Dasar-dasar keamanan keluarga

Untuk orang tua yang sibuk, berikut adalah beberapa saran singkat tentang cara menjaga keamanan keluarga saat online.

  1. Bicarakan tentang keamanan online dengan keluarga Anda. Jelaskan harapan dan aturan keluarga Anda seputar teknologi, serta konsekuensi jika teknologi tidak digunakan dengan semestinya. Dan yang paling penting, pastikan mereka merasa cukup nyaman saat meminta bimbingan ketika menghadapi keputusan yang sulit. Hal ini dapat membantu keluarga Anda merasa cukup nyaman saat menjelajahi internet sendirian, dan mengerti kepada siapa harus bertanya—Anda—saat mereka memiliki pertanyaan.
  2. Gunakan teknologi bersama-sama. Ini merupakan cara yang bagus untuk mengajarkan tentang keamanan saat online, dan memberikan kesempatan kepada Anda untuk membahas topik keamanan saat online dengan keluarga Anda ketika topik itu muncul.
  3. Diskusikan tentang situs dan layanan online. Bicarakan dengan keluarga Anda tentang jenis situs yang suka dikunjungi dan yang sesuai bagi setiap anggota keluarga.
  4. Sandi perlindungan. Bantu keluarga Anda mempelajari cara menyetel sandi yang aman saat online. Ingatkan keluarga Anda agar tidak memberikan sandi, kecuali kepada orang yang tepercaya, misalnya orang tua. Pastikan agar mereka membiasakan diri untuk keluar dari akun online saat menggunakan komputer umum di sekolah, kafe, atau perpustakaan.
  5. Gunakan setelan privasi dan kontrol berbagi. Ada banyak situs untuk berbagi ide, foto, video, memperbarui status, dan lainnya. Banyak di antara layanan ini yang menawarkan setelan privasi dan kontrol guna membantu Anda menentukan siapa yang dapat melihat konten sebelum diposkan. Bicarakan dengan keluarga Anda tentang hal yang sebaiknya dibagikan secara publik dan tidak. Bantu mereka menghargai privasi orang lain dengan menjaga kerahasiaan detail pribadi tentang keluarga dan teman, serta dengan tidak mengidentifikasi orang lain menggunakan namanya di konten yang dibagikan secara publik.
  6. Periksa batasan umur: Banyak layanan online - termasuk Google - memiliki batasan umur yang membatasi orang lain untuk dapat menggunakannya. Misalnya, Anda harus memenuhi persyaratan umur agar dapat memiliki akun Google, dan beberapa produk Google dibatasi untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas. Selalu periksa persyaratan penggunaan situs web sebelum mengizinkan anak Anda mendaftar ke suatu akun, dan jelaskan kepadanya bahwa ada peraturan keluarga mengenai situs dan layanan mana saja yang dapat digunakan.
  7. Ajarkan keluarga Anda tentang berkomunikasi secara bertanggung jawab. Berikut adalah kaidah yang bagus: jika Anda tidak akan mengatakannya saat bertatap muka, jangan mengirim SMS, email, pesan singkat, atau mengeposkannya sebagai komentar di laman seseorang. Membicarakan tentang cara berkomunikasi saat online mungkin dapat membuat orang lain merasa, dan memahami, pedoman keluarga tentang jenis komunikasi yang sesuai.
  8. Bicarakan dengan orang dewasa lainnya. Berbincang-bincanglah dengan teman, keluarga besar, guru, pelatih, dan konselor. Orang tua lain dan profesional yang bekerja dengan anak dapat menjadi sumber yang bagus untuk membantu menentukan hal yang tepat bagi keluarga Anda, khususnya jika Anda berurusan dengan area teknologi yang asing bagi Anda.
  9. Lindungi komputer dan identitas Anda. Gunakan perangkat lunak antivirus dan perbarui secara reguler, kecuali Anda memiliki Chromebook, yang tidak memerlukan perangkat lunak antivirus. Bicarakan dengan keluarga Anda tentang jenis informasi pribadi – seperti nomor jaminan sosial, nomor telepon, atau alamat rumah – yang seharusnya tidak diposkan secara online. Ajarkan kepada keluarga Anda agar tidak menerima file atau membuka lampiran email dari orang yang tidak dikenal.
  10. Pertahankanlah. Menjaga keamanan bukanlah hal yang cukup dilakukan satu kali—teknologi terus berkembang, begitu juga dengan kebutuhan keluarga Anda. Pastikan Anda tidak berhenti berkomunikasi dengan keluarga tentang hal ini. Susun kembali peraturan dasar keluarga, periksa perkembangan setiap orang, dan luangkan waktu untuk membicarakannya secara berkala.

Saran dari mitra kami

Internet Sehat Aman

Jika di rumah kita ada anak di bawah umur, gunakan Internet bersama dengan anggota keluarga lain yang lebih dewasa. Tempatkan komputer di ruang keluarga atau di tempat yang mudah diawasi oleh kita. Jika diperlukan, berilah penjadwalan/pembatasan waktu untuk anak dalam menggunakan internet.

Berikan pengertian kepada seluruh anggota keluarga untuk tidak menanggapi/menjawab setiap e-mail ataupun chatting pribadi dari orang yang tidak dikenal, termasuk tidak membuka file kiriman (lampiran) dari siapa pun dan dalam bentuk apapun.

Alat keamanan

Temukan 5 Kiat Top keamanan Google yang didesain untuk membantu menjaga keamanan keluarga Anda saat online.

Google Play

Gunakan Kontrol orang tua untuk memfilter aplikasi berdasarkan rating konten

Anda dapat menggunakan Kontrol orang tua untuk membatasi konten yang dapat diunduh atau dibeli di Google Play. Hal ini memungkinkan Anda menemukan konten yang sesuai untuk Anda dan keluarga.

Pelajari lebih lanjut

Buka aplikasi Play Store di perangkat Anda.

Di pojok kiri atas, ketuk ikon Menu.

Ketuk Setelan.

Ketuk Kontrol orang tua.

Aktifkan Kontrol orang tua.

Buat PIN.

Sentuh Apps & Game.

Pilih tingkat kedewasaan.

YouTube

Setel filter untuk mencegah konten yang tidak pantas

Jika Anda tidak ingin melihat konten dewasa atau yang dibatasi umur saat menjelajahi YouTube, gulir ke bagian bawah laman YouTube dan aktifkan Mode Perlindungan. Ini akan membantu memfilter konten yang berpotensi tidak menyenangkan dari penelusuran, video terkait, daftar putar, acara, dan film.

Pelajari lebih lanjut

Gulir ke bawah laman YouTube dan klik menu tarik-turun di bagian “Keamanan”.

Pilih opsi Aktifkan atau Nonaktifkan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Mode Perlindungan.

Untuk mengunci setelan ini, masuk ke Akun Google Anda.

Setelah masuk, Anda akan memiliki opsi untuk mengunci setelan ini.

Chrome

Kontrol hal yang dilihat oleh keluarga Anda di Web

Jika Anda ingin mengontrol situs yang dapat dikunjungi keluarga di internet, Anda dapat memakai setelan Pengguna yang Dilindungi di Google Chrome. Dengan Pengguna yang Dilindungi, Anda dapat melihat laman yang telah dikunjungi pengguna dan memblokir situs yang seharusnya tidak dilihat oleh pengguna.

Pelajari lebih lanjut

Untuk menyiapkan pengguna yang dilindungi di Chromebook, mulai di layar masuk utama dan klik Tambahkan pengguna.

Di sebelah kanan layar, pilih Buat pengguna yang dilindungi.

Klik Buat pengguna yang dilindungi.

Masuk ke akun yang akan digunakan untuk mengelola pengguna yang dilindungi, lalu klik Selanjutnya.

Pilih nama pengguna, sandi, dan foto untuk pengguna yang dilindungi. Klik Selanjutnya.

Android

Batasi akses untuk aplikasi dan game yang disetujui

Ingin berbagi tablet Anda tanpa berbagi semua barang Anda? Di tablet yang menjalankan sistem operasi Android versi 4.3 dan yang lebih baru, Anda dapat membuat profil terbatas guna membatasi akses pengguna lain terhadap fitur atau konten yang ada di tablet Anda.

Pelajari lebih lanjut

Jika Anda pemilik tablet, sentuh Setelan → Pengguna → Tambahkan pengguna atau profil.

Sentuh Profil yang dibatasi → Profil baru, lalu beri nama profil.

Gunakan setelan dan pengalih AKTIF/NONAKTIF untuk mengelola akses ke fitur, setelan, dan aplikasi.

Tekan tombol Daya untuk kembali ke layar kunci, lalu sentuh ikon profil baru.

Setelah semuanya siap, layar Utama akan kosong. Sentuh ikon Semua Aplikasi untuk memulai profil baru.

Lihat alat keamanan lainnya