Beranda > Pertanyaan
Pertanyaan
bagaimana cara melupakan seseorang ?
Persahabatan | Hubungan Cinta 20/01/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Jawaban
1 dari 20
Bagaimana Cara Melupakan Orang yang Masih Kita Cintai

Cinta, oh cinta. Belum pernah ada yang mampu mendefinisikan kata ini dengan sebenar-benarnya. Itu menurut gw si, hehe. Cinta memang misterius, ga akan pernah bisa di tebak, ga bisa di raba – raba, ga bisa di kira – kira. Kita ga akan pernah bisa merencanakan, kapan kita jatuh cinta, dengan siapa kita jatuh cinta, dan bagaimana cara mengatasinya. Jatuh cinta itu, terkadang sangat indah, terkadang juga sangat menyakitkan, tergantung keadaan, dan tergantung bagaimana kita Menyikapinya. Cinta itu memang membutakan, kita akan melakukan apa aja demi orang yang bener – bener kita cinta. Dan ketika orang yang kita cintai ternyata tidak mempunyai perasaaan yang sama dengan kita, kita pasti akan merasakan luka yang sangat mendalam. Saat itu, kebanyakan dari kita berharap kita ga pernah di lahirkan di dunia ini. Begitu besarnya kekuatan cinta itu sendiri membuat kita sangat sulit untuk melupakan orang yang bener – bener kita cintai. Hmm, melupakan itu sulit, jauh lebih sulit dari memaafkan. Tetapi, kita harus sadar, kehidupan itu harus terus berjalan, dan kita ga boleh jatuh hanya karena seseorang yang kita cintai, pergi meninggalkan luka buat kita. Menurut pengalaman gw sendiri ( karena gw pernah mengalami masa – masa yang sulit dalam hal melupakan seseorang ) kira – kira ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk melupakan seseorang atau bahkan untuk tidak melupakannya sama sekali :

1. Jangan menyimpan luka
Untuk hal yang satu ini, kita harus benar – benar memutuskan, apakah kita benar – benar ingin melupakan seseorang, ataukah kita ingin menjadikannya kenangan seumur hidup kita. Kalau kita memang benar – benar mau melupakan seseorang, jangan sekali – sekali menyimpan segala sesuatu yang akan mengingatkan kita pada orang itu. Photo, video, bahkan barang – barang yang mungkin pernah dia berikan untuk kita, sebaiknya segera disingkirkan. Karena jika kita terus menyimpannya, itu artinya kita menyimpan luka, membiarkan diri kita terus berada dalam bayang – bayang orang itu.
2. Carilah Kesibukan
Kita biasanya selalu teringat dengan seseorang yang telah menyakiti kita, ketika kita sedang berada dalam kekosongan. Biasanya ketika kita tidak sedang melakukan apapun. Maka dari itu, carilah kegiatan yang akan membantu kita untuk tidak mengingat orang yang telah menyakiti kita. Kalau bisa, cari kegiatan berkala, buat diri kita sesibuk mungkin, sehingga untuk makan saja kadang kita lupa, apalagi buat mengingat seseorang yang telah menyakiti kita.
3. Hindari Menyendiri
Ga bisa di pungkiri, pada saat mempunyai masalah, kita terkadang lebih suka menyendiri, ga suka di ganggu. Ubah kebiasaan itu, karena itu ga akan membantu kita untuk melupakan seseorang. Carilah teman sebanyak – banyaknya, pergilah bersenang – senang, carilah teman yang benar – benar bisa mengerti kita.
4. Cari Tempat Baru
Hindarilah pergi ke tempat – tempat yang mengingatkan kita pada dirinya, hindarilah segala sesuatu yang berkaitan dengan dirinya. Pergilah sejauh – jauhnya dari kehidupan yang dia sukai. Janganlah kita mengikuti kegiatan yang diapun menyukai kegiatan tersebut. Cari tempat baru, carilah kegiatan baru dimana kita ga akan pernah mengingatnya lagi. Jangan mendengarkan lagu yang dia suka, jangan menonton film yang dia suka. Hindarilah bertemu langsung dengan dirinya, karena itu akan menyakitkan.
5. Belajar Memaafkan
Belajarlah untuk memaafkan, bagaimanapun sakitnya hati kita, maafkanlah dia, karena dengan memaafkan, niscaya kita akan lebih mudah untuk melupakannya.
6. Bukalah Hatimu
Ini dia, Mungkin adalah hal tersulit yang harus kita lakukan. Cinta itu memang membutakan. Membuat kita takut, takut terjatuh lagi, takut salah. Percayalah, cinta itu ga pernah salah. Memang, apabila kita merasakan cinta yang begitu besar terhadap seseorang, biasanya kita merasa bahwa kita tidak akan pernah mendapatkan perasaan seperti itu, atau bahkan kita tidak pernah mau untuk merasakan perasaan seperti itu. Kita salah, dan kita akan terus terjebak dalam keadaan putus asa yang berlebihan. Sebenarnya, cara inilah yang akhirnya berhasil buat gw. Bukalah hati kita untuk orang lain selain dia, jangan hanya terpaku pada keadaan seakan – akan hanya dialah manusia di dunia ini yang patut kita cintai. Salah besar, karena mungkin di luar sana, ada seseorang yang memang di ciptakan Tuhan untuk kita cintai dan untuk mencintai kita. Jangan pernah takut.
7. Cintailah Tuhan Diatas Segalanya
Ini yang paling sering kita lupakan dalam hidup kita. Tuhan! Yakinlah, dan percayalah, bahwa Tuhan Maha Mengetahui, jauh lebih tahu segalanya di banding kita. Tuhan pasti tahu yang terbaik buat kita, walaupun terkadang berbeda dengan yang kita inginkan. Jangan pernah cinta kita terhadap manusia jauh melebihi cinta kita kepada Tuhan, Yakin bahwa Tuhan sedang memberikan kita cobaan, sedang mengingatkan kita bahwa Dialah yang mempunyai Kuasa atas segala sesuatu.
Selamat mencoba…..

