Misi Google adalah mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat secara universal.

Perusahaan kami telah melakukan banyak hal dalam waktu yang relatif singkat. Sejak Google adalah didirikan tahun 1998, kami tumbuh untuk melayani jutaan orang di seluruh dunia.

Ketika Larry bertemu Sergey

Pendiri kami, Larry Page dan Sergey Brin, bertemu di Stanford University pada tahun 1995. Pada tahun 1996, mereka membangun mesin telusur (sebelumnya disebut BackRub) yang menggunakan tautan untuk menentukan tingkat kepentingan masing-masing laman web.

Google Inc.

Larry dan Sergey menamai mesin telusur yang mereka buat sebagai “Google”, plesetan dari kata “googol”, istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti dengan 100 nol. Google Inc. lahir pada tahun 1998, ketika pendiri bersama Sun, Andy Bechtolsheim, memberikan cek sebesar $100.000 kepada entitas tersebut—yang sebelumnya belum ada.

Di luar kantor

"Google doodle” pertama pada tahun 1998 dimaksudkan agar para pengunjung beranda tersebut tahu bahwa para pemikir Google sedang offline di Festival Burning Man di Nevada. Sekarang ada tim “pembuat orat-oret” dan kami telah mengeposkan lebih dari 2.000 orat-oret yang berbeda ke beranda Google di seluruh dunia.

Iklan Lakukan-Sendiri

Pada tahun 2000, kami memperkenalkan AdWords, sebuah program swalayan untuk membuat kampanye iklan online. Saat ini solusi periklanan kami, yang mencakup iklan gambar, seluler, dan video, serta teks sederhana yang telah kami perkenalkan lebih dari satu dekade yang lalu, membantu ribuan bisnis untuk tumbuh dan berhasil.

Gmail: bukan lelucon

Pada April Mop tahun 2004, kami meluncurkan Gmail. Pendekatan kami terhadap email mencakup fitur seperti penelusuran cepat, penyimpanan yang sangat besar, serta pesan berutas.

Menjadi perusahaan publik

Kami melakukan Penawaran Umum Perdana atas 19.605.052 saham biasa Kelas A di Wall Street pada 19 Agustus 2004.

Lokasi, lokasi, lokasi

Kami mengakuisisi perusahaan pemetaan digital Keyhole pada tahun 2004, serta meluncurkan Google Maps dan Google Earth pada tahun 2005. Saat ini Maps juga menyuguhkan lalu lintas langsung, petunjuk arah transit, serta citra pada tingkat jalan, dan Earth memungkinkan Anda menjelajahi samudra dan bulan.

Siarkan diri Anda

Pada tahun 2006, kami mengakuisisi situs berbagi video online YouTube. Kini, 500 jam video diupload ke situs tersebut setiap menitnya. Video kucing, jurnalisme warga, pencalonan politik, dan pelangi ganda kini sudah tak sama lagi.

Munculnya robot hijau mungil

Di tengah rumor “Gphone”, kami mengumumkan Android—sebuah platform terbuka untuk perangkat seluler—serta Open Handset Alliance, pada tahun 2007.

Komiknya terdengar di seluruh dunia

Rahasia tentang Google Chrome tersingkap sehari sebelum jadwal saat buku komik yang memperkenalkan peramban sumber terbuka baru kami dikirimkan lebih awal dari yang direncanakan. Kami resmi meluncurkannya tanggal 2 September 2008.

CEO dan pimpinan

Larry Page, CEO awal Google hingga tahun 2001, menduduki jabatan itu lagi pada bulan April 2011. Eric Schmidt, sekarang menjadi pemimpin eksekutif, menduduki perannya selama 10 tahun.

Google+

Pada bulan Juni 2011, kami memperkenalkan proyek Google+, yang bertujuan menghadirkan nuansa dan keragaman berbagi kehidupan nyata ke web, dan menjadikan semua Google lebih baik dengan menyertakan orang, hubungan, serta minat mereka.

Sejarah Google lebih dalam

Fakta Google

  • Didirikan
    1998
  • Pendiri
    Larry Page dan Sergey Brin
  • Pembuatan Badan Hukum
    4 September 1998
  • Penawaran publik perdana (NASDAQ)
    19 Agustus 2004
  • Kantor Pusat
    1600 Amphitheatre Parkway
    Mountain View
    CA 94043