Cegah pencurian identitas

Sama seperti perampok dan pencuri, penjahat dunia maya memiliki berbagai cara untuk mencuri uang dan informasi pribadi. Seperti halnya Anda tidak akan memberikan kunci rumah ke perampok, pastikan Anda melindungi diri dari penipuan dan pencurian identitas online. Ketahui trik umum yang digunakan penjahat untuk membantu Anda melindungi diri dari penipuan online dan pencurian identitas. Berikut beberapa kiat sederhana.

Jangan membalas jika Anda melihat email, pesan instan, atau laman web mencurigakan yang meminta informasi pribadi atau keuangan

Selalu waspada terhadap pesan atau situs apa pun yang meminta informasi pribadi, atau pesan yang mengarahkan Anda ke laman web asing yang meminta detail berikut:

  • Nama pengguna
  • Sandi
  • Nomor Jaminan Sosial
  • Nomor rekening bank
  • PIN (Nomor Identifikasi Pribadi)
  • Nomor kartu kredit lengkap
  • Nama gadis ibu Anda
  • Ulang tahun Anda

Jangan mengisi formulir atau layar info masuk apa pun yang mungkin tertaut dari pesan semacam itu. Jika seseorang yang mencurigakan meminta Anda mengisi formulir dengan informasi pribadi, jangan tergoda untuk mengisinya. Walaupun tidak menekan tombol “kirim”, Anda bisa jadi masih mengirimkan informasi ke pencuri identitas jika Anda mulai memasukkan data ke formulir itu.

Jika melihat pesan dari seseorang yang Anda kenal tapi tidak tampak seperti mereka, mungkin akun kenalan Anda telah disusupi oleh penjahat dunia maya yang mencoba mendapatkan uang atau informasi dari Anda – jadi, berhati-hatilah saat menanggapinya. Taktik yang sering digunakan misalnya meminta Anda untuk segera mengirimkan uang, mengaku terdampar di negara lain, atau mengatakan bahwa ponselnya dicuri sehingga mereka tidak dapat dihubungi. Pesan tersebut mungkin juga meminta Anda mengeklik tautan untuk melihat gambar, artikel, atau video yang sebenarnya mengarahkan Anda ke situs yang mungkin mencuri informasi – jadi, pikirkanlah sebelum mengeklik!

Jangan pernah memasukkan sandi apabila Anda membuka suatu situs dengan mengikuti tautan di email atau obrolan yang tidak Anda percayai

Meskipun menurut Anda itu adalah situs yang dipercaya, misalnya bank Anda, lebih baik bukalah situs secara langsung menggunakan bookmark atau mengetikkan alamatnya di browser.

Jangan mengirimkan sandi Anda melalui email dan jangan memberitahukannya ke orang lain

Sandi adalah kunci menuju akun dan layanan online Anda, dan sama seperti di kehidupan nyata, Anda harus berhati-hati dalam memberikan kunci. Situs dan layanan yang sah tidak akan meminta Anda mengirimkan sandi melalui email, jadi jangan menanggapi apabila Anda mendapatkan permintaan sandi untuk situs online.

Karena sandi sangat penting, Anda harus mempertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk memberitahukannya kepada orang lain – bahkan kepada teman dan keluarga. Ketika Anda berbagi sandi, ada risiko lebih besar bahwa seseorang mungkin menyalahgunakan akun Anda dengan mengakses informasi yang tidak Anda kehendaki atau menggunakan akun dengan cara yang tidak Anda sukai. Contohnya, jika Anda berbagi sandi email dengan seseorang, dia mungkin membaca email pribadi Anda, mencoba menggunakan akun email untuk mengakses layanan online lain yang mungkin Anda gunakan, seperti situs sosial atau perbankan, atau menggunakan akun untuk meniru Anda. Yang terakhir, apabila Anda berbagi sandi dengan seseorang, Anda bergantung pada mereka untuk menjaga keamanan sandi; mereka mungkin saja memberitahukannya ke orang lain, baik dengan disengaja maupun tidak.

Waspadalah ketika diminta masuk secara online

Periksalah tanda-tanda mengenai sambungan Anda dengan situs web.

Pertama, perhatikan bilah alamat di browser Anda untuk melihat apakah URL tampaknya benar. Sebaiknya Anda juga memeriksa dan lihat apakah alamat web dimulai dengan https:// – yang menandakan bahwa sambungan Anda ke situs web dienkripsi dan lebih tahan terhadap gangguan atau intaian. Beberapa browser juga menyertakan ikon gembok pada bilah alamat yang ada di samping https:// untuk mengindikasikan bahwa sambungan dienkripsi dan Anda terhubung dengan lebih aman.

Melaporkan scam dan email mencurigakan

Sebagian besar penyedia email, termasuk Gmail, memungkinkan Anda melakukan hal ini. Dengan melaporkan pesan mencurigakan di Gmail, Anda membantu kami memblokir pengguna tersebut agar tidak dapat lagi mengirimkan email kepada Anda dan membantu tim penyalahgunaan kami untuk menghentikan serangan serupa.