http://sosbud.kompasiana.com/2010/02/25/bagaimana-cara-melupakan-seseorang/
... best regards...
20/01/11 Diposkan oleh andhika arie
2 dari 20
kalo dianya pacar..
caranya:
1. santai dan menikmati hidup ini
2.membuang semua pikiran tentang-nya dan hidup positif
3.keep smileing!

kalo dianya teman
caranya:
1.berteman dengan orang lain yang lebih baik
2.mencari teman baru yang lebih setia

kalo dianya sahabat...















sulit
20/01/11 Diposkan oleh MuTiArA Imoet
3 dari 20
jangan pernah mencoba untuk melupakan seseorang karena semakin kamu berusaha untuk melupakan orang itu justru orang yang ingin kamu lupakan akan terus berusaha dalam pikiranmu..
lebih baik kamu menjalani hidup ini dengan apa adanya dan mengalir..
jangan sia-siakan hidupmu untuk melupakan seseorang..isi hidupmu dengan hal yang positif..
hehe
:)
20/01/11 Diposkan oleh Dahlia
4 dari 20
Berpisah dengan orang yang pernah kita cintai memang sangat menyedihkan. Perasaan menjadi terombang-ambing, emosi menjadi tidak terkendali dan kadangkala tindakan kekerasan dapat dilakukan terhadap orang lain sebagai pelarian rasa sakit.

Namun sebenarnya hal-hal negatif tidak perlu terjadi, asalkan Anda lebih dapat mengontrol emosi serta merenung sejenak. Bahkan mungkin hubungan Anda bersamanya dapat berakhir sebagai teman setelah cinta Anda berdua usai.

Anda perlu tahu, Anda sedang berada dalam situasi putus cinta tahap ke berapa. Apakah sudah pada tahap siap memecahkan barang-barang, atau Anda sudah melakukannya? Atau mungkin Anda masih pada tahap meratapi cinta yang lalu.

