnya sangat berbeda dengan nabi adam
02/02/12 Diposkan oleh Ieqbal Wahyu
25 dari 83
Itu pertanyaan yang biasa muncul di persimpangan jalan, satu ke arah sains, satu ke arah agama.

Sebaiknya Anda pilih dulu mau ke mana, pertimbangkan untung ruginya baik-baik.

- Jalan Agama : Membawa ketenangan, menjanjikan kepastian, efektif melipur duka lara dan menyediakan jawaban untuk pertanyaan apapun. Tapi ruginya: Anda tidak boleh terlalu banyak berpikir, tidak boleh meragukan kata ulama (atau siapapun yang pinter ngomong bawa-bawa ayat suci), dan semua kebenaran didiktekan ke otak anda tanpa boleh dipertanyakan apalagi diuji ulang kebenarannya. Yang penting anda nurut apa pun kata ulama (ahli agama), dan anda akan hidup tentram dan setelah mati nanti masuk surga berisi puluhan bidadari  yang siap dipakai berulang kali tapi selamanya tetap perawan.

- Jalan Sains: Akal Anda diberdayakan, tidak cuma diperdayai. Anda boleh mempertanyakan, menguji ulang atau mendebat kebenaran apapun, karena yang penting fakta dan data. TAPI, hidup tak pernah tenang, kebenaran tak pernah pasti. Teori yang diyakini sampai detik ini, besok pagi bisa runtuh jika ada teori baru yang lebih baik dan lebih terbukti. Dan mau tak mau harus menerima bahwa semuanya harus terus berubah dan berevolusi, tidak cuma segala yang di luar diri, tapi juga pemahaman-pemahaman Anda terhadap apapun. Dan sampai saat ini, sains belum bisa menjanjikan apapun tentang afterlife.

Pilih dulu, jawabannya nanti bisa didapatkan sendiri dengan lebih mudah :)
12/02/12 Diposkan oleh Krauk
26 dari 83
jadi, seinget saya.
guru biologi saya menjelaskan bahwa
nabi Adam itu hidup setelah manusia purba
tapi kita ini bukan manusia purba
14/02/12 Diposkan oleh Hyeni
27 dari 83
belum pernah  sob
adam sama manusia purba itu berbeda
adam itu manusia sangat cerdas dan mulia
manusia purba : ga jelas sejarahnya hanya ditemukan tenggkoraknya doang ga jelas asal usulnya dan gada sejarah kehidupannya dan tidak ada dalam  kitab suci
14/02/12 Diposkan oleh antidajjal
28 dari 83
Jika Nabi Adam itu manusia pertama, dari manakah datangnya berbagai bangsa di dunia ini? Bolehkah Nabi Adam dan Hawa melahirkan anak-anak yang macam orang Negro, macam orang China, macam orang Melayu atau macam Orang Asli? Jika demikian, kenapakah orang Nusantara atau orang China atau orang Negro itu tidak berhidung mancung, berambut perang dan bermata biru jika mereka berketurunan daripada Nabi Adam dan Hawa?
24/02/12 Diposkan oleh dr ilyas
29 dari 83
Menurut haemat saya......

Jika yang anda maksud manusia purba(dalam teori revolusi darwin )saya kira tidak. Dalam agama manusia purba dalam teori revolusi darwin salah....

Al-Quran:
“ Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”.(At-tin ayat 4)

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkat mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan (Al Israa' 17:70)

Alkitab:

