Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
Bagaimana cara melaksanakan puasa mutih
Masyarakat | Kehidupan 14/10/11 Diposkan oleh ¥4KUz4
Jawaban
1 dari 24
yaitu melaksanakan puasa yang pada saat berbuka dan makan sahur hanya boleh memakan nasi putih dan garam saja
14/10/11 Diposkan oleh Eriztha Bella
2 dari 24
klo stau gw gk ada tuh dlam islam yg nm nya "puasa mutih" yg cuma mkan nasi putih sama garem. itu cuma puasa dri orng2 adat jawa (klo gk slah) dn bukan dri ajaran islam..
14/10/11 Diposkan oleh aRvaNs Site's
3 dari 24
yang yakuz4 tanyakan cara puasa mutihnya gan,bukan soal puasa ajaran agama atau puasa menurut tirakat orang jawa,dan yang saya tulis adalah menurut yang saya ketahui saja.
14/10/11 Diposkan oleh Eriztha Bella
4 dari 24
setuju sama mas arvan’s,
tak ada dlm ajaran islam tentang puasa putih memutih,  itu adalah ajaran dukun2, termasuk dukun pelet.
14/10/11 Diposkan oleh cia hua yu
5 dari 24
@Eriztha Bella : saya ngerti mksud anda, tpi klo anda menjelaskan bgaimana tata cara "puasa mutih" secara gak langsung anda mengajarkan ajaran yg sesat.. jwab lah dengan jawaban yg bijak. :D

sori klo jdi debat disini.. :P
14/10/11 Diposkan oleh aRvaNs Site's
6 dari 24
menurut saya,ajaran orang jawa tak semuanya menyesatkan,karena pelaksanaan agama khususnya dijawa juga tidak lepas dari ajaran jawa,seperti yang diajarkan sunan lalijaga misalnya,islam tak mengajarkan melakukan amal ibadah dengam menyediakan ambengan,karena ambengan sebenarnya ajaran agama hindu,dan buat persembahan pada makluk halus atau yang lainya yang sebenarnya adalah syirik hukumnya,tapi karena alasan tersendiri maka sunan kalijaga memperbolehkan melakukan amalan dengan menyediakan ambengan,dan puasa mutih ini memang ajaran jawa,tapi pada akhirnya dipadukan juga dengan ilmu agama,banyak para ulama yang melakukanya sebagai tirakatan kebatinan,dan kalau saya tak salah pula ada juga diajarkan di dalam kitab kuning seperti kitab mujarobat dhaerobi,yang pengajaranya di pondok pesantren juga,tapi maaf juga saya bukan orang yang begitu mengerti soal agama,dan masih sangat minim,jadi kembalikan saja pada kepercayaan masing''
14/10/11 Diposkan oleh Eriztha Bella
7 dari 24
di kembalikan kepada agama dan kepercayaan masing masing....
14/10/11 Diposkan oleh Diki Budi
8 dari 24
puasa mutih hukum'a bid'ah.
bukan anjuran dan tidak dianjurkan.

intinya bukan makan nasi sama garam klo puasa mutih, tapi ntar pas buka makan nasi putih sama air putih saja.
puasa mutih klo untuk keperluan mencari ilmu kekebalan dll itu termasuk syirik.
tapi jika untuk keperluan kesehatan, itu tidak apa2.. soalnya dalam mutih kita belajar melatih hawa nafsu, emosi.. hanya melakukan kegiatan untuk beribadah kepada Alllah saja..

smoga bermanfaat
^_^
01/07/12 Diposkan oleh Tentara Islam
9 dari 24
hehehehe... aku asli jwa,
puasa muteh itu sbnarny tdk bleh mkan garam n pedas slama bbrapa hari yg d inginkan, jd ngak asal nasi ma air putih tok, klu pd jman pnjajahan dl orang mkan ketela, singkong, krai atau ketimun.
klu mslah sesat ngkny ya trgantung yg mnjalankan, klu puasany d gunakan untuk maling ya sesat, tp klu d gunakan untuk mngobati org skit ya ngk to, sprti ilmu islam cm mungkin yg anda tau hanya mngaji solat brdoa, blum tau ilmu islam yg bsa mnembus alam goib, pokokny trgantung kekuetan iman kita
15/08/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
10 dari 24
Brow..mau tanya neh..
puasa mutih itu ada buka dan sahur juga gk sih ???
19/09/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
11 dari 24
pelaksanaan nya kaya puasa biasa aja. cuman makan nya gak boleh ada unsur hewani atau yg amis amis kaya telur dan daging.

buat temen temen yg lain jangan langsung judge sesat atau jelek, yg bukan dari islam belum tentu jelek atau sesat.