Langkah berikutnya tergantung pada tahap apa yang sedang Anda alami. Jika Anda berada dalam tahap siap-siap untuk mengakhiri kisah cinta Anda, lakukanlah. Jangan tunda satu hari pun untuk menyembuhkan lukanya (atau luka Anda). Jika hubungan Anda sudah selesai, terimalah. Meskipun Anda bukan orang yang mengakhirinya, belajarlah dari pengalaman Anda dan cobalah untuk maju.

Apapun kondisi Anda. Akhirnya, tidak penting lagi apa yang dipikirkan orang lain, tetapi apa yang bisa membuat Anda tenang. Dan penting bagi Anda adalah masa-masa di mana Anda lebih memperhatikan diri Anda dibandingkan masa-masa Anda berduka.

Menerima kenyataan bahwa Anda putus adalah sulit, tetapi dengan melakukan hal ini Anda akan pulih lebih cepat dan mudah. Pada masa ini mungkin perasaan Anda bermacam-macam. Bingung, merasa dikhianati atau bimbang adalah sebagian kecil yang bisa disebutkan. Ingatlah Anda cuma kehilangan seorang kekasih. Wajar untuk berduka, bahkan membiarkan diri Anda berduka untuk beberapa saat adalah hal yang wajar.

Setelah masa berduka, sekaranglah waktunya untuk melangkah maju. Hal ini memang lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Tetapi ada cara melakukan ini agar berhasil.

Mencari tahu siapa sebenarnya teman-teman terbaik Anda, kemudian bergabunglah dengan mereka. Keluar dan bersenang-senanglah.

Buatlah daftar tentang hal-hal yang ingin Anda lakukan atau selalu ingin Anda lakukan. Ajak teman dekat Anda. Atau mungkin Anda melakukannya sendiri.

Tetap aktif secara fisik dan mental bisa membantu Anda melupakan mantan pacar. Ini bisa membebaskan pikiran Anda dari situasi yang sedang terjadi dan membantu Anda menatap masa depan.


Hal-hal lain yang mungkin dapat Anda lakukan:


Buang atau sembunyikan foto-foto atau benda-benda yang menyimpan kenangan atau membuat Anda ingat si dia.

Sibukkan diri Anda. Dengan belanja, tentu saja yang benar Anda butuhkan, berolah raga dan lain-lain.

Gunakan waktu untuk berkenalan dengan kegiatan baru atau lingkungan baru.

Lebih aktif melakukan kegiatan keagamaan Anda.

Kencanlah untuk menaikkan lagi kepercayaan diri Anda, tapi jangan asal tabrak.

Pergilah berlibur dengan teman-teman Anda.

Bicarakan perasaan Anda atau suasana hati Anda setelah putus cinta.

Nikmati kesendirian Anda untuk sementara. Anda mungkin akan merasakannya lebih menyenangkan.

Ajak teman wanita atau pria Anda keluar, mungkin sekadar jalan-jalan atau makan.

Dan yang harus Anda ingat, tidak ada sesuatu yang tidak bisa Anda atasi.


Hal terakhir yang harus diingat, tundalah untuk mencari pacar baru. Hubungan baru yang mungkin bisa saja mengobati luka hati Anda, tetapi sebaiknya jangan hanya mengikuti emosi Anda. Ketika akan memasuki hubungan baru, penting bagi Anda untuk benar-benar mengenal orang itu
21/01/11 Diposkan oleh dayat
5 dari 20
isi hari2 kita dgn kegiatan2 positif.....dan banyak konsultasi dngn orang2 d sekitar kita untuk suport yg positif.....
21/01/11 Diposkan oleh tonny esa cahyasatya
6 dari 20
Sepertinya itu susah sekali.
Hampir gak ada cara yg mudah, kecuali kalo mau tabrakan dan akhirnya geger otak.. ada kemungkinan besar ilang ingatan.