Kejadian 1:26
Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
26/02/12 Diposkan oleh The Messenger of Allah SWT
30 dari 83
tanya orangnya
01/03/12 Diposkan oleh ismail firdaus
31 dari 83
Tidak pernah, karena Nabi Adam beserta Siti Hawa adalah manusia pertama di muka bumi
24/03/12 Diposkan oleh tmm999
32 dari 83
nabi adamlah , adalah manusia pertama yang hidup dunia , kalo misalnya manusia purba itu adalah anak cucu adam generasi penerusnya adam , mau lebih jelas tentang-agamaislam.blogspot.com
25/03/12 Diposkan oleh Makhedo
33 dari 83
ya gak karna nabi adam nabi pertama kali bertempat / turun kebumi jadi kalau manusia purba manusia .........
03/04/12 Diposkan oleh adi indonesia
34 dari 83
wah
pertanyaanya bagus..
10/04/12 Diposkan oleh sebelas sebelas
35 dari 83
saya tidak percaya adanya manusia purba, karena manusia purba itu tidak pernah ada
11/04/12 Diposkan oleh SiapaAjaBolehhhh
36 dari 83
dalam kitab suci kami di jelaskan bahwa nabi adam AS dan istrinya hawa adalah manusia pertama yg di turunkan alam semesta dan orang tua bagi semua umat manusia, jika benar ada manusia purba mungkin itu adalah keturunan dari darinabi adam AS........ tp dalam kitab suci di jelaskan kl nabi adam AS di turunkan kemuka bumi tanpa benang sehelai pun mungkin benar apa yg di katan teman GTJ kl sebelum nabi adam AS di turunkan itu di sebut kera purba, karnapenelitian penuh dengan kata mungkin..........mungkin itu manusia purba, mungkin itu dinausaurus jadi untukhalnya penelitian itu ilmu alam yg tidak pasti karnahanya sebuah prediksi dari apa" yang di temukan dari sisa" yg ada bukan pasti sedangkan kitab suci yg kita percayai adalah sebuah kepastian.....
13/04/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
37 dari 83
Salam damai sejahtera bagimu
Kalau alkitab menterjemahkan peristiwa 7 hari penciptaan sebagai hari 24 jam tentu saja manusia purba lebih tua dari Adam dan Adam bukan manusia pertama.
Tetapi bila kita menterjemahkan 1 hari penciptaan adalah suatu masa yang lama, tentu saja Adam hidup sebagai manusia purba
07/05/12 Diposkan oleh Rose Ester
38 dari 83
Nabi Adam pernah hidup dengan manusia purba ?
Saya enggak tau. Kalau dipikir secara logika pun belum pasti jawabannya. WALLAHUALAM, Hanya Allah yang tahu.
Di buku IPS kelas 7 sih, Manusia purba itu manusia yang hidup pada zaman prasejarah.
11/05/12 Diposkan oleh Gardena
39 dari 83
Ilmu pengetahuan mustahil bisa bersatu dg ilmu agama,kalau ilmu pengetahuan basisnya adalah penelitian dan kalau ilmu agama basisnya adalah kepercayaan
12/05/12 Diposkan oleh Drajat Wibowo
40 dari 83
Untuk menjawab itu kita harus merenung dan berfikir,apakah ketika Adam turun kebumi sudah bisa bikin api,? sudah bisa bikin gerabah ? sudah bisa bikin besi.Prosesnya berapa lama nabi Adam bisa bikin api, bisa bikin pisau,bisa bikin gerabah dll.
Karena belum bisa bikin api,kira kira makan  tidak dimasak   ( makan daging mentah ) .Tidak bisa bikin besi,tidak punya pisau,bagai mana cara memotong sesuatu ? terpaksa pakai batu yang tajam ! Seiring dengan waktu Tuhan mengilhamkan anak cucu adam ilmu sedikit demi sedikit dan pada akhirnmya  kita mengenal zaman batu yaitu ketika manusia memakai peralatan semua dari batu,zaman besi ketika manusia sudah bisa mengolah besi untuk senjata maupun keperluan lain.Manusia memperoleh ilmu tersebut tidak singkat waktunya,tetapi membuhtuhkan beratus ratus tahun.
Dari gambaran sekilas ini kita bisa menarik benang merah awal kehidupan manusia supaya kita tidak kaget dan malu.terhadap fizik kita dahulu.Sebagai contoh bagai mana kira kira wajah orang yang makan daging mentah, makan tidak dimasak,bagai mana manusia mempertahankan diri dari serangan binatang buas karena tidak punya senjata,terpaksa hidup di goa goa.
15/05/12 Diposkan oleh yoga ismaya
41 dari 83
siapa yg mau like fans page aku, mohooonn banget....
18/05/12 Diposkan oleh Miko Satria D'Kamikaze
42 dari 83
Jawabannya sebenernya simpel..,
yaitu "PERCAYA" dan saya tidak tahu,karena eyangnya eyang saya belum lahir saat itu.. (=_= )"

Anda percaya sama agama..atau..sama darwin??
jika anda percaya pada darwin,brarti anda percaya bahwa anda adalah monyet..
maka kasihan sekali anda..

karena manusia lebih istimewa(gak pake telor) ia memiliki perasaan,akal budi,dan iman..
sedangkan hewan hanya memiliki akal dan sebagian kecil dari perasaan manusia..
walaupun manusia trkadang bisa khilangan perasaannya dan jdi sperti hewan..

So,then.. Tergantung anda percaya yang mana.. ;)
25/05/12 Diposkan oleh 0Zora
43 dari 83
Manusia Purba ada beberapa Ahli mengatakan Percaya / Tidak
walau ku masih bingung ku yakin sama penjelasan orangtuaku
-bahwa manusia bukan kera karena manusia mahluk paling mulia di hadapan Allah


++ Gue mau Bertanya Tambah -------------

Ada yang Bilang Adam Itu manusia Terbesar (100kaki)
kata beberapa sumber
27/05/12 Diposkan oleh Zeromin0
44 dari 83
Saya orang beriman dan saya percaya akan ilmu pengetahuan.
Mengapa......?
Karena semua ilmu di dunia ini hakikatnya adalah ilmu Allah.
Jadi bukan hanya Agama saja,matematika,fisika ,temasuk antropologi.dl.
Mengenai Adam hidup dengan manusia purba,Wallahu'alam.
Tetapi apakah manusia purba itu ada?saya percaya.
Saya hampir sependapat dengan sdr Agil,bahwa Adam dan Manusia purba,adalah dua species berbeda,tetapi masih satu ordo yaitu primata..
Seperti kambing dan domba.
Seperti sapi dan kerbau.
Seperti harimau dan singa.

Kita berasal dari adam,tetapi adam bukan berasal dari monyet.
28/05/12 Diposkan oleh amurgiatno
45 dari 83
Kalau mau lebih tanyasajah sama manusia purbanya...? kita semua tidak tau siapa dan menggapa?
31/05/12 Diposkan oleh Kim Nabil
46 dari 83
makanya bl;ajar.........
04/06/12 Diposkan oleh andratemboks
47 dari 83
sekali lagi, ini teka-teki Tuhan. jika manusia mengetahui semua yang diketahui Tuhan, tentulah semakin menipiskan perbedaan manusia dengan Penciptanya.

untuk bekal di dunia, sebagai ilmu pengetahuan mencapai masa depan kita, ya kita memang harus mempelajari teori manusia purba itu.
namun, apa yang ada di dunia hanya sementara bukan? begitu juga dengan teori Charles Darwin ini.

tentunya, teori ini merupakan keterbatasan pemikiran manusia yang tidak bisa menembus kuasa dan keajaiban Yang Maha Kuasa. keterbatasan pemikiran inilah yang menyebabkan perbedaan antara teori manusia purba dengan firman Tuhan dalam Kitab Suci.

sesuatu hal yang bersifat duniawi tidak akan pernah menembus teka-teki Sang Pencipta. kita sebagai manusia memang merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurnya daripada makhluk hidup lainnya, namun kesempurnaan kita tetap terbatas. akal budi kita masih belum bisa menembus keajaiban-keajaibanNya.

so, percaya atau tidak itu tergantung pribadi masing-masing. jangan sampai teori duniawi ini menghilangkan kepercayaan kita kepada Sang Pencipta ya :)
15/06/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
48 dari 83
tidak, karena cerita nabi Adam datang dari Tuhan tertulis di Kitab suci sedangkan cerita manusia purba berasal dari kesimpulan manusia itu sendiri berdasarkan hasil penelitian dan penemuan fosil dengan keterbatasan pikirannya
02/07/12 Diposkan oleh Rambey Jeruk
49 dari 83
tidak,
karena menurut agama islam nbi adam adalah manusia pertama yang di ciptakan oleh tuhan
tapi menurut pelajaran berbeda lagi,
yang terpenting kita mempeercayai kuasa tuhan
03/07/12 Diposkan oleh mariska ayuningtyas
50 dari 83
Saya setuju dengan pendapat mbah agil dan kuple.

Selain itu, teman-teman tolong berhati-hati dalam menjawab perkara yang teman sekalian belum begitu mengerti solusinya. Apalagi perkara yang berkaitan dengan agama. Salah-salah Anda jawab, urusannya langsung dengan Yang Maha Kuasa.