Apabila seseorang telah terbiasa melakukan puasa, getaran tubuh fisik dan eteriknya akan meningkat sehingga seluruh racun,energi negatif dan makhluk eterik negatif yang ada didalam tubuhnya akan keluar dan tubuhnya akan menjadi bersih

memang menyangkut spiritual ini sangat lekat sekali dengan penyimpangan, asal di lakukan dengan niat baik insha Allah di ridhai.

dulu waktu mutih ane niatkan ke Allah buat ngusir mahluk mahluk ashura yang sempat ane piara
22/02/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
12 dari 24
kalo menurut aku yang awan kembali pada diri masing' kalo yg d tanya toh wajib jawab tapi kalo itu toh menyesat kan tergantung dari yg melaksanakan nya yg tau dan allah ,,,kalo di pake buat menyesatkan ya dia juga toh yg tanggung dosa nya... gtu aja kok repot..
06/05/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
13 dari 24
yg di maksud kan selama puasa boleh mkn minum gak..?
misalnya sahurnya jam 6 sore bukanya jam 6 sore juga...!!
>?>pertanyaannya: selama 24 jam itu boleh mkan atau minum tidak..?? atau makan dan minum hanya utk sahut saja..??
>?>dan 1 lagi... klw puasa mutih 3 hari 3 malam itu.. malam nya boleh tdur gak..?
12/05/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
14 dari 24
yg di maksud kan selama puasa boleh mkn minum gak..?
misalnya sahurnya jam 6 sore bukanya jam 6 sore juga...!!
>?>pertanyaannya: selama 24 jam itu boleh mkan atau minum tidak..?? atau makan dan minum hanya utk sahut saja..??
>?>dan 1 lagi... klw puasa mutih 3 hari 3 malam itu.. malam nya boleh tdur gak..?
12/05/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
15 dari 24
bagi orang awam puasa mutih itu memang terdengar aneh dan seperti dukun,,,
tetapi puasa mutih itu tidak sesat, klo org hanya tau ajaran islam dari luarnya saja,,jgn langsung mengatakan sesat...
15/07/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
16 dari 24
cara pelaksanaan puasa mutih tiu macam-macam..ada yg hanya makan nasi putih,air putih dan garam saja..
ada yang tidak boleh makan makanan bernyawa..dan itu pun diikuti dengan doa-doa dan doanya itu harus diizazahkan dari org yg ngasih..lamanya puasa mutih, ada yg 3hari, ada yg 7hari..
itu menurut pengetahuan saya dan saya sendiri sedang menjalankan puasa mutih (dengan tidak makan makanan yg bernyawa)
15/07/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
17 dari 24
Puasa mutih itu puasa yang sahur dan berbukanya hanya makan nasi dan minum air putih saja. jika dilakukan dalam 7 hari, maka mulailah dengan 7 pulukan/kepalan nasi sampai di hari ke 7 hanya 1 pulukan nasi. dianjurkan untuk dilanjut ke puasa ngebleng (tidak makan dan tidak minum selama sehari semalam dimulai  dari stelah berbuka diwaktu maghrib dengan 1 kepal nasi saat hari ke 7, sampai adzan maghrib di hari berikutnya) yang dilakukan dalam ruangan tanpa cahaya. lakukan sholat fardhu dan sunnah malam serta dzikir2 khusus dalam ruangan tersebut selama berpuasa ngebleng. dan intinya adalah lillahita'ala. hanya mengharap ridho ALLAH. karena hakikatnya ibadah adalah segala sesuatu yang dilakakukan manusia yang ditujukan pada ALLAH semata. kegiatan ini biasanya dilakukan oleh orang2 yang ingin ma'rifatulloh.

untuk yang mengaku muslim dan membid'ah kan puasa mutih,apa kamu tahu kitab Al-Qur'an itu Bid'ah? dulu firman ALLAH yang diturunkan pada rosululloh hanya berupa kalimat dan dituliskan di daun atau kulit unta menjadi beberapa mushaf selama Rosululloh hidup. terus setelah rosululloh wafat, mushaf itu dirubah menjadi buku/kitab. bukannya kitab itu bid'ah? kan adanya setelah Rosululloh wafat? hahaha.... :D

