Pertanyaan umum

Apakah IPv4 dan IPv6 itu?

IPv4 adalah versi Protokol Internet saat ini, yaitu sistem identifikasi yang digunakan internet untuk mengirimkan informasi antar-perangkat. Sistem ini menentukan kelompok empat angka (masing-masing memiliki rentang antara 0 hingga 255) untuk setiap perangkat. IPv4 hanya memungkinkan sekitar 4 miliar alamat dan internet memerlukan lebih banyak dari itu. IPv6 adalah Protokol Internet versi baru dan memperluas jumlah alamat yang tersedia hingga hampir tak terbatas–340 triliun triliun triliun alamat.

Mengapa IPv6 penting?

Internet kehabisan alamat IPv4. Beralih ke IPv6 membuat internet dapat terus berkembang serta memungkinkan dikembangkannya layanan yang inovatif dan baru karena lebih banyak perangkat yang dapat tersambung ke internet.

Apakah alamat IP itu?

Sama seperti nomor telepon yang membantu Anda berkomunikasi dengan telepon lain, alamat IP (singkatan dari alamat Internet Protokol) diberikan pada komputer Anda sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan situs web, layanan internet, dan perangkat lainnya. Alamat IP adalah angka yang ditampilkan dalam bentuk rangkaian huruf atau angka, misalnya 192.0.2.1 (untuk IPv4) dan 2001:db8::1234:ace:6006:1e (untuk IPv6).

Apa Peluncuran IPv6 Sedunia itu?

Peluncuran IPv6 Sedunia pada tanggal 6 Juni 2012 yang diselenggarakan oleh Internet Society merupakan hari saat situs web besar dan Penyedia Layanan Internet (ISP) yang berpartisipasi mengaktifkan IPv6 secara permanen dan memulai peralihan dari IPv4.

Apakah saya akan melihat perbedaan? Perlukah saya menyiapkan sesuatu?

Anda tidak perlu menyiapkan apa pun untuk IPv6; aplikasi dan perangkat Anda akan bekerja seperti sebelumnya. Perubahan ini adalah untuk memastikan bahwa Anda tetap dapat menggunakan internet di masa depan, seperti saat ini.

Berapa lama peralihan ini akan berlangsung?

Peralihan penuh dari IPv4 ke IPv6 akan memakan waktu, pasalnya setiap situs web dan Penyedia Layanan Internet harus menjalankan peralihan tersebut. Sementara itu, kedua sistem akan bekerja bersama hingga IPv4 tidak lagi diperlukan.

Apakah Anda akan menonaktifkan IPv4?

Tidak, layanan IPv4 akan terus beroperasi seperti biasa.

Apakah saya sudah memiliki IPv6?

Anda mungkin sudah menggunakan IPv6, kunjungi ipv6test.google.com untuk memeriksanya. Banyak perangkat yang Anda gunakan sudah mendukung IPv6; namun, situs web yang Anda kunjungi dan Penyedia Layanan Internet Anda harus mengaktifkan IPv6 terlebih dahulu sebelum Anda dapat menggunakannya.

Saya belum memiliki IPv6. Bagaimana cara mendapatkannya?

Banyak situs web besar dan Penyedia Layanan Internet yang kini mendukung IPv6, namun masih banyak juga lainnya yang perlu melakukan peralihan. Jika Anda ingin menggunakan IPv6, hubungi Penyedia Layanan Internet Anda untuk memintanya memberikan akses internet IPv6 kepada Anda. Anda mungkin juga perlu mengaktikan IPv6 pada router rumah Anda atau meningkatkan versi ke router rumah yang mendukung IPv6. Untuk daftar pabrik router rumah yang mendukung IPv6, mulai dari sini.

Apakah sebelumnya ada IPv5?

Versi 5 telah diberikan untuk Internet Stream Protocol yang dikembangkan sebelum IPv6–versi ini tidak pernah digunakan secara luas dan tidak akan digunakan untuk publik.