Intinya.. untuk melupakan seseorang itu susah sekali, apalagi jika orang tersebut yg kita cintai dan kasih sayang melebihi diri kita sendiri.
24/01/11 Diposkan oleh Syfl42
7 dari 20
jangan berusaha melupakannya, dengan anda berusaha, maka anda akan semakin terus mengingatnya :p
04/03/11 Diposkan oleh anggi
8 dari 20
gampang az.tinggal igat2 hal2 yg pernah menyakiti hati kita dan melukai hti kita.dan keburkan dia dan kelakuan dia yg pernah dilakukan am kita.dan jgn lah skli2 mengingat2 kebaikan dia atau hal2 yg mneynagkan hti kita.wkt am dia dahulu.itu az.slamat mencoba.
20/03/11 Diposkan oleh dania
9 dari 20
ksedihan tidak harus dilupakan, tetapi jadikan sebagai pengalaman dan pelajaran

thank:s
03/04/11 Diposkan oleh santoz
10 dari 20
Otak bukan Harddisk yang bisa diReset dan Dihapus se'enaknya gitu gan_
Otak ini punya system yang lebih Rumit dari Harddisk gan_

lu ngga bisa ngelupain ato ngehapus memori lu tentang sesuatu ato seseorang begitu aja_
Cari kesibukan gan_
ato ngga cari hal laen yang lebih penting dari pada ngelupain seseorang_
masih banyak gan_
20/06/11 Diposkan oleh Abycoy
11 dari 20
maafkan, tapi tidak untuk di lupakan.
02/08/11 Diposkan oleh syafaa
12 dari 20
ya... inget aj gw trus....
hehehe...
03/08/11 Diposkan oleh fergi d'oranje
13 dari 20
tidak ada cara khusus untuk melupakan seseorang, cara gampangnya lakukan kegiatan2 yang membuat kamu sibuk, otomatis secara langsung kamu akan perlahan2 melupakan orang tersebut.
13/08/11 Diposkan oleh Belum Ada Nama
14 dari 20
jangan di lupakan tapi terus diingat,nanti saatnya akan cape sendiri dan baru akan bisa dilupakan..
28/10/11 Diposkan oleh laxana69
15 dari 20
kamu harus berfikir positif jangan terlalu negatif , jangan terlalu memaksakan melupakan seseorang , karena itu bisa membuat kamu stess
21/01/12 Diposkan oleh ade gini aulina lestari
16 dari 20
gampang melepaskan , tapi susah melupakan.
itulah mungkin cinta seperti yg ku alami sekarang.
05/10/12 Diposkan oleh wahyuu
17 dari 20
caranya dengan mencari pengganti yang baru karena dengan adanya yang baru atau pun penggantinya kita akan lebih mudah melupakannya memang tidak gampang untuk langsung berpaling tapi apa salahnya kita mencoba
16/12/12 Diposkan oleh Belum Ada Nama
18 dari 20
Butuh pengalihan fokus pikiran..
02/01/13 Diposkan oleh SeoAndi
19 dari 20
Menyibukkan diri anda melalui segala bentuk kegiatan yang positif.
Menanamkan pikiran bahwa masih ada orang lain yang lebih baik dari dia.
Menghabiskan waktu anda bersama teman-teman terdekat.

Sumber: http://www.initips.com
17/12/13 Diposkan oleh syanhiee berbagi
20 dari 20
udah berusaha ngelupain tp  tetep aja inget, malah semakin berusaha ngelupain semakin inget terus..nempel terus di pikiran capee dee..
04/01/14 Diposkan oleh Belum Ada Nama
Mungkin juga Anda tertarik kepada
gimana sih cara meredakan emosi seseorang..??
Bagaimana meningkatkan Emotional Quality seseorang ?
Kesalahan terbesar apakah yg dilakukan seseorang yang sulit untuk di maafkan dlm suatu hubungan??
sikap apa yg hrus kita lakukan jika kita suka sama seseorang ?
kenapa kalau sayangg seseorang tak mudah buat untuk dilupain ?
Masuk
Lihat Tanya Jawab dalam tampilan: Seluler | Klasik
©2014 Google - Kebijakan Privasi - Bantuan