Menggunakan jaringan aman

Sebaiknya Anda ekstra hati-hati setiap kali online menggunakan jaringan yang tidak Anda ketahui atau percayai - seperti saat menggunakan Wi-Fi gratis di kafe. Penyedia layanan dapat memantau semua lalu lintas di jaringan mereka, dan bisa saja termasuk informasi pribadi Anda.

Namun, jika Anda menggunakan layanan yang mengenkripsi sambungan Anda ke layanan web, ini akan lebih mempersulit seseorang untuk mengintai aktivitas Anda. Secara default, kami mengenkripsi sambungan Gmail antara komputer Anda dan Google - ini membantu melindungi aktivitas Google Anda dari intaian orang lain. Kami juga telah mengatur agar perlindungan ini, yang dikenal sebagai enkripsi SSL per sesi, dijadikan sebagai setelan default ketika Anda masuk ke Google Drive dan banyak layanan lainnya.

Ketika menjelajahi web, periksalah tanda-tanda tentang sambungan Anda dengan situs web.

Pertama, perhatikan bilah alamat di browser Anda untuk melihat apakah URL tampaknya benar. Sebaiknya Anda juga memeriksa dan lihat apakah alamat web dimulai dengan https:// – yang menandakan bahwa sambungan Anda ke situs web dienkripsi dan lebih tahan terhadap gangguan atau intaian. Beberapa browser juga menyertakan ikon gembok pada bilah alamat yang ada di samping https:// untuk mengindikasikan bahwa sambungan dienkripsi dan Anda terhubung dengan lebih aman.

Jika sambungan tidak dienkripsi, maka saat Anda tersambung melalui jaringan Wi-Fi umum, siapa pun yang ada di sekitar Anda dapat memantau informasi yang diberikan antara komputer Anda dan hotspot Wi-Fi. Oleh sebab itu, hindari melakukan kegiatan penting seperti mengakses situs web perbankan atau belanja online melalui jaringan umum.

Jika Anda menggunakan Wi-Fi di rumah, pastikan bahwa Anda menggunakan sandi untuk mengamankan router. Cukup ikuti petunjuk yang diberikan oleh Penyedia Layanan Internet atau pabrikan router untuk menyetel sandi router Anda sendiri, bukan menggunakan sandi default router yang mungkin dapat diketahui oleh penjahat. Jika penjahat dapat mengakses router Anda, mereka dapat mengubah setelan dan mengintai aktivitas online Anda.

Terakhir, sebagai upaya pengamanan tambahan, pastikan Anda mengamankan jaringan Wi-Fi di rumah sehingga tidak dapat digunakan orang lain. Ini berarti Anda perlu menyiapkan sandi untuk melindungi jaringan Wi-Fi - dan layaknya sandi lain yang Anda pilih, pastikan untuk memilih kombinasi angka, huruf, dan simbol yang unik dan panjang sehingga orang lain tidak dapat menebak sandi dengan mudah. Anda harus memilih setelan WPA2 ketika mengonfigurasikan jaringan untuk perlindungan lebih lanjut.

Alat keamanan

Temukan 5 Kiat Top keamanan Google yang didesain untuk menjaga keluarga Anda tetap aman saat online.

Akun Google

Buat Akun Google Anda jadi lebih aman

Anda dapat menambahkan lapisan keamanan tambahan untuk Akun Google Anda dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Jika Anda mengaktifkannya, Google akan mengirimkan kode sandi ke ponsel Anda jika seseorang mencoba masuk ke akun melalui komputer yang tidak dikenal. Artinya, jika seseorang mencuri atau menebak sandi Anda, calon penyerang itu tidak akan bisa masuk ke akun karena mereka tidak memiliki ponsel Anda. Kini Anda dapat melindungi diri dengan sesuatu yang Anda ketahui (sandi) dan sesuatu yang Anda miliki (ponsel).

Pelajari lebih lanjut

Akses setelan Anda dengan mengeklik nama atau foto di pojok kanan lalu mengeklik Akun.

Di bagian atas, klik Keamanan. Dalam kotak Sandi, klik Penyiapan di samping “Verifikasi 2 langkah”.

Lalu, Anda akan melihat panduan langkah demi langkah yang akan membantu Anda melewati proses penyiapan.

Kemudian, Anda akan dibawa kembali ke setelan verifikasi 2 langkah. Tinjau setelan Anda dan tambahkan nomor telepon cadangan.

Selesai! Setelah ini, ketika Anda masuk, Anda akan menerima SMS dengan kode verifikasi.

Chrome

Jelajahi web secara pribadi

Anda dapat menggunakan Mode Penyamaran di browser Chrome pada komputer, tablet, atau ponsel untuk menjelajah web secara pribadi. Dalam Mode Penyamaran, laman yang Anda kunjungi dan file yang Anda unduh tidak tercatat di riwayat unduhan atau penjelajahan Chrome.

Pelajari lebih lanjut

Klik menu Chrome di bilah alat browser → Klik Jendela Penyamaran Baru.

Jendela baru akan terbuka dengan ikon penyamaran di pojok kiri atas. Untuk keluar, cukup tutup jendela.

Akun Google

Atur Akun Google Anda, sesuai selera

Di laman setelan Akun, Anda dapat melihat layanan dan informasi yang dikaitkan dengan Akun Google serta mengubah setelan privasi dan keamanan.

Pelajari lebih lanjut

Akses setelan dengan mengeklik nama atau foto di pojok kanan, lalu klik Akun.

Akun Google

Dapatkan peringatan jika nama Anda muncul di web

Saya di Web dapat membantu Anda memahami dan mengelola apa yang dilihat orang lain saat mereka menulusuri Anda di Google. Hal ini membantu Anda menyiapkan Google Alerts sehingga Anda dapat memantau jika informasi tentang diri Anda muncul secara online, dan Google Alerts akan secara otomatis menyarankan beberapa istilah penelusuran yang mungkin ingin Anda ikuti.

Pelajari lebih lanjut

Masuk ke Akun Google dan bernavigasilah ke bagian “Saya di Web”.

Klik Kelola Lansiran Web saya, lalu klik tombol merah untuk membuat lansiran.

Nama Anda akan muncul dalam bidang teks. Klik bidang teks untuk menampilkan lansiran lain yang disarankan.

Klik Tambahkan untuk menambahkan lansiran. Klik ikon pensil untuk mengedit dan ikon sampah untuk menghapusnya.

Pilih frekuensi lansiran di tarik-turun “Seberapa sering”.

Akun Google

Kelola data yang tersimpan di Akun Google Anda

Dasbor Google menunjukkan apa yang tersimpan di Akun Google Anda dan memberikan ikhtisar beberapa aktivitas baru akun. Dari satu lokasi pusat, dengan mudah Anda dapat melihat data dan aktivitas, serta mengakses setelan untuk layanan seperti Blogger, Kalender, Dokumen, Google+, dan banyak lainnya.

Pelajari lebih lanjut

Kunjungi Dasbor untuk melihat ringkasan data yang terkait dengan Akun Google Anda dan mengelola setelan pribadi.

Dari sini, lihat dan kelola data yang tersimpan di Akun Google Anda.

Lihat alat keamanan lainnya