Kata siapa kebenaran agama tidak dapat diuji ulang kebenarannya. Silakan Anda meneliti kebenaran yang disampaikan dalam Kitab Suci Al Qur'an. Pasti jawaban yang Anda dapatkan akan kembali seperti kebenaran yang disampaikan di Al Qur'an itu sendiri.
04/07/12 Diposkan oleh Ifan Iqbal
51 dari 83
menurut saya itu tdk benar. krna kalau saya membenarkan hal itu maka apa gunanya keyakinan beragama saya. bagi saya manusia purba hanya sebuah teori dari segelintir orang yang tidak sengaja menemukan fosil kera yang mungkin agak mirip manusia lalu berpikir ke arah lain. Dan bagi saya teeori hanya suatu pelajaran sejarah yang penting untuk dipelajari dan bukan sesuatu yang wajib untuk dipercayai dan diyakini, karena Darwin itu bukan Nabi utusan Tuhan. Semoga membantu.
08/07/12 Diposkan oleh Crd
52 dari 83
sifat keturunan makhluk hidup itu tersimpan dalam gen, dan gen itu ada pada kromosom, kromosom kera yang saya tahu ada 24 pasang, sedangkan manusia ada 23 pasang, tiap2 kromosom itu tidak sama subtansinya, untuk terbentuknya spesies baru perlu ada mutasi gen secara besar-besaran yg salah satunya bisa dilakukan dengan dengan bantuan radio aktif, dan mutasi gen oleh alam disebabkan oleh sinar kosmos dan sinar ultraviolet dan sejenisnya.
Pertanyaanya :
1. jika manusia terbentuk oleh mutasi gen oleh alam (sinar kosmos & ultraviolet), cukup besarkah pengaruh mutasi gen oleh alam tsb dapat membentuk spesies baru?
2. jika memang mutasi gen oleh alam tsb cukup besar shg dapat membentuk spesies baru, bagaimana bisa mutasi tanpa ada yg mengatur bisa membentuk spasies super canggih, yg punya nama spesies homo sapiens (manusia)?
3. jika memang manusia hasil mutasi gen secara besar-besaran shg membentuk spesies super super canggih, bukankah mutasi itu ada sesuatu yg mengatur? tentunya dia itu maha tahu, maha pintar, maha bisa, maha berkehendak, dan maha segala-galanya, dialah tuhan!
jadi berasal dari keturunan kera atau bukan, manusia adalah ciptaan tuhan. bukan evolusi secara kebetulan. dan secara pribadi saya masih yakin manusia tercipta oleh tuhan dengan "jadilah" maka adalah adam yg dibuat oleh tuhan dari tanah.
sekian itu sedikit yg saya simpulkan waktu peajaran biologi di SMA, tetapi jika ada ahli biologi yg lebih pintar silahkan diberi saran atau kritik
23/07/12 Diposkan oleh utd
53 dari 83
Setuju pendapat dari Kuple
08/08/12 Diposkan oleh OrangDengklok
54 dari 83
Tidak Manusia purba hanya pembodohan ilmu pengetahuan
11/08/12 Diposkan oleh ABas
55 dari 83
Kunci daripada pertanyaan ini sangatlah mudah.tapi dibutuhkan rasa sabar tingkat tinggi...
Mksud saya adl, seandaianya anda benar2 ingin tahu jawabannya anda harus bersabar...bersabar sampai nanti hari penghakiman tiba...itu pun jika anda ditentukan berhak mendiami SURGA...jadi jika benar2 anda ingin tahu jwban nya,maka mulai dari sekarang...lakukanlah PERINTAHNYA,jauh jauhi pula LARANGANNYA agar nanti anda berhak atas SURGA... karna hanya disitulah kesempatan anda menemukan jawaban atas pertanyaan konyol anda ini...
25/08/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
56 dari 83
manusia tidak adalagi selain adam dan hawa.....manusia purba cuman teori darwin belaka....!!!!
08/09/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
57 dari 83
13/09/12 Diposkan oleh sodonk
58 dari 83
TIDAK ADA MANUASIA LAIN SEBELUM NABI ADAM..
Yang Menyangkal Hal Itu..
Tidak Mengakui Adanya TUHAN. (Dalam Segi Agama)
TIDAK ADA MANUSIA PURBA..(DALAM SEGI ILMU PENGETAHUAN)
Bukan Karena Ditemukan Kerangka Yang Menyerupai Manusia Maka Ditarik Kesimpulan Bahwa Ada Manusia Kera..
Bisa Saja Itu Kera Beneran, Yang Sudah Punah Spesies Nya, Ataupun Masih Ada Sampai Sekarang.
Buktinya, Setelah Ribuan Tahun Berlalu, SIAPA YANG PERNAH MELIHAT ORANG UTAN BEREVOLUSI MENJADI MANUSIA..?????
Itu Hanya Dongeng (Spiderman, Batman, Hulk, Dan Sebagainya)
Nggak Bakalan Terbukti Bro..
INTINYA MANUSIA PURBA ITU TIDAK TERBUKTI.. OKE
15/09/12 Diposkan oleh Muhlis Hitam Putih
59 dari 83
kalo teori evolusi tu bener ada ..
lu udah punya sayap n taring ..
tp lu ada gak dua itu?
29/09/12 Diposkan oleh Ebayi
60 dari 83
sy peternak ayam yang dahulunya cm punya 1 betina dan1 jantan yang keduanya berwarna hitam mulus. skrang anak2nya dah ratusan da yang warna mearh dan cklat. pelajarilah Al-Qur;an InsyaAllah hidayah akan slalu menyertai anda.
30/09/12 Diposkan oleh Kuperman
61 dari 83
ilmu pengetahuan sains tidak dapat kita kaitkan dengan ilmu agama
karena hampir semua ilmu sains tentang manusia bertentangan dengan ilmu agama
jangan dipikirkan nanti kita yang jadi gila karena memikirkannya
21/10/12 Diposkan oleh arya batus
62 dari 83
ass wr wb...menurut Al-Qur'an,yg dsb Adam,beliau ini bukan lah nabi( surat Maryam ayat 58,surat Al-Furqan ayat 31,Al-Hajj 52). Jumlah Adam lebih dari satu  atau paling sedikit sejumlah ras manusia dan Adam yang disebut-sebut didalam  Al-Qur'an adalah Adam yang terhimpun dalam satu garis keturunan dengan nabi Nuh as,kel nabi Ibrahim as dan kel Ali-Imran (surat Ali-Imran ayat 33 dan 34). Adanya Adam kedunia sama dengan adanya nabi Isa as dan adanya semua manusia dimuka bumi,yaitu melalui proses kelahiran(surat Ali-Imran ayat 59 dan surat Ar-Rum ayat 11). Adam dilahirkan oleh makhluk yg serupa dengan manusia(secara wujud sama tapi belum berakal atau belum bisa dsb makhluk berakal/manusia). Adam dan Hawa terlahir sebagai manusia kembar fraternal( Al-Qiyamah ayat 36,37,38 dan 39). Makhluk yang melahirkan Adam dan Hawa inilah yang dilihat oleh malaikat didalam surat Al-Baqarah ayat 30.mkhluk ini belum bisa disebut sebagai manusia karena volume otaknya belum genap 1450cc(vol otak manusia). untuk jelasnya silahkan kunjungi frethariyanto.blogspot.com,mksh,salam kenal dan salam persahabatan,wss...
05/01/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
63 dari 83
"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat : ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi’. Mereka berkata : ‘Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?’. Tuhan berfirman : ‘Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tdak kamu ketahui’."(QS. Al Baqarah (2) : 30)

Allah akan menjadikan Khalifah yang artinya pemimpin. Kalau mau mengangkat seorang pemimpin, pasti karena sudah ada yang mau dipimpin. Karena belum pernah ada kejadian seseorang diangkat menjadi presiden tapi ga ada rakyatnya or presidennya masih nunggu atau malah nyari rakyatnya. Pasti sudah ada rakyat baru diangkat seorang pemimpin.

Pastilah ada manusia sebelumnya yang harus dipimpin oleh Adam, makanya ada diangkat sebagai pemimpin.
26/01/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
64 dari 83
ADAM MEMILIKI UKURAN TUBUH KURANG-LEBIHNYA 30 METER , SEDANGKAN MANUSIA PURBA YG DITEMUKAN TINGGINYA 3 METER LEBIH DIKIT , HEWAN PURBA TERTINGGI HANYA 20 METER LEBIH ? JADI KESIMPULANNYA MEREKA HIDUP BERSAMA TAPI BERADA DITEMPAT YG BERBEDA , BAGAIMANA DENGAN KISAH LEGENDA INDIA ANOMAN YG MEMILIKI RIBUAN TENTARA KERA YG MEMBANGUN JEMBATAN  ??

INI AKAN MENAMBAH STRESS ILMUAN , SEJARAH BISA JADI MITOS, MITOS BISA JADI LEGENDA...!!