Ber-agamalah dengan baik dan benar. jadilah muslim yang menjadikan islam menjadi rahmatan lil'alamin. jangan cuma pintar meniru tapi tidak tau maksudnya. Jangan mengkafirkan orang lain sebelum kita tahu bahwa DIRI kita masih kafir atau atau sudah Islam? tidak pernah melihat ALLAH kok bersaksi Tiada tuhan selain ALLAH? itu munafik namanya... :D
31/08/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
18 dari 24
saudara sekalian ilmu itu luas jangan sempit pemikiran puasa mutih anjuran para aulia bagi yg ingin membersihkan jiwa karnanya jangan kau kotori dengan perdebatan yg cuma berdasarkan ego
19/09/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
19 dari 24
jangan lah hal ini menjadi perdebatan, maka akan panjanglah perdebatan dalam puasa mutih ini,sesat dan tidaknya bukan manusia yg menilai, tergantung niat dan tujuan dari yg melakukan, kita harus ingat jauh sebelum islam masuk ke kerajaan majapahit dan sriwijaya, puasa mutih itu sudah ada,bahkan sudah ada dari sebelum jaman kerajaan tersebut, dan itu bukan kebiasaan orng jawa saja, sedangkan para syekh dan para waliyulloh pernah melakukan puasa mutih.
kesimpulannya, puasa mutih adalah bukan untuk di perdebatkan, silahkan menjalankan jika hati sudah lurus dan mantab, kalau ragu berarti jangan, karena puasa mutih itu sebenarnya tidak untuk dilakukan oleh semua golongan, hanya beberapa golongan saja yang bisa melakukan puasa mutih, kalau mau mencoba-coba ya silahkan, belum tentu anda sanggup
07/11/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
20 dari 24
meluruskan.
semua puasa sama saja yaitu sama-sama menahan nafsu.
jenis puasa yang berbeda bergantung pada hal yang di titik beratkan.
puasa weton sebagai wujud rasa sukur atas dilahirkannya kita di dunia oleh allah.
puasa senen kemis sebagai media agar kita terbiasa melakukan puasa menghadapi puasa ramadhan.
puasa mutih mengajarkan kesederhanaan hidup untuk mencapai kebahagiaan hidup kelak.
dari contoh tersebut memang tidak tercantum secara detail didalam al kitab,melainkan tersirat di setiap ayatnya.
jika sebagian dari anda menganggap ajaran jawa sesat karena kandungan mistisnya dan kekuatan ghaibnya,maka anda perlu mempelajari al kitab dan al hadist lebih dalam.karena sudah jelas bahwa islam-pun mengakui adanya kekuatan dan makhluk ghaib.contoh gampangnya ayat kursi,dsb.
intinya setiap ajaran baik bergantung yang melaksanakan.islam,hindu,budha,kristen,atau kejawen-pun semuanya mengajarkan pada kebaikan.
hidup itu bukan hanya antara manusia dengan tuhan,tapi juga manusia dengan sesamanya.
agama yang paling sempurna-pun manakala pengikutnya menyimpang maka masih lebih baik mereka yang tidak memiliki agama tetapi berperilaku selayaknya manusia.
trimakasih.
23/11/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
21 dari 24
sebenarnya puasa mutih itu tergolong puasa tingkat tinggi, jauh lebih berat dari yang kita kira. kalau kita melakukan puasa mutih dengan nasi putih dan air putih sebagai sahur dan berbuka itu memang benar, tetapi waktu pelaksanaannya tidak sama dengan puasa sehari-hari yang kita kenal. misalnya di waktu puasa mutih, sahur kemudian berbuka setelah maghrib adalah salah, yang benar ialah puasa mutih, sahur kemudian berbuka diwaktu sahur hari berikutnya

jadi kalau kita memulai sahur untuk puasa mutih di hari senin pukul 04:00 berarti kita berbuka dihari selasa pukul 04:00 juga BUKAN di hari senin pada saat maghrib 18:00.

intinya puasa mutih ini dijalankan minimal 24 jam sehari, bukan 12 jam seperti puasa ramadhan. atau senin kamis.
hari pelaksanaannya pun harus ganjil, 1 hari, 3 hari, 5 hari, 7 hari, 9 hari dst. ada juga yang menjalaninya sampai 40 hari yang biasanya diakhiri patigeni.

keberhasilan orang-orang yang rajin puasa mutih biasanya akan memiliki hati yang bening, tidak mudah terbujuk hawa nafsu dan jauh dari pamrih duniawi, karena itu umumnya puasa ini banyak dijalani orang-orang tua sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Kalau hati dan pikiran sudah bening maka Insya Allah akan dijauhkan dari segala macam hawa pikiran negatif berupa amarah, curiga, buruk-sangka dsb. Sehingga diharapkan akan menjalani ibadah dengan khusyuk dan menghadapi berbagai macam masalah duniawi dengan hati yang bening

kalau masih muda seperti kita-kita ini yang gampang tergoda bujug rayu nafsu duniawi kira-kira mampu menjalaninya gak yah? :D
27/11/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
22 dari 24
Puasa mutih adalah berpuasa atau berpantang makan dan minum apa saja kecuali nasi putih dan air putih. Biasanya puasa ini dikenal di lingkungan penganut kejawen dan praktisi supranatural dengan tujuan/kepentingan tertentu seperti mendapatkan Ilmu Gaib, keberhasilan hajat dan lain-lain.
31/12/13 Diposkan oleh Belum Ada Nama
23 dari 24
makan nasi putih dan minum air putih ga boleh lain2 selama 1x24jam, misal puasa mutih selama 3hari jadi makan nasi putih dan minum air putih tiap jam 6 sore saja selama 3hari berturut2, puasa mutih tdk sama dg puasa ramadhan subuh saur dan magrib berbuka.
02/02/14 Diposkan oleh didik hendra
24 dari 24
kepet samah
17/03/14 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Mungkin juga Anda tertarik kepada
bagaimana cara mengatasi kolesterol?
bagaimana cara mengubah ukuran poto ke 250x250 pikel
Bagaimana cara mengatasi hdd pc yang lambat
bagaimana mengaktifkan alerts
bagaimana mengatasi ngompol
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan