Cara kami membantu Anda menjaga komputer dan perangkat agar tetap bersih

Beberapa penjahat mungkin mengincar informasi Anda, seperti detail rekening bank, kotak masuk email, atau sandi online, dan penjahat yang lain mungkin mencoba untuk mengambil alih kendali perangkat – komputer, tablet, atau ponsel Anda.

Lalu penjahat dapat menggunakan perangkat Anda untuk menemukan perangkat lain yang dapat mereka kendalikan. Mereka sering menggunakan banyak komputer untuk membuat situs web menjadi offline atau membobol sistem keamanan situs tersebut.

Salah satu cara yang sering digunakan oleh penjahat untuk mengambil alih komputer Anda adalah dengan membuat Anda memasang perangkat lunak berbahaya, atau perangkat lunak perusak. Anda dapat membantu melindungi komputer dari perangkat lunak perusak, namun Google juga bekerja keras untuk melindungi Anda, dengan ratusan ahli keamanan yang bekerja sepanjang waktu untuk membantu memastikan data dan perangkat Anda tetap aman.

Membantu Anda menghindari perangkat lunak perusak

Layaknya Google menelusuri web untuk menemukan situs dengan jawaban terbaik dari pertanyaan Anda, kami juga mencari situs yang tampaknya berbahaya bagi pengguna atau berisi perangkat lunak perusak di dalamnya. Setiap hari kami mengidentifikasi dan menandai lebih dari 10.000 situs yang tidak aman, dan kami menampilkan peringatan pada sekitar 14 juta hasil Google Penelusuran dan 300.000 unduhan, yang memberi tahu pengguna kami bahwa mungkin ada hal mencurigakan yang sedang terjadi di balik situs web atau tautan tertentu.

Kami juga menggunakan teknologi yang sama untuk membantu mengidentifikasi jika seseorang mengirimkan pesan, yang mungkin berbahaya atau berisi perangkat lunak perusak, kepada Anda di Gmail. Kami juga akan mengingatkan jika Anda mencoba mengunduh sesuatu dari situs web, yang mungkin tampak seperti nada dering atau PDF biasa, tapi sebenarnya berisi kode rahasia yang dapat membahayakan komputer Anda.

Meskipun Anda tidak membuka laman yang berisi perangkat lunak perusak, teknisi Google telah membuat pertahanan tambahan dalam browser Chrome yang membantu mencegah perangkat lunak perusak terpasang dengan sendirinya di komputer, dan meminimalkan pengaruh perangkat lunak perusak di komputer Anda.

Membantu Anda agar tetap terbarui

Suatu cara yang terkadang dilakukan oleh penjahat untuk mendapatkan akses ke komputer Anda adalah dengan mencari tahu masalah keamanan dalam perangkat lunak versi lama yang masih berjalan di perangkat Anda. Mereka tahu bahwa ada banyak orang yang tidak selalu memperbarui program dan perangkat lunak di komputernya ke versi terbaru, yang memiliki perlindungan keamanan terbaik. Google juga mengetahui hal ini, oleh karena itu kami membuat browser Chrome untuk melakukan pembaruan otomatis ke versi terbaru setiap Anda memulai browser ini, sehingga Anda dapat memperoleh perlindungan keamanan tanpa bersusah payah.

Terkadang Chrome harus bekerja dengan perangkat lunak lain, yang disebut plugin, untuk melakukan hal seperti menampilkan gambar atau video dengan semestinya. Plugin ini juga dapat menjadi cara bagi penjahat untuk mendapatkan kendali atas komputer Anda. Jika Chrome mendeteksi plugin yang sudah kedaluwarsa dan memiliki masalah keamanan, Chrome akan mencekal plugin tersebut hingga Anda memiliki versi terbaru dan teraman serta menampilkan pesan yang memberitahukan bahwa plugin tersebut perlu diperbarui.

Membantu Anda menjaga perangkat seluler agar tetap aman

Ponsel cerdas yang menjalankan perangkat lunak Android milik Google memiliki perlindungan yang serupa untuk mengurangi risiko kerusakan.

Android juga mewajibkan agar setiap aplikasi di Google Play Store mencantumkan jenis informasi yang ingin dikumpulkan atau diakses oleh aplikasi dari perangkat, sehingga Anda dapat menentukan untuk mempercayai aplikasi tersebut atau tidak. Kami juga memindai Google Play secara otomatis untuk mencekal dan menghapus aplikasi yang berbahaya, dan untuk beberapa ponsel Android, Layanan Verifikasi Aplikasi Google kami akan memeriksa aplikasi yang berpotensi bahaya dari mana pun Anda memasangnya. Jadi, jika Anda memasang aplikasi dari sumber yang tidak diketahui seperti web atau toko aplikasi pihak ketiga, layanan gratis ini akan memberikan lapisan keamanan ekstra untuk Anda.