Keamanan belanja online

Semakin banyak belanja dilakukan secara online. Google membantu pelanggan menemukan produk dengan berbagai cara, dan meski kami tidak mengontrol konten di Web, kami ingin membantu pelanggan belanja online dengan aman. Sebagian besar transaksi online dilakukan tanpa ada masalah, namun dalam beberapa kasus terdapat risiko, itulah sebabnya kami membuat laman ini yang dilengkapi kiat serta alat yang berguna yang dapat digunakan saat belanja online.

Kiat Keamanan

  • Jika tampak terlalu indah untuk menjadi nyata…: biasanya itu tidak benar. Bandingkan harga yang Anda lihat dengan barang di tempat lain. Jika harganya jauh berbeda, berhati-hatilah - pastikan Anda meneliti penjual dan ajukan pertanyaan tentang kondisi barang tersebut. Jika situs menawarkan produk dengan diskon besar, berisi susunan kata yang buruk, terdapat ejaan yang salah, dan menggunakan kualitas gambar yang buruk untuk situs resmi pemilik merek, kemungkinan situs tersebut menjual produk palsu. Berhati-hatilah, terkadang situs yang menjual produk palsu meniru situs pemilik merek dengan mencontoh tata letak serta menggunakan gambar yang serupa atau menggunakan nama domain yang menggabungkan merek.

  • Teliti penjual tak dikenal: Jika Anda belum pernah belanja dari suatu pedagang sebelumnya, periksa terlebih dahulu untuk memastikan keabsahannya. Misalnya, pelajari lebih lanjut tentang riwayat bisnis dan lakukan penelitian ulasan web dari pembeli lain yang memiliki pengalaman dengan penjual. Pedagang yang sah seharusnya menyediakan informasi kontak yang dapat dirujuk apabila ada pertanyaan atau masalah dengan transaksi Anda, yang dapat meliputi alamat fisik, nomor telepon kontak, atau alamat email. Banyak situs yang menjual produk palsu akan memiliki URL yang terlihat resmi, yang dapat meliputi frasa seperti diskon[merek].com atau [merek] resmi.com. Memeriksa Seluruh rekaman situs adalah suatu cara yang dapat mengungkap pemilik domain.

  • Gunakan metode pembayaran dengan perlindungan pembeli: Dalam banyak kasus, perusahaan kartu kredit membatasi kecenderungan pembelian online untuk menghindari penipuan. Beberapa sistem pembayaran online tidak membagikan nomor kartu kredit lengkap Anda kepada penjual guna memberikan perlindungan ekstra.

  • Baca catatan kakinya: Sebelum membeli, pastikan Anda tidak asing dengan pengiriman, garansi, dan kebijakan pengembalian penjual. Beberapa toko menawarkan pengembalian dana penuh, sementara yang lain mengenakan biaya proses pengembalian dan hanya memberikan kredit toko.

  • Simpan rekaman transaksi: Memiliki salinan digital atau cetak untuk transaksi yang besar dapat membantu jika Anda perlu melakukan pengembalian atau menggugat tagihan tidak sah yang dilakukan terhadap akun Anda.

  • Hindari situs yang diretas dan perhatikan bilah alamat browser. Jika Anda mengeklik tautan dan langsung dialihkan, situs tersebut mungkin telah diretas dan berisi perangkat lunak perusak. Perangkat lunak perusak, seperti virus, worm, dan Trojan horse, dapat memasang perangkat lunak tak diinginkan di komputer Anda secara diam-diam. Beberapa situs yang diretas tidak otomatis mengalihkan Anda ke laman lain, namun dapat berisi konten yang tidak relevan dan berisi spam pada lamannya. Suatu cara untuk tetap waspada adalah dengan memperhatikan bilah alamat guna memastikan tautan yang Anda klik membawa Anda ke situs yang dimaksud.

