Cara kami membantu melindungi Anda dari scam dan penipuan pribadi

Seperti di dunia offline, ada banyak penipu dan oknum yang suka mengelabui di internet. Google melakukan sejumlah langkah untuk membantu mencegah Anda terjerat penipuan.

Melarang iklan (dan pengiklan) yang buruk

Kami memiliki kebijakan yang sangat jelas tentang siapa yang dapat menampilkan iklan melalui alat Google. Kami merancang kebijakan iklan dengan memerhatikan keamanan dan kepercayaan pengguna. Misalnya, kami tidak mengizinkan iklan untuk unduhan berbahaya, barang palsu, atau iklan dengan sistem penagihan yang tidak jelas. Dan jika kami menemukan scam iklan, kami bukan hanya melarang iklan tersebut tetapi juga melarang si pengiklan agar jangan pernah bekerja sama lagi dengan Google.

Memperjelas hal-hal yang diminta

Satu cara yang dilakukan penjahat online untuk memperoleh uang adalah dengan menggunakan komputer atau ponsel seseorang, untuk melakukan sesuatu yang menghabiskan uang orang itu dan memberikan uang tersebut kepada si penjahat. Sebagai contoh, salah satu caranya adalah dengan menciptakan aplikasi yang dapat membuat ponsel seseorang mengirim SMS atau memanggil saluran obrolan telepon berbayar, yang kemudian menagih uang orang itu, dan selanjutnya dikumpulkan oleh penipu.

Pada ponsel yang didukung oleh Android, Anda dapat melihat apa yang hendak dilakukan oleh aplikasi kepada ponsel dengan melihat deskripsi di Google Play yang menyatakan "izin". Lihat informasi ini sebelum mengunduh aplikasi untuk membantu memutuskan apakah Anda ingin mengunduhnya atau tidak. Contoh, saat hendak mengunduh aplikasi nada dering baru, Anda ternyata melihat bahwa aplikasi tersebut dapat melakukan panggilan telepon atas nama Anda. Jika hal itu terasa mencurigakan, Anda dapat memutuskan untuk tidak memasang aplikasi itu.

Untuk perangkat Android terbaru lainnya, kami akan memberi tahu Anda jika aplikasi mencoba mengirim SMS ke nomor telepon yang mungkin membebankan biaya tambahan kepada Anda. Lalu, Anda dapat memilih apakah mengizinkan aplikasi untuk mengirim pesan atau mencekalnya.