PERNIKAHAN SEDARAH MUNGKIN AKAN MERUSAK GENITIKA ..!!
LALU BAGAIMANA KISAH HABIL - KABIL YG AKAN DINIKAHKAN DENGAN SALAH SATU SAUDARI MEREKA , BERARTI DULU GENITIKA SAMA ATAU BEDA BISA2 SAJA  ALLAH MAHA SEGALANYA , JADI ITU MUDAH DI ATUR NAH KALO SEKARANG UDAH GAK BISA DONK KAN ADA HUKUMANNYA.
KETIKA KABIL MEMBUNUH HABIL , KABIL KABUR PADAHAL IA BLM MENIKAH , , , LALU DIA MENIKAH DENGAN SIAPA ? JANGAN2 DIA LAH YG MENIKAH DENGAN MAKHLUK LAIN.

MISALKAN KETIKA DI JAMAN SEBELUMNYA MEMINUM ANGGUR MASIH DI BOLEHKAN TAPI KETIKA DI ZAMAN NABI MUHAMMAD SAW  ANGGUR DIHARAMKAN .. PASTI ADA PENYEBAB ALASAN TERTENTUNYA DONK.

Wallahu A'lam , kebenaran hanya milik Allah , kesalahan datangnya dari pemahaman saya.
15/03/13 Diposkan oleh Maz Pram
65 dari 83
sering kali peradaban yang maju lebih mengandalkan logika sedangkan agama kita sudah memberikan pegangan yang sudah di tentukan dan sulit untuk di cerna memakai logika,dalam berbagai hal kita sebaik nya jangan melibatkan pengetahuan orang barat dengan agama kita karena nanti entah dimana pun itu batas nya pasti akan kelihatan tidak selaras atau tidak nyambung,
30/03/13 Diposkan oleh bayu abdillah
66 dari 83
manusia purba itu tidak ada , dalam al - quran saja manusia pertama di dunia itu nabi adam dan siti hawa .
manusia purba itu cuma karangan orang eropa saja 1
24/05/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
67 dari 83
hanya allah yg tahu
04/06/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
68 dari 83
Sejumlah keberagaman dari Homo dikelompokkan menjadi kategori yang lebih luas yaitu Manusia Purba, berlawanan dengan manusia modern (Homo sapiens), pada periode dimulai dari 500.000 tahun lalu. Kategori-kategori tersebut biasanya mengikutkan Homo heidelbergensis, Homo rhodesiensis, Homo neanderthalensis, dan mungkin juga termasuk Homo antecessor.
Menurut teori Darwin nabi Adam adalah manusia purba.
11/06/13 Diposkan oleh HouwLiong
69 dari 83
Ane dukung aja jawaban yg pertama
02/07/13 Diposkan oleh theguh
70 dari 83
Menarik juga ya 'misteri' ini, seharusnya informasi dari Tuhan pastilah berjalan beriringan dengan sains.

Kemungkinan Nabi Adam as masih menjumpai manusia purba karena belum ada informasi pemusnahan bagi manusia purba secara keseluruhan. Barulah jaman Nabi Nuh as menjadi jelas telah disapu bersihnya manusia purba dengan air bah yang mendunia itu. Karena hanya 8 manusia keturunan Nabi Adam sajalah yang diselamatkan.

Menurut informasi dari ketiga Kitab Samawi dan diurutkan silsilah beserta umur masing-masing Nabi dan Rasul sampai kepada Nabi Adan, Nabi Adam as diturunkan di bumi sekitar 5000 - 4500 SM. Sedangkan manusia purba sudah ada menghuni bumi 200.000 SM. So itu pertanyaan terbesarnya?

So, pendekatannya sih memang manusia purba itu ada sebelum Nabi Adam diturunkan dan pencapaian tertinggi mereka menjadi Homo Sapiens, dan masa kehidupan mereka berakhir secara total paling telat jaman Nabi Nuh as.

Mengenai istialah 'manusia' itu sendiri jelas berbeda, manusia purba itu asli penduduk bumi. Sedangkan Manusia keturunan Nabi Adam as adalah penduduk langit yang diturunkan ke bumi.

Perbedaan lainnya. Kalau manusia purba dipunahkan oleh bumi, sedangkan manusia keturunan Nabi Adam as bisa menghancurkan bumi dengan nuklir.