  • Ketikkan alamat web yang sensitif ke bilah alamat browser: Jangan menavigasi ke akun yang sensitif dengan mengeklik tautan atau menyalin dan menempel alamat tersebut. Sebagai gantinya, ketik alamat web secara manual. Namun, pastikan Anda memasukkan alamat yang tepat; beberapa situs dengan URL palsu tampak persis seperti situs asli, namun disetel untuk menyadap informasi akun Anda.

  • Hindari memasukkan informasi pribadi di situs mencurigakan. Jika situs meminta informasi pribadi di luar yang diperlukan untuk membeli produk atau menerima layanan (misalnya, informasi akun bank, jawaban pertanyaan keamanan, atau sandi) yang tampak mencurigakan seperti jenis pertanyaan tersebut, mungkin itu adalah suatu usaha phishing. Beberapa situs mungkin merupakan salinan karbon dari situs resmi, termasuk logo dan teks, namun disiapkan oleh penipu dengan tujuan semata-mata untuk mendapatkan informasi pribadi Anda. Berikut beberapa kiat menghindari dan melaporkan situs phishing.

  • Pastikan sandi Anda cukup rumit: Jangan menggunakan sandi yang sama pada banyak akun, dan ingatlah untuk mengubah sandi secara rutin, khususnya jika merasa akun Anda berisiko. Periksa kiat selengkapnya tentang cara memilih sandi yang cerdas.

  • Kirimkan informasi hanya melalui sambungan yang aman: Cari sambungan https:// di bilah alamat (dan ikon gembok di bilah alamat jika Anda menggunakan Google Chrome atau Internet Explorer) saat melakukan transmisi informasi sensitif seperti kartu kredit atau nomor rekening bank. Saat mengakses akun keuangan, periksa apakah situs web memiliki Sertifikat Validasi Perluasan — URL atau nama situs web seharusnya muncul dengan warna hijau di bilah URL banyak browser modern, artinya organisasi yang mengoperasikan situs web telah divalidasi.

  • Hindari melakukan transaksi keuangan menggunakan komputer publik: Hindari masuk ke akun yang berisi informasi keuangan sensitif (seperti akun kartu kredit, bank, atau situs web niaga) menggunakan komputer publik atau komputer bersama. Jika Anda mengakses informasi tersebut menggunakan komputer publik atau komputer bersama, jangan lupa untuk sepenuhnya keluar dan menutup jendela browser setelah selesai.

  • Pastikan Anda memperoleh yang sesuai dengan yang dibeli: Setelah menerima barang, lakukan pemeriksaan singkat untuk memastikan semuanya sesuai dengan yang diharapkan. Semakin dini Anda berusaha menyelesaikan kasus penipuan, semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan hasil yang positif.

Di mana Anda bisa mendapat bantuan lebih lanjut?

Ada beberapa organisasi yang dapat membantu pelanggan melaporkan dan menyelesaikan keluhan:

Better Business Bureau dan National Consumers League menyediakan informasinya di sini: http://www.bbb.org/pittsburgh/migration/bbb-news-releases/2012/12/counteract-counterfeiting-and-shoddy-knock-offs-on-the-internet/ dan www.fraud.org

Federal Trade Commission (FTC) menangani keluhan tentang praktik bisnis yang tidak jujur atau menipu. Untuk mengajukan keluhan, buka http://www.ftc.gov/ftc/contact.shtm

Jika keluhan Anda ditujukan untuk perusahaan di luar negeri, Anda dapat melaporkan keluhan di http://www.econsumer.gov/

Di UE, European Consumer Centres' Network membantu pelanggan menemukan solusi dari masalah belanja lintas batas wilayah semacam itu.http://ec.europa.eu/consumers/ecc/index_en.htm

Alat keamanan

Temukan 5 Kiat Top keamanan Google yang didesain untuk menjaga keluarga Anda tetap aman saat online.

Akun Google

Buat Akun Google Anda jadi lebih aman

Anda dapat menambahkan lapisan keamanan tambahan untuk Akun Google Anda dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Jika Anda mengaktifkannya, Google akan mengirimkan kode sandi ke ponsel Anda jika seseorang mencoba masuk ke akun melalui komputer yang tidak dikenal. Artinya, jika seseorang mencuri atau menebak sandi Anda, calon penyerang itu tidak akan bisa masuk ke akun karena mereka tidak memiliki ponsel Anda. Kini Anda dapat melindungi diri dengan sesuatu yang Anda ketahui (sandi) dan sesuatu yang Anda miliki (ponsel).

Pelajari lebih lanjut

Akses setelan Anda dengan mengeklik nama atau foto di pojok kanan lalu mengeklik Akun.

Di bagian atas, klik Keamanan. Dalam kotak Sandi, klik Penyiapan di samping “Verifikasi 2 langkah”.

Lalu, Anda akan melihat panduan langkah demi langkah yang akan membantu Anda melewati proses penyiapan.

Kemudian, Anda akan dibawa kembali ke setelan verifikasi 2 langkah. Tinjau setelan Anda dan tambahkan nomor telepon cadangan.

Selesai! Setelah ini, ketika Anda masuk, Anda akan menerima SMS dengan kode verifikasi.

Chrome

Jelajahi web secara pribadi

Anda dapat menggunakan Mode Penyamaran di browser Chrome pada komputer, tablet, atau ponsel untuk menjelajah web secara pribadi. Dalam Mode Penyamaran, laman yang Anda kunjungi dan file yang Anda unduh tidak tercatat di riwayat unduhan atau penjelajahan Chrome.

Pelajari lebih lanjut

Klik menu Chrome di bilah alat browser → Klik Jendela Penyamaran Baru.

Jendela baru akan terbuka dengan ikon penyamaran di pojok kiri atas. Untuk keluar, cukup tutup jendela.

Akun Google

Atur Akun Google Anda, sesuai selera

Di laman setelan Akun, Anda dapat melihat layanan dan informasi yang dikaitkan dengan Akun Google serta mengubah setelan privasi dan keamanan.

Pelajari lebih lanjut

Akses setelan dengan mengeklik nama atau foto di pojok kanan, lalu klik Akun.

Akun Google

Dapatkan peringatan jika nama Anda muncul di web

Saya di Web dapat membantu Anda memahami dan mengelola apa yang dilihat orang lain saat mereka menulusuri Anda di Google. Hal ini membantu Anda menyiapkan Google Alerts sehingga Anda dapat memantau jika informasi tentang diri Anda muncul secara online, dan Google Alerts akan secara otomatis menyarankan beberapa istilah penelusuran yang mungkin ingin Anda ikuti.

Pelajari lebih lanjut

Masuk ke Akun Google dan bernavigasilah ke bagian “Saya di Web”.

Klik Kelola Lansiran Web saya, lalu klik tombol merah untuk membuat lansiran.

Nama Anda akan muncul dalam bidang teks. Klik bidang teks untuk menampilkan lansiran lain yang disarankan.

Klik Tambahkan untuk menambahkan lansiran. Klik ikon pensil untuk mengedit dan ikon sampah untuk menghapusnya.

Pilih frekuensi lansiran di tarik-turun “Seberapa sering”.

Akun Google

Kelola data yang tersimpan di Akun Google Anda

Dasbor Google menunjukkan apa yang tersimpan di Akun Google Anda dan memberikan ikhtisar beberapa aktivitas baru akun. Dari satu lokasi pusat, dengan mudah Anda dapat melihat data dan aktivitas, serta mengakses setelan untuk layanan seperti Blogger, Kalender, Dokumen, Google+, dan banyak lainnya.

Pelajari lebih lanjut

Kunjungi Dasbor untuk melihat ringkasan data yang terkait dengan Akun Google Anda dan mengelola setelan pribadi.

Dari sini, lihat dan kelola data yang tersimpan di Akun Google Anda.

Lihat alat keamanan lainnya