Hanya bagikan informasi pribadi kepada yang perlu tahu saja

Tidak semua pesan harus diberitahukan ke semua orang. Penting untuk berpikir sebelum Anda membagikan sesuatu karena konten yang bersifat publik dapat disalin, dibagikan kembali, dan disebarkan ke seluruh web oleh siapa pun yang menemukannya. Bicarakanlah kepada keluarga Anda mengenai cara melindungi informasi pribadi saat online, lalu bantu mereka untuk membagikan informasi yang diinginkan dan melindungi informasi yang tidak ingin dibagikan. Beberapa layanan, seperti Google+, memiliki setelan berbagi yang lebih ketat untuk pengguna remaja dibandingkan pengguna dewasa, tapi ada banyak layanan lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap anggota keluarga. Bicarakanlah dengan keluarga Anda mengenai jenis informasi mana saja yang dapat dibagikan secara publik, mana yang mungkin lebih baik hanya dibagikan kepada beberapa teman dekat, dan mana yang harus tetap bersifat pribadi.

Saran dari mitra kami

Internet Sehat Aman

Pertegaslah kepada siapa pun yang menggunakan internet di rumah kita untuk tidak memberikan data pribadi/keluarga, alamat rumah/sekolah, nomor telepon, tanggal lahir, sandi, dan data diri lainnya kepada orang yang tak dikenal, ataupun saat mengisi informasi data diri di situs personal, blog maupun situs lainnya di Internet semisal friendster.com, myspace.com, facebook.com atau lain sebagainya.

Alat keamanan

Temukan alat keamanan Google yang didesain untuk membantu keluarga Anda memantau reputasi online mereka.

YouTube

Mengelola Komentar YouTube

Jika seseorang menulis konten yang tidak Anda sukai di video atau Saluran, Anda dapat memblokirnya di YouTube. Artinya, mereka tidak dapat berkomentar di video Anda atau mengirim pesan pribadi kepada Anda.

Pelajari lebih lanjut

Untuk memblokir seseorang di YouTube, kunjungi laman Saluran mereka, yang semestinya memiliki URL yang mirip dengan www.youtube.com/user/NAME.

Di tab “Tentang”, klik ikon bendera.

Terakhir, klik blokir pengguna.

YouTube

Bagikan video hanya kepada pemirsa yang tepat

Baik Anda ingin membuat agar video tetap pribadi, membagikannya dengan beberapa teman, maupun merilisnya ke semua orang, ada setelan privasi untuk Anda. Di YouTube, video disetel untuk “Publik” secara default, namun Anda dapat dengan mudah mengubah setelannya di “Setelan Privasi” saat mengupload video. Jika nanti Anda berubah pikiran, Anda dapat mengubah privasi video yang telah diupload.

Pelajari lebih lanjut

Untuk mengubah Setelan Privasi, kunjungi Pengelola Video Anda.

Temukan video yang ingin Anda ubah, lalu klik tombol Edit.

Buka menu tarik-turun “Setelan Privasi”.

Pilih Publik untuk berbagi dengan semua orang, Tidak tercantum untuk berbagi dengan pengguna yang memiliki tautan ke video, atau Pribadi untuk berbagi dengan penguna tertentu.

Klik Simpan perubahan.

Google+

Hentikan komentar atau tag yang tidak diinginkan

Jika Anda tidak ingin melihat pos seseorang di Google+, Anda dapat memblokirnya dengan membuka profil orang tersebut dan memilih Laporkan/blokir [nama orang]. Anda juga dapat menonaktifkan pos tertentu agar tidak melihatnya lagi di aliran Anda.

Pelajari lebih lanjut

Untuk memblokir seseorang di desktop, buka profil mereka.

Di bagian profil, klik Laporkan/blokir [nama orang].

Konfirmasi bahwa Anda ingin memblokir orang tersebut.

Google+

Pilih pembaruan milik siapa yang dapat Anda lihat di arus

Bagaimana jika ada orang yang menambahkan Anda ke lingkarannya, tetapi Anda tidak berminat berinteraksi dengan mereka? Jika Anda tidak ingin memblokir mereka, sebagai gantinya Anda dapat menyisihkannya. Jika Anda menyisihkan pengguna, Anda tidak akan menerima notifikasi dari mereka atau laman yang mereka buat.

Pelajari lebih lanjut

Buka Google+.

Buka profil/laman seseorang.

Klik tanda panah di bawah info dan foto profil mereka.

Pilih “Nonaktifkan [orang/laman]”.

YouTube

Kontrol komentar orang lain di video Anda

Memoderasi komentar di saluran YouTube Anda sangatlah mudah. Anda dapat memilih untuk menghapus komentar, atau menunda komentar dari orang dan dengan kata kunci tertentu agar tidak dipublikasikan sebelum Anda meninjaunya.

Pelajari lebih lanjut

Untuk memoderasi komentar, klik tanda panah di kanan atas komentar untuk melihat opsi.

Klik Hapus untuk menghapus komentar dari YouTube.

Atau, klik Cekal dari saluran untuk memblokir pengguna yang mengeposkan komentar di video dan saluran Anda.

Di Setelan Komentar, Anda dapat mengharuskan persetujuan untuk semua komentar baru sebelum diposkan atau menonaktifkan komentar.

Setelan Komentar memungkinkan Anda menyetel filter untuk orang yang memberi komentar di saluran Anda. Selain itu, Anda dapat memblokir komentar yang mengandung kata tertentu.

Lihat alat keamanan lainnya