Manusia purba kemungkinan paling tinggi 2 meter, sedangkan Nabi Adam as tingginya hampir 30 meter. So, mereka bagaikan sekumpulan monyet cerdas bagi Nabi Adam as disaat tiba di bumi ini.

Yang terpenting sampe ngga kita sebagai penduduk langit kembali kelangit, Kalau kembali ketanah ya mikir juga, tapi kalau kembali kebalik tanah  gimana ya? sedangkan dibalik tanah dipenuhi lava pijar, Or neraka gitu deh.
Sampe ngga ya pulang kampung ke langit?
12/08/13 Diposkan oleh Muhammad Octiano Ruslan
71 dari 83
siapakah yang menjadi khalifah ke 5
12/08/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
72 dari 83
jangan hubungkan agama dengan ilmu pengetahuan
ga akan ketemu!
15/08/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
73 dari 83
hahaha,,,
sok tau !
26/08/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
74 dari 83
Tidak Nabi Adam Kan Manusia Pertama
Manusia Purba Itu Manusia Yg Bentuknya Seperti ( Maaf Nih ) Monyet
03/09/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
75 dari 83
Manusia purba adalah manusia yang hidup jutaan tahun
26/11/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
76 dari 83
bagus
25/12/13 Diposkan oleh Putra Bintang
77 dari 83
manusia purba itu hewan. gk sama dg manusia seperti kita
31/12/13 Diposkan oleh shine on
78 dari 83
Kalau dikatakan pernah hidup bersama dengan manusia purba rasanya kurang tepat. Yang dimaksud dengan manusia purba itu sebenarnya sama sekali bukan manusia. Mereka itu sejenis mahluk yang hidup sejaman dengan dinosaurus. Tetapi diakibatkan oleh kegemaran mereka yang saling berperang satu sama lain, mereka segera punah. Mahluk yang non-manusia itu hidup dalam lingkungan sosialnya sendiri yang berbeda dengan lingkungan sosial manusia. Karena itu, seandainya nabi Adam a.s. pernah hidup di masa sebelum punahnya mahluk tersebut, beliau tentu tidak tinggal bersama-sama dengan mereka, melainkan membentuk komunitas manusia tersendiri yang aman dari jangkauan mahluk tersebut.
27/02/14 Diposkan oleh Mas Raden
79 dari 83
Saya terkejut dengan pernyataan Ebayi dan Candra Wiguna. Menurut pendapat saya, kalian ini adalah golongan orang-orang atheis, sekuler, atau komunis. Mudah-mudahan yang membaca lalu mengikuti pendapat kalian adalah para generasi atheis, sekuler, atau komunis.
27/02/14 Diposkan oleh Mas Raden
80 dari 83
manusia purba ada sekitar 800 000 tahun yang lalu, tengkoraknya dapat di lihat di museum geologi Bandung. Nabi Adam hidup sekitar 7000 tahun yang lalu. Jadi nabi Adam tidak pernah hidup bersama manusia purba.
06/03/14 Diposkan oleh HouwLiong
81 dari 83
nabi adam,adalah manusia pertama yang diciptakan Allah dengan tinggi lebih dari 2 meter,jadi ngapain lu pada dengerin darwin yang memalsukan asal manusia melalui teori revolusinya,.ga ada proses monyet jadi manusia,yg ada tu pemalsuan sejarah dengan menggati tulang rahang fosil tsb,di buku karya harun yahya bnyak menjelaskan tentang kebusukan teori material sperti darwin itu,.
06/03/14 Diposkan oleh Belum Ada Nama
82 dari 83
Jangan gampang ketipu ama ajaran agama yg aneh2.
02/04/14 Diposkan oleh Belum Ada Nama
83 dari 83
Intinya adalah Nabi Adam diciptakan sebagai manusia pertama.
Manusia purba juga belum dipastikan ada atau tidaknya.
11/04/14 Diposkan oleh Dimas Rizky Fitra S
Mungkin juga Anda tertarik kepada
Darimanakah asal setan/iblis ??
kenapa manusia ketika diberikan banyak kenikmatan oleh Tuhannya malah sering melupakan kepada Sang Pemberi nikmat itu??
Percayakah Anda pada teori Evolusi? Mengapa?
bagaimana nasib manusia purba yg tidak memiliki keyakinan?
sblm mnsia dicptkn mlaikt brtnya kpd Tuhan, knpa Engkau cptkn mnsia, sdngkn mnsia itu hnya bs mmbuat krskan di mk bumi?!
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan